Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Berinvestasi Dalam Pengalaman Kandidat Yang Efisien Dan Menyenangkan
For Jobseeker

Berinvestasi Dalam Pengalaman Kandidat Yang Efisien Dan Menyenangkan

Karina

September 19 • 5 min read

Selain kehilangan kandidat yang hebat, apalagi yang dapat terjadi jika pengalaman kandidat tidak dipikirkan perusahaan dalam proses rekrutmen mereka?

Sepertinya akan lebih banyak hal negatif yang didapatkan jika melamar ke perusahaan Anda saat pengalaman kandidat yang yang perusahaan Anda berikan buruk.

Bahkan jika seorang kandidat tidak cocok untuk suatu posisi, mereka harus tetap keluar dari proses wawancara dengan pandangan positif tentang perusahaan dan merasa waktu, energi, dan usaha mereka dihargai. Penting juga untuk memikirkan implikasi jangka panjang dari pengalaman buruk, karena penelitian menunjukkan bahwa perusahaan kehilangan sebagian besar pelanggan dan pendapatan karena pengalaman kandidat yang negatif.

Berdasarkan pentingnya aspek pengalaman kandidat tersebut, Anda tentu harus menyiapkan waktu dan tenaga yang lebih untuk memastikan pengalaman kandidat Anda positif. Untuk belajar membangun pengalaman tersebut, Anda dapat melihat bagaimana perusahaan lain dengan upaya serupa dan dianggap berhasil membangun pengalaman kandidat yang positif bahkan menjadi efisien, menyenangkan, dan efektif, salah satunya yakni perusahaan Kimberly Clark.

Kimberly-Clark

Kimberly Clark membuat kandidat mereka merasa istimewa dengan memberikan berbagai layanan yang berfokus pada peningkatan pengalaman kandidat. .

Raksasa barang-barang konsumen di balik merek seperti Kleenex dan Huggies ini, percaya bahwa kandidat mereka juga merupakan pelanggan No. 1 mereka. Menurut Laporan Penelitian Tolok Ukur Pengalaman Kandidat Amerika Utara 2018 dari Talent Board, Kimberly-Clark memberikan orang – orang (kandidat) yang diwawancarai opsi pemesanan VIP American Express untuk perjalanan mereka. Daripada menyewa mobil, kandidat dapat memanfaatkan layanan mobil perusahaan.

Perusahaan juga menyediakan tas selamat datang kepada para kandidat ketika mereka tiba di hotel mereka. Setiap tas berisi peta, rekomendasi restoran, dan informasi tentang atraksi terdekat, serta beberapa produk perusahaan. Perusahaan juga menciptakan pengalaman kandidat yang lebih menarik dengan menambahkan kuis kepribadian di situs kerja mereka. Untuk menarik kandidat yang lebih muda, mereka membuat kuis dalam gaya Buzzfeed dengan gambar di setiap pertanyaan. Mereka menggunakan kuis kepribadian karir ini untuk menyoroti berbagai jenis kepribadian yang membentuk tim mereka, dan proyek apa yang mereka kerjakan.

Tidak sampai di situ saja, perlakuan VIP juga diberikan saat proses berakhir. Dengan tujuan memberdayakan manajer perekrutannya untuk memberikan pengalaman kandidat yang lebih baik, Kimberly-Clark juga menempatkan pengingat di kalender mereka untuk mengirim email terima kasih kepada kandidat. Pengingat ini mencakup template email yang dapat dengan cepat disalin, ditempel, dan dipersonalisasi oleh manajer perekrutan.

Bahkan jika Anda tidak dapat menerima kandidat untuk wawancara, Anda selalu dapat membuat mereka merasa dihargai. Sesuatu yang sederhana seperti email terima kasih dapat secara drastis meningkatkan pengalaman kandidat, terutama jika Anda meluangkan waktu untuk memasukkan sentuhan pribadi.

Kimberly Clark merupakan salah satu perusahaan dari banyak perusahaan di industri lainnya yang berusaha ekstra untuk menciptakan pengalaman hebat bagi setiap kandidat yang menjalani proses wawancara mereka. Sebagai imbalannya, mereka mendapatkan karyawan baru yang bersemangat, menarik kumpulan pelamar yang lebih baik, dan bahkan meninggalkan kandidat yang ditolak dengan pandangan positif tentang perusahaan.

Tertarik untuk meningkatkan pengalaman kandidat di perusahaan Anda?

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!