Skip to main content
Sukses dalam proses rekrutmen bersama Recruiter of the Month Kalibrr, Grace Songa, Senior Recruitment Manager FinAccel.
Indonesia Success Story

Sukses dalam proses rekrutmen bersama Recruiter of the Month Kalibrr, Grace Songa, Senior Recruitment Manager FinAccel.

By Diah Wahyu Asih on April 8, 2019

Proses rekrutmen bisa dibilang salah satu proses yang memakan waktu cukup lama. Di mulai dari mulai pencarian kandidat, menyortir lamaran kerja, mengontak kandidat terpilih, interview, bahkan sampai waktu mereka lulus proses probation selama 3 bulan. Prosesnya juga termasuk rumit dikarenakan banyaknya lamaran dari kandidat untuk mengisi 1 posisi pekerjaan. Ada lagi nih yang membuat proses menjadi lebih sulit, cuma 1 dari ratusan kandidat yang melamar menjadi kandidat yang tepat.

Seorang recruiter harus pandai menyortir kandidat yang memenuhi persyaratan. Tetapi, kalau dikerjakan secara manual, pusing juga, ya. Sepertinya nggak bakal selesai berbulan-bulan! Maka dari itu, Grace memutuskan menggunakan Kalibrr untuk mempercepat dan mempermudah proses rekrutmennya. Pssst.. katanya sampai sejauh ini kehadiran Kalibrr sangat membantu, lho!

Grace menerima penghargaan dari Kalibrr
Grace ditengah menerima penghargaan “Recruiter of the Month” yang diserahkan langsung oleh tim Kalibrr.

Pengalaman Grace Sebelum Menggunakan Kalibrr

Setelah 9 bulan menjabat menjadi Senior Recruiter Manager di FinAccel di tahun 2018 lalu, Grace mengaku sering sekali menghadapi tantangan dalam proses rekrutmen. Perusahaan FinAccel tergolong baru, alias start-up, mereka juga sedang meningkatkan employer branding. Pentingnya employer branding adalah untuk meningkatkan exposure perusahaan agar dapat lebih dikenal oleh kaum awam dan bisa meningkatkan jumlah aplikasi.

Selain employer branding, salah satu tantangan yang menjadi masalah para recruiter yaitu Talent Wars, dimana terdapat banyak perusahaan yang membutuhkan talenta di satu bidang tertentu, tetapi jumlah talentanya masih kurang. “Sekarang ini banyak banget dari perusahaan yang lagi nyari engineers. Karena kuota kandidat yang minat di bidang engineering bisa dibilang rada sedikit, jadi rada susah kalau mau nyari kandidat yang tepat buat di bidang itu,” kata Grace.

Sebelum menjadi pengguna Kalibrr, Grace sempat mencoba beberapa platform rekrutmen lainnya dan mengandalkan website perusahaan untuk mendapatkan kandidat. Tapi menurut Grace, hasilnya belum sesuai dengan ekspektasi dibandingkan dengan pengalaman yang menurutnya menyenangkan dan nyaman saat menggunakan platform Kalibrr. Proses rekrutmen yang mungkin nggak perlu memakan waktu terlalu banyak jadi lebih lama dan lebih ribet. Dari website perusahaan juga kurang banyak pelamar sesuai dengan kebutuhan dan kualitas perusahaan, karena employer branding yang juga masih belum ter-expose.

Sebagai informasi tambahan, FinAccel merupakan induk perusahaan dari Kredivo. Kredivo adalah sebuah perusahaan credit online yang sudah terkenal dan sering terdengar di kalangan masyarakat Indonesia. Namun sayangnya, FinAccel sebagai perusahaan induk dari Kredivo masih belum terkenal seperti nama produknya.

Solusi dari semua permasalahan ini ternyata terselesaikan setelah Grace menggunakan Kalibrr. Simak yuk kesan dan pesan dari Grace tentang pengalamannya menjadi pengguna Kalibrr!

Banyak Unicorns di Indonesia Pakai Kalibrr

Menurut Grace, asal muasal ketertarikannya menggunakan Kalibrr adalah ketika mengetahui bahwa Kalibrr telah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan unicorn strartup di Asia Tenggara. “Kalau unicorns aja pake Kalibrr, kenapa kita enggak?” Nah, dari daya ketertarikannya ini, Grace langsung memutuskan untuk menggunakan Kalibrr demi proses rekrutmen yang lebih cepat, mudah dan efisien.

Terus, apa lagi kira-kira yang membuat Grace tertarik? Berikut adalah beberapa alasan kenapa Grace beralih hati ke Kalibrr:

1. Mempercepat proses rekrutmen dari biasanya.

2. Platform lengkap yang mempunyai ATS tersendiri yang bisa melacak status kandidat.

3. Menyediakan sistem Private Job Listings

4. Lebih cepat merespon dibanding job portal lainnya

5. Memperluas penawaran job listings untuk memperbanyak kandidat

Karena banyak kemudahan yang ditawarkan oleh Kalibrr, sekarang Grace sudah tidak kesusahan lagi dan baginya waktu yang dimakan untuk proses rekrutmen juga lebih singkat dari sebelumnya.

