Skip to main content
re-engagement with lost candidates
Management

Ingin Tahu Cara Cepat Mendapatkan Talenta Terbaik? Undang Kembali Kandidat Lama Anda untuk Daftar Ke Job Listings lainnya yang Tersedia!

By Tanisha Harahap on April 12, 2019

Tidak bisa dipungkiri lagi, setiap harinya terdapat lebih dari belasan hingga ratusan lowongan pekerjaan yang tersedia di perusahaan Anda. 1 dari lowongan yang tersedia, terdapat ratusan sampai ribuan orang yang melamar tetapi hanya 1  yang terpilih.

Terus, apa yang terjadi dengan kandidat yang kurang beruntung? Sangat disayangkan jika potensi mereka terabaikan. Siapa tahu mereka bisa menjadi kandidat yang tepat untuk mengisi posisi pekerjaan yang akan datang.

Siapakah yang dimaksud “Kandidat yang Kurang Beruntung”? Nah, mereka adalah kandidat yang mengisi laman aplikasi Applicant Tracking System perusahaan Anda tetapi tidak melengkapi persyaratan pekerjaan yang Anda tawarkan saat mereka mendaftar. Jangan salah, salah satu dari mereka mungkin bisa menjadi kandidat yang tepat untuk lowongan pekerjaan yang tersedia sekarang.

Gimana nih cara untuk memikat mereka kembali? Cara yang paling tepat adalah Re-engagement!

Apa sih manfaatnya re-engagement?

Meskipun penting untuk mencari kandidat baru untuk mengisi pipeline perusahaan, adapun faktor yang menjadikan re-engagement menjadi hal yang bermanfaat untuk memikat kembali kandidat lama yang telah “hilang”.

Inilah alasan kenapa re-engagement itu penting:

  1. Mempercepat proses rekrutmen

Anda telah memiliki dokumen kandidat mulai dari resume, referensi, dan feedback dari interview, kalau dipikir-pikir, sebenarnya Anda tidak memakan waktu sama sekali untuk melengkapi proses rekrutmen, sungguh efisien!

  1. Lebih memungkinkan bagi kandidat lama untuk menerima tawaran pekerjaan

Kandidat yang pernah melamar akan lebih tertarik untuk menerima tawaran. Karena mereka sudah sempat melamar dan di-interview oleh perusahaan Anda, mereka lebih mengerti tentang hal apa yang mereka sukai dari perusahaan Anda.

Bukalah peluang untuk menjanjikan kesempatan re-engagement, dengan mengikuti prinsip-prinsip berikut:

  1. Merancang sebuah budaya perekrutan untuk memikat kembali kandidat lama: Pastikan kandidat Anda memiliki candidate-experience terbaik! Anda tidak bisa mengharapkan kandidat untuk kembali menerima penawaran kerja, jika mereka tidak memiliki pengalaman yang baik saat proses rekrutmen mereka sebelumnya di tempat Anda.

  2. Kehormatan: Pastikan Anda memperlakukan kandidat Anda dengan baik dan sopan, mereka akan jauh lebih tertarik untuk mengontak Anda kembali. Tanggapilah semua kandidat Anda, meskipun hanya dibalas dengan penawaran atau penolakan kerja. Tingkat komunikasi yang jelas antara perusahaan dan kandidat dapat meringankan stres kandidat dan mendorong mereka untuk melengkapi pencarian pekerjaan mereka.

  3. Kejujuran: Untuk menghindari kecanggungan antara kandidat dan perusahaan, pastikan untuk tetap jujur dan transparan saat proses rekrutmen - bahkan jika Anda harus menolak lamaran kandidat. Kandidat yang mengerti proses decision-making akan merasa bahwa mereka telah diperlakukan dengan adil, dan lebih memungkinkan lagi untuk melamar kembali ke perusahaan Anda.

Ikutilah prinsip-prinsip ini untuk menjamin candidate-experience yang berkesan! Kepuasan dari candidate-experience bisa menaikan daya tarik kandidat agar mereka berkenan untuk menerima penawaran Anda.

Nah, sekarang giliran Anda untuk memikat mereka kembali. Caranya gimana tuh?

Cara yang paling unggul adalah menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dari Kalibrr. Dengan Kalibrr, re-engagement bisa dikerjakan dengan layak dan mudah.

