Skip to main content
PT ACE
Indonesia Success Story

Menjembatani Kesuksesan Karir Talenta Indonesia Bersama Kalibrr

By Tanisha Harahap on September 2, 2019

Merupakan bagian dari Adicipta Inovasi Teknologi, PT ACE (Adicipta Carsani Ekakarya)  di bentuk di tahun 2006 sebagai salah satu divisi dari Adicipta inovasi technology dan di ubah menjadi perusahaan yang berdiri sendiri pada tahun 2013. PT ACE merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi yang menyediakan jasa dalam bidang rekrutmen dan IT. Dengan perkembangan di era digital, tentunya dibutuhkan juga sumber daya manusia yang handal di bidang IT untuk mengimbangi perubahan tersebut. Pak Djimmy, sebagai Director PT ACE, merasa bahwa mereka perlu melakukan pembaharuan dalam proses rekrutmen. Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa PT ACE memilih Kalibrr untuk mencari kandidat yang tepat untuk perusahaannya. Database Kalibrr yang diramaikan oleh kandidat-kandidat andalan dengan skillset di bidang IT yang berkualitas merebut memantapkan minat anggota tim HR PT ACE untuk mencari kandidatnya dengan Kalibrr. Kepercayaan akan kualitas kandidat Kalibrr ini membuat mereka menjadi salah satu pemenang Kalibrr’s Recruiter of the Month di bulan Juli sebagai “The Most Engaging Recruiter” karena telah berhasil mengundang 524 kandidat. Selamat kepada anggota tim rekrutmen PT ACE!

PT ACE
Pemenang Kalibrr's Recruiter of the Month dari Recruiting Team PT ACE

Platform Kalibrr Membantu Mengefektifkan Proses Rekrutmen

Dari segi komunikasi, Pak Eric sebagai Team Lead, mengaku sangat terbantu oleh Kalibrr. Fitur messaging di Kalibrr memudahkan tim rekruter untuk mengontak dan menjadwalkan interview dengan para kandidat. Platform Kalibrr juga dianggap seperti “mediator” yang menyambungkan kandidat dengan rekruter, sehingga bukan hanya proses rekrutmen saja yang terbantu, tetapi juga membantu dari segi “branding”. Melalui Kalibrr, PT ACE dapat mempromosikan lowongan pekerjaan yang tersedia. 

Mas Fauzi, sebagai salah satu tim rekrutmen ACE juga mengungkapkan bahwa pencarian kandidat juga menjadi terbantu dengan adanya fitur resume search yang tersedia di platform. Dengan memasukan kata kunci yang sesuai, mereka dapat dengan mudah menemukan kandidat yang dicari. Sebelum mengontak kandidat lebih lanjut, Tim rekruter ACE juga dapat memantau status kandidat dan melihat apakah mereka sedang aktif atau pasif mencari pekerjaan. Selain resume search, Mas Fauzi juga mengaku terbantu dengan adanya rekomendasi kandidat yang ada di Leads. Menurutnya dan tim rekruter ACE, fitur resume search dan leads dapat mempercepat dan mengoptimalkan proses sourcing perusahaan.

Bertempur Melawan Talent Wars dengan Employer Branding

Salah satu tantangan PT ACE adalah untuk dapat menemukan kandidat yang handal di bidang IT dan bersaing dengan perusahaan startup lainnya. PT ACE memiliki misi untuk menyediakan sumber daya manusia yang memiliki keahlian teknikal untuk para kliennya. Walaupun banyak jumlah kandidat yang melamar, namun kebanyakan kandidat yang datang untuk diwawancara masih belum memiliki skills yang sesuai. Tim rekruter ACE membutuhkan suatu strategi untuk dapat menarik talenta yang tepat untuk mendaftar.

Cara jitu mereka untuk melawan tantangan tersebut adalah dengan menggunakan strategi employer branding. Strategi mereka menyasar pada 2 demografi: experienced hires dan fresh grad. Untuk para kandidat fresh grad yang masih bingung dengan pekerjaan seperti apa yang akan mereka tekuni, mereka akan diberi kesempatan untuk dilatih melalui program bootcamp. Setelah selesai mengikuti program tersebut, mereka akan ditawarkan untuk bekerja dengan salah satu klien PT ACE. 

Di lain sisi, menurut PT ACE, para kandidat yang telah memiliki banyak pengalaman biasanya menginginkan untuk bekerja di perusahaan-perusahaan bergengsi. Tim rekruter mengkomunikasikan melalui strategi Employer Branding bahwa hal itu dapat didapatkan dengan bekerja di PT ACE. Kandidat yang diterima untuk bekerja di PT ACE dapat semakin  meningkatkan mutu dan kualitas mereka sebagai seorang profesional yang dapat menjadi batu loncatan untuk naik ke jenjang berikutnya di perusahaan-perusahaan besar. PT ACE juga dapat merekomendasikan kandidat yang telah mengikuti program tersebut ke klien-klien besar mereka, agar para kandidat yang diterima dapat mengembangkan karir mereka masing-masing. Tentunya program yang sangat bermakna bagi para jobseekers yang ingin mengembangkan karirnya ya!

Sekali lagi, Kalibrr ingin mengucapkan selamat kepada tim rekruter ACE karena telah memenangkan Kalibrr’s Recruiter of the Month! Semoga mencapai kesuksesan yang lebih tinggi lagi di masa depan!