Skip to main content
3 Langkah Jitu Merekrut Mahasiswa Baru
Insights + Data

3 Langkah Jitu Merekrut Mahasiswa Baru

By Tanisha Harahap on July 3, 2019

Akhir tahun pelajaran telah tiba, bulan dimana mahasiswa senior dari perguruan tinggi akan menghadapi realita mereka - yaitu, mencari pekerjaan yang tepat. Kebanyakan mahasiswa yang baru lulus biasanya masih belum mengetahui pekerjaan yang mereka inginkan - artinya akan ada banyak masukan lamaran di inbox para rekruter. Apakah Anda siap untuk menyortir ratusan CV kandidat baru ini? 

Beberapa dari Anda mungkin akan merasa penat karena harus menghadapi ratusan CV kandidat, tetapi lihatlah waktu ini sebagai peluang untuk mencari kandidat yang “unik” - mempunyai talenta yang lain daripada yang lain. Mahasiswa lulusan perguruan tinggi tentu tidak memiliki pengalaman yang banyak, tetapi banyak dari mereka memiliki kemampuan yang fresh dengan cara pemikiran yang modern yang dapat mengubah perspektif perusahaan Anda yang monoton. 

Mungkin Anda masih bingung dengan cara untuk memilih mahasiswa lulusan baru yang tepat. Jangan khawatir, simak tips dari kami untuk menemukan kandidat yang sesuai dan berkualitas untuk perkembangan perusahaan Anda!

Identifikasi Soft Skills 

Pengalaman kerja yang terbatas jangan menjadi halangan untuk merekrut kandidat berkualitas. Cari tahu kepribadian dan keterampilan sosial yang dimiliki kandidat, seperti kemampuan komunikasi, critical thinking, dan manajemen waktu. Sayangnya, sering kali keahlian ini tidak dicantumkan dalam CV. Banyak dari mahasiswa yang mendaftarkan dirinya ke perusahaan mungkin tidak mencantumkan kemampuan mereka secara detail. 

Soft skills memang lebih sulit untuk dideteksi. Akan tetapi, Anda dapat menanyakan mengenai pengalaman non-profesional yang dimiliki oleh kandidat - contohnya: menjadi kapten tim olahraga di kampus, partisipasi mereka dalam organisasi mahasiswa, ataupun kegiatan seni yang mereka pernah ikut sertakan, seperti teater. Untuk memilih dan menilai soft skills mereka dengan tepat, seorang rekruter harus dapat melihat pengalaman-pengalaman mereka ini secara holistik, maka dari situlah, seorang rekruter dapat menentukan jika kandidat tersebut tepat untuk peran yang ditawarkan.

Untuk dapat mengevaluasi skills mereka secara mendalam, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal yang menjadi faktor penting untuk memilih kandidat yang tepat:

  1. Aktivitas ekstrakurikuler - Apakah mereka memegang peran kepemimpinan dalam kelompok mereka? Jika demikian, apa yang mereka capai dalam peran ini? Anda juga dapat menilai tingkat dedikasi mereka dengan mencatat berapa lama mereka menjadi anggota.

  2. Magang - Apakah mereka pernah magang di industri yang dapat membangun keterampilan dan pengetahuan yang relevan? Bahkan jika pengalaman magang mereka tidak terkait dengan pekerjaan Anda, pertimbangkan apakah mereka tertarik dengan industri yang Anda tawarkan. 

  3. Jenjang/Didikan - Apakah studi yang mereka pelajari memiliki kontribusi mengenai pengetahuan mereka tentang industri Anda? Bagaimana studi mereka dapat membantu membangun skillset untuk peran dan tempat kerja Anda?

Jangan tempatkan fokus terhadap satu faktor saja. Pertimbangkan segala aspek pengalaman yang dimiliki oleh kandidat untuk proses rekrutmen yang lebih efisien. Dengan demikian, segala atribut mereka dapat dinilai dengan adil, sehingga dapat memudahkan Anda untuk memutuskan apakah kandidat tersebut cocok untuk direkrut di perusahaan Anda.

Bantu Kandidat Membayangkan Berkarir di Perusahaan Anda

Berikan kesempatan bagi mereka untuk mengenal perusahaan Anda secara lebih dalam. Lewat testimoni karyawan dan office tour, kandidat dapat membayangkan seperti apa berkarir bersama Anda. Kandidat yang belum berminat dengan budaya dan ekspektasi kerja perusahaan akan mundur dengan sendirinya, sehingga menyisakan Anda dengan kandidat yang benar-benar termotivasi.

Tawarkan Program Internship Terlebih Dahulu

Mahasiswa lulusan baru mungkin belum memiliki pengalaman yang luas—tetapi potensi yang mereka miliki sangat tinggi. Kandidat yang cenderung digital-savvy dan memiliki pemikiran yang fresh tentunya dapat bermanfaat bagi perkembangan perusahaan Anda. Tetapi dengan pengalaman yang menurut mereka cukup terbatas, seringkali para kandidat merasa kurang pede. Hasilnya, mereka sering merasa ragu untuk melamar sebuah pekerjaan - dan yang sering terjadi adalah mereka sering mengubah pekerjaan yang dipilih setelah lamaran mereka diterima. 

Bantulah mereka untuk membangkitkan semangat dan minat dengan mengadakan internship training program - dukungan seperti ini akan sangat membantu kandidat untuk membangkitkan rasa percaya diri mereka dan membuka wawasan mereka terhadap lingkungan kerja yang akan mereka hadapi. Dapatkanlah kandidat-kandidat yang berkualitas dengan menginisiatifkan internship training program dengan baik.

Keuntungan “win-win” dapat Anda peroleh jika program magang tersebut berjalan secara sukses. Internship training program dapat membangun keterampilan mahasiswa lulusan baru, sehingga mereka akan lebih merasa percaya diri akan pekerjaan mereka. Selain itu, keuntungan dari internship training program dapat menghindari turnover rate di perusahaan Anda. Lulusan baru yang telah terlatih akan merasa lebih tertantang dengan pekerjaan mereka dan meningkatkan minat mereka untuk ingin menuntut jenjang karir di perusahaan Anda.

Rekrutlah Mahasiswa Lulusan Baru untuk Tim yang Lebih Solid

Mahasiswa lulusan baru mungkin belum memiliki pengalaman yang luas - tetapi potensi yang mereka miliki sangat tinggi. Skillset mereka yang tergolong technical dan transferable memudahkan mereka untuk dapat beradaptasi di berbagai posisi pekerjaan yang Anda tawarkan. 

Sekarang saatnya Anda untuk memikat talenta-talenta berkualitas ini secepat mungkin. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mendapatkan kandidat yang yang sesuai untuk kebutuhan perusahaan Anda dan temukan ribuan lulusan baru yang berkualitas bersama Kalibrr!

Jangan buang-buang waktu Anda lagi! Bergabunglah bersama kami sekarang juga!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi indonesia@kalibrr.com