Skip to main content
EVP perusahaan
Management

3 Contoh Perusahaan dengan Employee Value Proposition yang Menjual

By Tanisha Harahap on August 28, 2019

Mengkomunikasikan mengapa seorang perlu memilih untuk bekerja di organisasi Anda adalah bagian penting untuk dapat menarik dan mempertahankan talenta berkualitas.  Akan tetapi, bagaimana cara yang efektif untuk menjawab pertanyaan, "Mengapa saya harus bekerja untuk perusahaan Anda dan bukan di perusahaan lain?". Jawaban yang tepat adalah dengan menunjukkan Employee Value Proposition (EVP), yaitu komponen utama dari strategi employer brand yang mempertegas positioning dan rencana strategis perusahaan Anda.

Apa itu Employee Value Proposition dan mengapa Anda membutuhkannya?

Sebuah EVP yang efektif harus mampu menjawab kebutuhan pihak eksternal (yaitu kandidat yang Anda sasar), bersaing dengan kompetitor Anda, dan dapat mencerminkan realita lingkungan kerja internal dan konteks strategis perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga harus memasukkan nilai dan prinsip yang diperjuangkan oleh perusahaan Anda.

Terdapat 5 pilar penting yang harus dimengerti oleh perusahaan Anda untuk menjelaskan dan mengaktifkan EVP Anda, yaitu:

  1. Jujur mengenai hal yang diperjuangkan dan ditawarkan oleh perusahaan Anda

  2. Kredibel untuk memastikan bahwa brand Anda terpercaya

  3. Relevan sehingga hal yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan kandidat terbaik masa kini

  4. Unik untuk memastikan Anda memiliki sebuah brand yang berbeda dengan para kompetitor

  5. Aspiratif menunjukkan bahwa bekerja di perusahaan Anda dapat benar-benar menjadi tempat untuk tumbuh dan berkembang secara personal dan profesional

Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan contoh-contoh Employee Value Proposition  (EVP) dari tiga perusahaan multinasional yang memiliki EVP yang kuat untuk menginspirasi Anda dalam pembuatan EVP Anda sendiri.

  1. Nike

Employee Value Proposition:

“We use the power of sport to move the world."

Sebagai perusahaan raksasa yang bekerja di bidang olahraga, Nike memiliki visi dan misi untuk membuat lingkungan yang aspiratif dan inspiratif bagi para karyawannya. Nike memandang seluruh karyawannya lebih dari posisi mereka saja. Mereka diangkat sebagai tim sukses atlet-atlet hebat di seluruh dunia yang bersatu dalam satu misi yang sama. Meskipun pekerjaan mereka berbeda-beda adalah mendesain sebuah produk baru yang istimewa, ataupun melakukan coding untuk aplikasi baru, misi utama mereka adalah untuk menghadirkan inspirasi dan inovasi bagi setiap atlet di dunia.

EVP seperti ini menjadi nilai jual employer brand Nike. Dengan menyebut diri mereka sebagai tim pendukung kesuksesan semua orang dan berkontribusi pada kesehatan dan kebugaran, hal ini menarik perhatian kandidat terbaik dari berbagai macam keahlian untuk mendaftar. Benar saja, pada tahun 2018, Nike diberikan penghargaan dari Glassdoor sebagai salah satu tempat terbaik untuk bekerja.

  1. L’Oreal

Employee Value Proposition:

“Lead the future of Beauty.”

Sebagai perusahaan kosmetik raksasa, sudah menjadi visi mereka untuk membantu banyak orang untuk mengekspresikan kecantikannya masing-masing. Dengan demikian, mereka yang bekerja di L’Oreal mempunyai peran penting dalam membantu menyebarkan kecantikan untuk semua dan menyediakan akses kepada produk-produk kosmetik.

Bekerja di L’Oreal adalah sebuah pengalaman yang tak terlupakan dan tak tergantikan. Menjadi bagian dari bisnis dengan tujuan dan visi yang jelas memastikan bahwa kandidat yang memiliki misi serupa semakin tergerak untuk turut ambil bagian dalam gerakan yang L’Oreal perjuangkan. L’Oreal menempatkan karyawan-karyawannya dalam barisan terdepan untuk membantu orang-orang di seluruh dunia. Dalam perjalanan mereka, L’Oreal menjanjikan lingkungan kolaboratif dan edukatif yang dapat menginspirasi setiap karyawan.

  1. Google

Employee Value Proposition:

“There’s no one kind of Googler”

Perusahaan yang telah dikenal akan work experience yang sangat berkesan ini tentunya memiliki sebuah EVP yang mengaspirasikan para pencari kerja untuk melamar. Sampai saat ini, Google merupakan salah satu perusahaan pemimpin dengan EVP yang memukau. Tidak perlu ragu lagi, pastinya Anda akan memiliki karir yang memuaskan di Google.

Google percaya bahwa talenta-talenta hebat tidak seharusnya dikelompokkan dalam kategori-kategori kecil yang memiliki definisi sendiri. Google selalu mencari orang-orang yang dapat membagikan perspektif baru dan pengalaman hidup yang tidak terlupakan. Dengan tidak mengelompokkan orang dalam kotak-kotak kecil, Google menempatkan dirinya sebagai perusahaan yang menghargai orang-orang yang mempunyai keinginan yang besar untuk belajar apapun latar belakang dan kemampuan yang mereka miliki.

Ingatlah, dalam mengembangkan dan mengkomunikasikan EVP Anda, selalu pastikan bahwa Anda mengikuti 5 prinsip EVP di atas, terlebih pada aspek “true” dan kredibel. Jangan mencoba menjadi sesuatu yang bukan menunjukkan identitas perusahaan Anda - hal itu sangat sulit berhasil. Memberikan pesan yang berbeda dari situasi yang ada atau menjanjikan sesuatu yang di luar jangkauan perusahaan Anda dapat menempatkan reputasi employer brand Anda dalam risiko. Apabila karyawan baru yang masuk di perusahaan Anda tidak merasakan hal-hal yang telah Anda janjikan, mereka akan mempertanyakan kredibilitas perusahaan Anda dan dapat menceritakannya kepada jaringan pribadinya secara online maupun offline.

Oleh karena itu, karyawan perusahaan Anda memiliki peran penting dalam pembentukan brand dan citra perusahaan Anda. Melalui pengalaman dan cerita mereka, baik manajemen, jajaran pemimpin, dan karyawan adalah duta terbaik Anda untuk mengkomunikasikan EVP kepada para kandidat di luar sana. 
Saatnya Anda memulai untuk menciptakan sebuah employee value proposition yang menjual dan dekatkan diri Anda kepada kandidat yang berkualitas!