Alasan Mengapa Grace Menganggap Kalibrr Berbeda daripada Job Portal Lainnya

Fitur pipeline Kalibrr sangat berpengaruh untuk melacak keadaan status kandidat dan menyortir kandidat yang lolos ke tahap selanjutnya. “Aku ngerasa terbantu banget karena adanya pipeline. Jadi kalau untuk nge-track kandidat lebih simple. Aku bisa ngeliat kandidat mana yang udah aku shortlist dan yang perlu di interview. Semuanya udah sistematis,” ujarnya sambil tersenyum. “Candidate reports yang tercantum di Kalibrr juga sangat detail dan jelas. Apalagi aku sekarang nggak perlu repot-repot buat download CV. Tinggal dilihat aja dari ringkasannya yang udah disediain Kalibrr, jadi proses decision-making juga bisa lebih cepat. Kalo harus download dulu terkadang bisa memakan waktu terus lebih ribet juga,” tambahnya.

Adapun hal yang membedakan Kalibrr dari platform lainnya yang sangat berpengaruh untuk Grace, yaitu fitur yang memungkinkan dia untuk berinteraksi langsung dengan pengguna lain. Ini penting banget buat tetap up-to-date! Dari job listings yang tersedia, daftar kandidat-kandidat berpotensial, hingga jumlah penawaran dan permintaan talenta tertentu (contohnya, talenta yang diperlukan untuk bidang engineering). Untuk sesama pengguna, mereka juga bisa berbagi wawasan mengenai pasar rekrutmen sekarang ini. Jangan lupa, berbagi itu penting demi melancarkan kesuksesan bersama!

Lalu apalagi sih yang membuat Grace terpikat? Ini dia golden ticket kita ke hati Grace. Kemudahan untuk berkomunikasi langsung dengan kandidat ternyata sangat meringankan pekerjaan dia. Jikalau Grace ingin mengirimkan penawaran kerja, cukup dengan mengirimkan pesan kepada kandidat melalui bagian “message” dari platform! Jadi nggak perlu menunggu kandidat untuk melamar duluan, seperti “active recruitment” kalau pake bahasa recruiter. “Aku jadi lebih gampang nyari kandidat yang lagi actively seeking  atau enggak, karena aku bisa langsung lihat dari status “last online”-nya. Aku jadi nggak perlu buang-buang waktu untuk menghubungi kandidat yang mungkin lagi pasif. Pokoknya sangat time efficient, deh!”

Web Design Kalibrr yang Minimalis Juga Eye-Catching

Bisa kebayang nggak berapa banyak CV kandidat yang seorang recruiter harus baca setiap hari? Ditambah lagi dengan banyaknya database yang harus disortir satu per satu setiap harinya. Wah, bisa-bisa mata kita juga ikutan keriting!

Website design Kalibrr yang kata Grace terlihat sangat simple, minimalist, dan clean sangat membantunya untuk melihat database lebih cepat dan jelas. Ujarnya, “desain website juga berpengaruh apalagi buat aku yang tiap hari harus merhatiin puluhan hingga ratusan aplikasi kandidat. Kalau misalnya background websitenya hitam dengan desain website yang gelap kan jadi susah tuh. Nah, untungnya platform kalian menggunakan warna putih dan biru, dan nggak kebanyakan warna lain juga, jadi nggak pusing dan tampak website juga lebih eye-catching!”

Small details matters! Kesan dan pesan dari pengguna akan selalu kami tanggapi agar kami bisa meningkatkan pengalaman dari seluruh pengguna Kalibrr.

Apa sih Tipsnya untuk Menjadi Recruiter of the Month?

 

Grace Songa, Recruiter of the Month
Grace menjelaskan tips untuk menjadi seorang recruiter yang handal pada saat proses interview.

Langsung dan eksklusif dari Recruiter of the Month Kalibrr, ini nih tips dari Grace untuk kalian!

Untuk menjadi recruiter yang handal, sangat disarankan untuk pantang menyerah! Emang nggak gampang untuk mencari kandidat yang tepat, tapi tenang aja, bukan berarti semuanya, ‘kan? Pasti bakal ada 1 yang nyantol dan yang paling tepat untuk perusahaan Anda. Solusinya adalah untuk tetap bersabar dan terus mencari, walaupun terkadang bisa menimbulkan rasa stres.

#NOBaper! Menjadi recruiter yang handal juga harus memiliki gaya pegas yang tinggi! Pernah kepikiran nggak kalau bukan kandidat saja yang merasa sedih jikalau aplikasinya ditolak?  Nggak gampang lho buat recruiter untuk menolak aplikasi kandidat yang kurang tepat dan para recruiter pun bisa merasa down kalau kebanyakan dari kandidat yang melamar belum ada yang pas dengan tawaran posisi yang dibuka. Tapi sebagai recruiter, Grace menyarankan untuk tetap stay strong! Para kandidat juga akan lebih mengerti proses decision-making perusahaan jika para recruiter dari perusahaan tersebut tegas, informatif dan mempunyai gaya pegas yang tinggi.

Apa solusi yang tepat untuk menghilangkan rasa kecewa? Tentunya, jadilah recruiter yang kalau bisa diibaratkan adalah seperti “air”, bisa mengalir kemana saja dan mengikuti tren apa saja. Kalian pun bisa menjadi recruiter yang lebih open-minded, pantang menyerah dan nggak gampang sedih apabila hasilnya belum sesuai!

Setelah membaca kesan dan pesan dari Grace, masih mau menghabiskan banyak waktu untuk proses rekrutmen? Sekarang waktunya Anda untuk beralih ke Kalibrr dan dapatkan banyak keuntungan dari platform kami!

Be a smart recuiter! Jangan sia-siakan waktu Anda karena waktu adalah uang.




Writer: Tanisha Miranda

Editor: Sonya Azzarra