Skip to main content
Kalibrr x UNPAD
Universities

Career Talk : Sebuah Pembekalan Menuju Era Bonus Demografi Indonesia.

By Diah Wahyu Asih on September 24, 2019

Kalibrr x UNPAD
UNPAD sukses bekerjasama dengan Kalibrr Indonesia mengadakan seminar Career Talk

Pada tanggal 17 September 2019, Kalibrr Indonesia bekerja sama dengan HIMA MGT (Manajemen) Universitas Padjajaran berhasil mengadakan acara seminar yang digelar di Ruang 3.8 Gedung Epsilon, FEB Universitas Padjajaran Jatinangor. Seminar ini bertajuk “Career Talk ; The Impact of Demographic Bonus Era in the Selection Process of Recruitment”. Tema tersebut diusung sebagai upaya untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin ketat, terutama di era bonus demografi mendatang.

Acara ini juga merupakan kerjasama antara Kalibrr Youth Ambassador Bandung Batch 1 dan HIMA MGT. Kalibrr Youth Ambassador sendiri merupakan program magang untuk 24 mahasiswa dari seluruh Indonesia selama 3 bulan. Tugas para ambassador  diantaranya adalah untuk memberikan dampak bagi sesama mahasiswa di kota mereka masing-masing untuk dapat mempersiapkan diri menghadapi kehidupan kerja di masa depan. 

Berdasarkan data proyeksi penduduk Indonesia yang dimuat oleh BPS dan BAPENAS, pada rentang waktu 2020 sampai dengan 2030, penduduk Indonesia yang termasuk dalam usia produktif (15-64 tahun) akan mencapai 70%. Keadaan inilah yang dimaksud dengan era bonus demografi. Tingginya jumlah penduduk yang berusia produktif ini tentu saja akan memberikan dampak terhadap persaingan dunia kerja. Jika tidak mempersiapkan diri dengan baik dan mengasah berbagai kemampuan sedini mungkin, para calon pekerja ini berpotensi untuk menjadi pengangguran karena kalah bersaing. Oleh karena itu, Kalibrr Indonesia hadir untuk memberi pembekalan kepada para mahasiswa sebagai generasi penerus untuk menghadapi era tersebut. 

 

Pemberian plakat
Pemberian kenangan-kenangan berupa plakat dari Kalibrr kepada ketua HIMA MGT Universitas Padjajaran

 

Seminar ini dihadiri oleh lebih dari seratus mahasiswa yang datang dari berbagai program studi di Universitas Padjajaran. Fikriana Kusuma, yang merupakan Client Success Consultant di Kalibrr Indonesia, hadir langsung untuk memberi pemaparan materi. Gambaran mengenai proses rekrutmen, pengaruh era bonus demografi terhadap proses rekrutmen, dan kiat-kiat untuk mempersiapkan diri menghadapi proses rekrutmen di masa mendatang dikupas habis dalam seminar ini.

 

Antusias peserta menyimak topik pembahasan pada Career Talk
Antusias peserta menyimak topik pembahasan pada Career Talk

 

Peserta tampak antusias menyimak materi yang dipaparkan dan aktif bertanya pada saat sesi tanya-jawab. Seminar ini juga dikemas secara santai dan menyenangkan. Adanya ice breaking yang dipandu oleh Sonya Azzarra sebagai Brand Activation Kalibrr Indonesia juga cukup mencairkan suasana. Dengan digelarnya seminar ini, diharapkan Kalibrr Indonesia sebagai salah satu platform rekrutmen digital dapat menjadi lebih dekat lagi dengan generasi emas Indonesia dan dapat selalu mendukung masyarakat Indonesia menuju karir impiannya masing-masing.

 

Penulis: Kintan Anindita Putri

Editor: Sonya Azzara 

Diposting oleh Arvin M. Aji