Skip to main content
kandidat rockstar
Management

Ingin Cepat Mendapat Kandidat Rockstar? Ikuti Strategi Rekrutmen Unik Ini!

By Tanisha Harahap on August 8, 2019

Sebagai perusahaan teknologi di dunia rekrutmen, Kalibrr percaya bahwa memiliki keseimbangan yang tepat antara human touch dan pemanfaatan inovasi teknologi adalah hal penting untuk menciptakan pengalaman rekrutmen yang mengesankan dan menarik. Teknologi membantu perusahaan untuk mengumumkan lowongan pekerjaan dalam hitungan detik secara online, namun disisi lain, persaingan untuk kandidat-kandidat terbaik menjadi sengit. Sulit untuk meyakinkan orang yang tepat untuk bergabung dengan perusahaan Anda. 

Kalibrr hadir untuk menyukseskan tujuan rekrutmen Anda dengan menciptakan inovasi rekrutmen kreatif yang dapat membedakan employer brand Anda dan menarik minat para talenta yang Anda inginkan untuk bergabung. Menyatukan teknologi dengan acara rekrutmen adalah cara yang ampuh untuk menunjukkan mengapa kandidat harus memilih perusahaan Anda. Akan tetapi, berpartisipasi di job fair saja tidak dapat membantu Anda untuk menemukan rockstar candidates.

Bagi Anda yang ingin menemukan kandidat dengan keahlian tertentu dalam jumlah banyak dengan cepat, kenali solusi Kalibrr yang satu ini: menyelenggarakan acara berbasis kompetisi seperti perlombaan hackathon

Merekrut Kandidat Melalui Perlombaan 

Mengapa event berbasis kompetisi adalah acara yang efektif untuk menarik minat banyak kandidat Indonesia? Menurut penelitian internal Kalibrr terhadap 200 responden, 38% dari responden tersebut memilih untuk mengikuti perlombaan seperti hackathon karena partisipasi mereka dapat menjadi kesempatan untuk berkarir ataupun magang di perusahaan tersebut. Menurut mereka, mengikuti perlombaan tersebut memiliki banyak faktor penting lainnya, seperti networking dan mengasah kemampuan mereka dari sisi technical skills maupun soft skills.

Dengan demikian, acara seperti ini memberikan keuntungan kepada kedua perusahaan, dan juga peserta-pesertanya. Ini dapat menjadi sebuah kesempatan bagi perusahaan untuk menemukan dan merekrut kandidat yang memenuhi kriteria Anda dan memiliki kualitas yang tentunya tidak diragukan lagi. Di sisi lain, para peserta juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk menonjolkan kemampuan mereka dan memperluas jaringan profesional dengan peserta dan pemimpin perusahaan Anda. 

Dengan demikian, rekrutmen yang dilakukan melalui perlombaan dapat menjadi salah satu strategi yang dapat dilakukan bagi perusahaan untuk mencari kandidat berkualitas tinggi yang sesuai. 

Pada dasarnya, keuntungan melaksanakan acara kompetisi seperti hackathon adalah:

  1. Kualitas kandidat yang terpercaya: Hackathon membantu Anda untuk mengidentifikasi orang yang tepat dari talent pool yang Anda miliki. Karena adanya elemen kompetisi, calon karyawan potensial ditempatkan ke dalam sebuah tim untuk menyelesaikan masalah. Tidak seperti wawancara tradisional, acara-acara ini memberikan gambaran kepada tim rekrutmen tentang soft skills yang dimiliki oleh kandidat, seperti bagaimana bekerja di bawah tekanan atau cara mereka berkomunikasi

  2. Strategi employer branding: Jadikan momen ini sebagai sebuah kesempatan untuk menonjolkan employer branding perusahaan Anda. Perlihatkan nilai-nilai dan budaya kerja yang perusahaan Anda terapkan untuk meningkatkan persepsi kandidat terhadap perusahaan Anda. Acara seperti ini juga merupakan sarana promosi yang efektif untuk menunjukkan employer brand Anda. Melalui word of mouth dan unggahan peserta di media sosial, employer branding perusahaan Anda dapat lebih dikenal secara lebih luas.

  3. Membantu mendorong inovasi baru: Acara seperti ini tentunya akan diramaikan dengan bermacam ide-ide kreatif yang dapat mendorong inovasi bisnis baru bagi perkembangan perusahaan Anda. Siapa tahu, pemikiran-pemikiran baru yang diberikan oleh para peserta menjadi solusi dari tantangan yang sedang perusahaan Anda hadapi.

Hackathon by Kalibrr

Kalibrr telah sukses menghelat beberapa perlombaan hackathon yang diadakan bersama mitra kami, yaitu bersama dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia pada bulan Maret 2019 dan dengan Bank Mandiri pada bulan Juli lalu. Kedua acara ini memiliki visi misi yang serupa, yaitu untuk memberikan ruang kepada pegiat teknologi dan digital terbaik dari seluruh Indonesia untuk menunjukkan kemampuan mereka dan berpartisipasi dalam membangun inovasi yang memajukan pembangunan negeri. 

Namun lebih dari itu, event seperti ini membantu mitra-mitra kami menemukan kandidat yang tepat dan mempercepat proses rekrutmen mereka. Bukan hanya meningkatkan efisiensi saja, acara berbasis kompetisi membantu Anda menyaring kandidat-kandidat rockstar dengan praktis di waktu yang bersamaan. Ibarat peribahasa, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.

Berikut adalah acara-acara hackathon yang telah sukses diadakan oleh Kalibrr:

  1. Hackathon Generasi Peduli #UangKita

Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu) bekerjasama dengan Kalibrr dan Accenture dalam penyelenggaraan kompetisi hackathon berjudul “Generasi Peduli #UangKita” untuk menemukan ide-ide terbaik yang dapat mengkomunikasikan APBN negara kepada masyarakat luas.

  1. Bank Mandiri Hackathon What The Hack! 

Acara yang mengundang 150 finalis terbaik dari 6000 aplikasi yang masuk ini berhasil melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif hanya dalam waktu 36 jam berkompetisi.

Komitmen Kalibrr untuk terus mengembangkan ekosistem dunia ketenagakerjaan akan terus kami terapkan demi kesuksesan mitra perusahaan kami dan juga para pencari kerja yang bergabung bersama kami. Dengan bergabung bersama Kalibrr, kami dapat membantu Anda mengombinasikan kemudahan teknologi dengan kegiatan employer branding untuk menemukan kandidat berkualitas tinggi dan mengefisienkan proses rekrutmen di perusahaan Anda. Acara seperti hackathon ini adalah salah satu wujud solusi kami untuk Anda. 

Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan kami untuk mengadakan acara-acara tersebut, hubungi kami segera di indonesia@kalibrr.com