Skip to main content
wawan hermawan
Indonesia Success Story

Kalibrr's Recruiter of the Month: Wawan Hermawan

By Tanisha Harahap on June 26, 2019

 

Melakukan pembayaran cicilan secara online tanpa menggunakan kartu kredit dapat dibilang menjadi salah satu tren bagi generasi muda saat ini. Mereka yang memiliki daya beli yang kian meningkat tentunya sangat terbantu dengan fitur-fitur inovatif yang ditawarkan perusahaan financial technology (fintech) seperti Home Credit Indonesia (HCI). Sekarang, semua jenis pembayaran dapat dilakukan dalam beberapa klik saja.  Gampang, ya!

Metode pembayaran online biasanya diminati oleh banyak generasi anak muda. Oleh karena itu, perusahaan seperti HCI juga banyak merekrut anak muda agar dapat menyatukan “wants and needs” pelanggan muda agar perusahaan dapat menyesuaikan  produk yang semakin user-friendly dan menjawab kebutuhan mereka. Tentunya, hal ini dapat membantu mengembangkan HCI untuk menjadi perusahaan pilihan bagi kalangan muda. 

Melihat kebutuhan talenta muda berbakat, Wawan Hermawan, anggota tim HR dari HCI giat menggunakan Kalibrr untuk menemukan kandidat yang cocok untuk HCI. Di bulan April lalu, beliau berhasil meng-shortlist lebih dari 1,402 kandidat sendirian, lho! Atas kerja kerasnya, Kalibrr menganugerahkan gelar “The Most Active Recruiter” dalam Recruiter of the Month bulan ini. Selamat kepada Wawan!

 

wawan hermawan
Wawan Hermawan menerima penghargaan Kalibrr's Recruiter of the Month
​​​​

Mengenal Proses Rekrutmen di Home Credit Indonesia

Di HCI, Wawan bertanggung jawab dalam merekrut kandidat untuk posisi  front-liner di HCI. Menurunya, proses rekrutmen untuk posisi tersebut biasa disebut “mass recruitment” karena jumlah kandidat yang melamar untuk posisi tersebut setiap kali pekerjaan baru dibuka menunjukkan volume yang tinggi. Ketertarikannya di bidang marketing dan HR membuatnya sangat antusias mencari kandidat di posisi ini. “Awalnya saya tertarik menjadi rekruter di bagian front-liner karena prosesnya lebih seperti marketing. Sebagai rekruter, saya harus bisa “menjual” pekerjaannya agar terlihat menarik untuk para kandidat. Job vacancy yang banyak dan job requirements yang tidak memerlukan skill-set yang spesifik membuat lowongan pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan yang high demand. Karena banyaknya kandidat yang ingin melamar ke posisi ini, sudah tugas saya untuk merepresentasikan job descriptions semenarik dan sejelas mungkin.” 

Lamaran kandidat yang tergolong sangat banyak inilah yang mendorong minat Wawan untuk menggunakan Kalibrr. Untuk setiap vacancy, terdapat 150-400 CV yang masuk. Dengan Kalibrr, Wawan dapat menyortir kandidat lebih mudah dan cepat, dan biasanya 10% dari lamaran yang masuk diberikan tawaran pekerjaan, lho! Kalibrr senang sekali dapat membantu Wawan untuk mempercepat dan mempermudah proses rekrutmen di HCI.

Mengoptimalkan hiring process dengan teamwork

“Teamwork” adalah kunci kesuksesan proses rekrutmen di HCI. Ada lebih dari 5 tahap yang harus dilalui setiap kandidat dan setiap tahap memiliki person-in-charge (PIC) masing-masing untuk mengefisienkan waktu karena tingginya jumlah kandidat yang masuk. HCI memiliki komitmen “same day process” - tim rekrutmen memastikan bahwa proses rekrutmen diselesaikan di hari yang sama. Artinya, para kandidat akan mengetahui jawaban mengenai aplikasi mereka di hari itu juga dan nggak bakal digantungin! Lebihnya lagi, bagi mereka yang tidak lolos tahap interview, mereka juga tidak akan pulang dengan tangan kosong! Untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dan kandidat, para interviewer tidak enggan memberikan masukan mengenai hal yang dapat kandidat kembangkan agar dapat sukses di kedepannya. Intinya, HCI akan selalu meyakinkan bahwa semua kandidat diperlakukan dengan adil. 

Target HCI untuk ke Depannya

HCI juga memiliki strategi untuk memikat mahasiswa lulusan baru yang memiliki pemikiran dan pandangan yang modern untuk dapat membantu mengembangkan HCI dengan ide-ide yang lebih fresh. Salah satunya, HCI akan mengadakan beberapa job fair sebagai offline marketing dan strategi branding di beberapa kampus pilihan.

Selain itu, Wawan dan timnya juga memiliki online marketing and branding strategy untuk lebih memperkuat employer branding, sehingga dapat menarik minat lebih banyak kandidat yang berpotensi. Kalibrr merupakan salah satu platform yang mereka andalkan untuk meng-sourcing kandidat terpercaya yang sesuai dengan kebutuhan rekrutmen mereka. 

Senang sekali Kalibrr dapat menjadi salah satu bagian dari pencapaian HCI kali ini. Kami berharap Kalibrr dapat terus membantu HCI mendapatkan kandidat-kandidat dengan kriteria yang sesuai dan membantu perkembangan HCI kedepannya. 

Kami memegang komitmen yang tinggi untuk terus membantu perusahaan Anda berkembang dengan sumber daya manusia yang tepat. Hubungi Kalibrr sekarang untuk memulainya!