Skip to main content
story telling eb
Management

Story telling - Apakah Benar Storytelling Merupakan Senjata Terampuh dalam Employer Branding?

By Tanisha Harahap on September 12, 2019

Sebagian besar job seekers sering mencari informasi lebih lanjut terkait - gaji, work benefits ataupun retention rates sebelum mereka memilih untuk bekerja di suatu perusahaan. Akan tetapi, beberapa hal yang menjadi pertimbangan mereka saat memilih pekerjaan tidak hanya melihat dari aspek kuantitatif saja, tetapi juga aspek kualitatif yang menyangkut employer brand perusahaan tersebut. Aspek kualitatif tersebut dapat diungkapkan melalui strategi story telling untuk menjelaskan employer brand secara lebih efektif dan menciptakan ketertarikan job seeker terhadap perusahaan Anda. Strategi ini dapat menjawab pertanyaan yang sering menjadi dilema para job seekers, yaitu “Hal apa yang dapat membuat saya merasa cocok dan nyaman jika bekerja di perusahaan Anda?”. Singkatnya, sebuah storytelling merupakan “cerita mengenai employer brand perusahaan Anda.” Tunjukkanlah sebuah kisah yang memberikan para job seekers wawasan eksternal mengenai lingkungan kerja di perusahaan Anda. 

Mengapa story telling itu penting?

Story telling  adalah cara komunikasi yang paling efektif. Melalui story telling, Anda dapat menunjukkan keuntungan menjadi bagian dari perusahaan Anda melalui kisah-kisah yang menginspirasi sebagai bagian dari employer branding Anda. Dengan kisah yang menarik, Anda dapat memikat talenta terbaik untuk bekerja dengan Anda!

Keuntungan-keuntungan yang didapat dalam menerapkan strategi story telling dalam employer branding diantaranya:

  1. Meningkatkan kontribusi audiens

Aspek yang menentukan keinginan kandidat untuk bekerja di perusahaan Anda tidak hanya diukur melalui potensi karir saja, tetapi juga seberapa cocokkah mereka dengan kultur perusahaan Anda. Melalui story telling Anda dapat menunjukkan budaya perusahaan Anda dengan cara yang otentik. Pastikan Anda menerapkan pendekatan two-way communication, dimana Anda dapat menjangkau calon talenta melalui akun media sosial atau mengadakan sesi obrolan langsung yang memberikan mereka akses untuk dapat mengenal dan mempelajari perusahaan Anda lebih lanjut secara langsung. Semakin banyak orang yang mengenal organisasi Anda, maka semakin besar kemungkinan mereka ingin bekerja untuk Anda.

  1. Sebuah kesempatan untuk dapat menjadi perusahaan yang lebih menonjol

Hal terpenting untuk menjadi perusahaan pilihan yaitu, kemampuan Anda untuk menjadi perusahaan yang berbeda dan menonjol di antara para kompetitor. Tunjukkanlah aspek apa yang membuat perusahaan Anda spesial melalui strategi story telling. Pastikan kisah-kisah yang Anda tunjukkan bersifat real, genuine dan authentic. Story telling adalah cara yang sangat efektif untuk menunjukkan aspek kemanusiaan dari organisasi Anda - yang menyangkut aspek empati, relatability, dan nilai-nilai kemanusiaan.

  1. Dapat meningkatkan jumlah aplikasi kandidat

Dengan mengimplementasikan strategi story telling dalam employer branding perusahaan Anda dengan baik dan benar, maka Anda juga memiliki kesempatan lebih besar untuk meningkatkan jumlah lamaran kandidat dan memikat calon talenta yang berkualitas. Ambil Google seperti contoh, dikarenakan volume aplikasi yang sangat tinggi, perusahaan tersebut hanya merekrut 0.2% dari kandidat yang melamar - Anda bahkan memiliki kesempatan lebih tinggi untuk diterima oleh Harvard! Kesuksesan yang diraih oleh Google tersebut disebabkan oleh story telling employer branding mereka yang sangat menonjol. Melalui kisah-kisah mereka, Google memberikan wawasan eksternal mengenai identitas perusahaan mereka secara otentik, serta memperlihatkan seperti apakah kinerja para “Googlers”. Aspek inilah yang biasanya menjadi pertimbangan para job seekers sebelum menentukan pilihan mereka. Maka itulah, penting sekali bagi Anda untuk membuat kisah yang bersifat real, genuine dan authentic.

Lalu, apakah jawaban dari pertanyaan diatas? Ya, tentunya story telling merupakan senjata terampuh dalam employer branding. Hal ini sebenarnya bukanlah hal yang baru, tetapi sebagian besar perusahaan jarang mengimplementasikan aspek ini dalam strategi-strateginya. Masih ada waktu untuk mengubah strategi employer branding Anda, gunakanlah strategi story telling untuk membuat sebuah employer branding yang memukau. Mulailah dengan bercerita.