Gampang kok, ikutin aja step-step berikut ini!

  1. Grouping

Resume search dari website Kalibrr bisa memudahkan Anda untuk mengumpulkan dan menandai kandidat yang ada berdasarkan dari status aplikasi, lamaran kerja, lokasi, keterampilan, tahun kelulusan, dan banyak lagi!

Caranya:

  1. Buka halaman resume search kami

  2. Di bagian paling kiri atas, pilih “applied processing”.

  3. Pilih pekerjaan yang diinginkan dari kolom di samping kanan “applied processing”, yang tertulis “all positions”.

  4. Di bar dari kolom yang sama, pilih lokasi, skills, nilai self-assessment, dan banyak lagi sesuai keinginan Anda.

 

  1. Tagging

Untuk membantu Anda mengingat kandidat yang mempunyai potensi untuk bekerja, Anda bisa memeriksa kumpulan kandidat tersimpan yang Anda sukai di platform kami.

Caranya:

  1. Buka halaman resume search

  2. Di bagian paling kiri atas, pilih saved untuk kumpulan kandidat yang disukai

  3. Menghubungi Kandidat Anda

Siapkah Anda untuk re-engage dengan kandidat-kandidat lama? Kirimkan undangan untuk penawaran kerja langsung dari platform Kalibrr!

Cukup dengan mengirimkan e-mail melalui platform kami saja, para kandidat akan tahu jika Anda masih tertarik dengan skills mereka dan lebih semangat untuk melamar atau menerima penawaran dari Anda. Pastikan juga alur komunikasi antara rekruter dengan kandidat Anda lancar.

Bingung gimana cara untuk menarik hati mereka?

Jangan khawatir, Kalibrr sudah menyiapkan tips and trick untuk mengontak kandidat Anda, cukup melalui e-mail saja. Berikut tips-tips untuk mengontak kandidat Anda:

  1. Jangan pernah lupa untuk mengucapkan Terima Kasih terlebih dahulu. Gestur se-simple ini sangat penting untuk membuka percakapan. Anda akan terlihat lebih sopan kepada para kandidat dan mereka akan lebih merasa dihargari.

  2. Pastikan Anda menghargai aplikasi mereka yang dulu. Meskipun aplikasi sebelumnya telah ditolak, tetapi tetap penting untuk me-refresh interaksi terakhir dengan kandidat Anda untuk membahas hal-hal yang relevan.

  3. Bahas mengenai kesempatan mereka untuk bekerja di perusahaan Anda dan tanyakan jika mereka berminat untuk melamar. Jangan lupa untuk mendeskripsikan peran dari pekerjaan tersebut dan jelaskan apa yang sedang Anda butuhkan. Informasi ini penting agar kandidat bisa menilai ketertarikan mereka mengenai peran yang ditawarkan.

  4. Catat semua aktivitas kamu di platform kami. Jangan lupa untuk simpan dan catat semua aktivitas Anda di notes ATS Kalibrr. Ini bisa memudahkan Anda untuk mengikuti track record kandidat, dan mendapatkan informasi terbaru tentang komunikasi Anda antara kandidat. Sistem ini akan sangat berguna untuk referensi Anda di masa depan.

Bersama Kalibrr, Anda juga bisa mencari tahu langsung jika kandidat berminat untuk menerima penawaran Anda. Kami akan meng-update proses rekrutmen Anda secara eksklusif langsung melalui e-mail, SMS atau langsung saja log in ke platform Kalibrr! Jadi proses rekrutmen Anda akan lebih terkontrol dan termonitor.

Mungkin bisa terlihat rada ribet untuk tetap stay in contact dengan kandidat lama. Karena sempat ditolak, daya tarik kandidat untuk mau melamar lagi ke perusahaan Anda mungkin tidak sebesar dulu lagi. Buat Anda yang tertarik untuk re-engage dengan kandidat-kandidat yang hilang, tenang aja, sebenarnya tidak susah untuk re-engage dengan kandidat lama. Kuncinya adalah tetap ramah dan dan jelaskan dengan transparan mengenai posisi yang sedang ditawarkan saat proses rekrutmen maupun re-engagement.

Raihlah keseimbangan ini! Maka Anda akan meninggalkan kesan positif pada setiap kandidat sebelumnya, terlepas dari keinginan mereka untuk re-engage atau tidak.