Skip to main content
Candidate Interview
Productivity + Tools

Cara Efisien Untuk Meningkatkan Aplikasi Lamaran Kandidat

By Tanisha Harahap on April 10, 2019

Di era milenial ini, tidak hanya perusahaan yang berinisiatif untuk merekrut kandidat baru, tetapi kandidat juga berperan sebagai researcher. Apa yang dimaksud dengan researcher?

Perkembangan teknologi di era milenial yang memudahkan para kandidat untuk mendapatkan informasi seputar perusahaan, akan mendorong kandidat untuk menyelidiki latar belakang perusahaan terlebih dulu. Candidates are researchers, mereka akan mencari tahu informasi yang relevan mengenai perusahaan, sehingga dapat dikatakan bahwa employer brand dari sebuah perusahaan sangat penting untuk meningkatkan daya ketertarikan aplikasi pelamaran kandidat.

Selain pentingnya sebuah employer brand, dibalik kesuksesan dalam proses rekrutmen, candidate experience menjadi faktor utama dalam seleksi pemilihan tempat kerja. Berikut adalah pointers untuk proses aplikasi yang lebih efisien.

Daya Tarik Perusahaan

Untuk meningkatkan minat pelamaran kerja, kira-kira apa saja hal yang harus disediakan oleh sebuah perusahaan? Tentu, nama baik perusahaan saja tidak cukup. Menurut riset yang dilakukan oleh Kalibrr, 74% kandidat tertarik untuk melamar di sebuah perusahaan karena cerita dari pengalaman karyawan. Ada juga yang tertarik karena work/life balance yang diberikan oleh perusahaan. Pastikan perusahaan Anda juga mempunyai Attraction kepada para calon kandidat untuk mendorong ketertarikan mereka. Tapi, apa saja faktor yang penting dalam proses rekrutmen demi meningkatkan daya tarik sebuah perusahaan? Pastinya perusahaan Anda akan lebih menarik jika karyawan mempromosikan cerita pengalaman mereka di kantor. Biasanya para calon kandidat sering melihat karyawan tetap sebagai referensi. Cerita karyawan dapat berperan besar dalam proses penentuan tempat kerja. Jadi pastikan karyawan kalian mendapatkan pengalaman terbaik, agar bisa menjadi referensi bahan promosi untuk memperbanyak rekrutmen.

Set Expectations, Jangan Biarkan Kandidat Anda Bingung.

Faktor kedua ini juga penting, lho! Pastikan Anda memberikan ekspektasi kepada kandidat pada tahap pendaftaran. Timbulnya ekspektasi dari kandidat di tahap awal, bisa memberikan dorongan kepada mereka untuk melanjutkan proses pendaftaran dengan harapan diterima oleh perusahaan. Kandidat juga pastinya tidak mau digantungin tanpa kepastian, jadi make-sure berikan kandidat Anda ekspektasi yang sepadan. Tapi, jangan berlebihan, karena memberi harapan yang berlebih bisa mengecewakan kandidat jika hasilnya belum sesuai.

Pentingnya Candidate-Experience saat Proses Aplikasi

Tingkat efisiensi pada saat aplikasi bisa diukur melalui kepuasan candidate experience kandidat. Apakah sebenarnya candidate experience dan seberapa pentingnya kah itu?

Candidate Experience merupakan salah satu cara untuk mengukur seberapa puaskah pengalaman mereka saat melalui proses aplikasi. Ini penting bagi perusahaan Anda untuk tidak mengabaikan aplikan, dari yang sukses sampai yang kurang beruntung. Sangat disarankan juga agar proses aplikasi tidak memakan waktu yang lama, mudah, dan mempunyai akses komunikasi yang baik. Contohnya, apakah kandidat Anda memakan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan proses aplikasi karena arahan yang kurang jelas? Walaupun terlihat sepele, tetapi faktor ini bisa membuat kandidat untuk berhenti melanjutkan proses aplikasinya karena prosedur yang terlalu ribet.

Seperti contohnya, Facebook, perusahaan besar dari Amerika yang mengutamakan candidate experience dengan memperlakukan para kandidat selayaknya seorang customer, dan menganggap mereka sebagai “bisnis” perusahaan. Maksudnya gimana tuh? Mereka ingin meyakinkan bahwa semua kandidat diperlakukan dengan pengalaman yang baik dan fair. Mereka percaya jika kandidat tidak mempunyai pengalaman yang bagus, kemungkinan besar pengalaman buruk mereka akan di-share ke teman-teman, keluarga ataupun media sosial yang bisa memperburuk nama perusahaan. Bukan hanya perusahaan besar saja, bahkan perusahaan kecil seperti Entelo, yang bergerak di bidang job recruitment platform, juga mengutamakan culture and values dalam proses interview. Fungsinya adalah menerapkan nilai-nilai yang sesuai untuk employer branding perusahaan mereka, agar semua karyawannya diperlakukan dengan adil dengan pengalaman kerja yang sebanding.

Anjurkan Kandidat Anda untuk Mengikuti Tes Pra-Seleksi

Lalu, bagaimana solusinya? Karena pentingnya proses aplikasi yang akan menunjukan kompetensi kandidat atas kelayakan mereka untuk maju ke proses berikutnya, lebih baik jika Anda menganjurkan para kandidat untuk mengikuti tes pra-seleksi. Melalui tes pra-seleksi, kandidat bisa menguji kompetensinya berdasarkan kemampuan mereka masing-masing. Jadi, akan lebih mudah dan efisien bagi kandidat untuk memilih pekerjaan yang tepat.

Melalui platform Kalibrr, para kandidat dapat mengikuti self-assessment test dengan gratis! Kami mempunyai 30 ragam self-assessment test yang berfungsi untuk mengasah kemampuan kandidat. Dari hasil tes tersebut, Anda dapat menilai langsung kemampuan mereka, yang berfungsi untuk mempercepat proses seleksi dan menyortir kandidat yang sesuai untuk perusahaan Anda. Jauh lebih efisien, bukan?

Update Status Aplikasi Kandidat Menggunakan “Progress Bar”.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan “progress bar”, gunanya untuk memberitahukan update status pendaftaran mereka. Update-an dari perusahaan itu penting, agar para kandidat tahu status perkembangan mereka, dan mereka juga tidak merasa terabaikan dan mempunyai ekspektasi lebih untuk lolos ke proses selanjutnya. Tindakan yang mungkin terlihat sesederhana ini sangatlah berpengaruh pada para kandidat. Kebanyakan kandidat merasa puas jika mereka diberikan ekspektasi tentang apa yang akan terjadi setelah proses aplikasi. Jangan biarkan kandidat Anda bertanya-tanya tentang kepastian, pastikanlah komunikasi tetap berlanjut walaupun mereka gagal untuk lolos ke tahap berikutnya.

Ucapkanlah Terima Kasih Pada Kandidat

Dan yang terpenting, don’t forget to say thank you, karena ucapan terima kasih itu penting sebagai tanda apresiasi kepada para aplikan. Mengucapkan terima kasih juga berperan untuk meningkatkan candidate experience yang bisa meningkatkan aplikasi lamaran di perusahaan Anda.

Telah terbukti bahwa kebanyakan dari kandidat merasa lebih puas ketika menerima ucapan “Terima Kasih” dari perusahaan. Menurut riset dari Kalibrr, 91% kandidat memiliki pengalaman positif saat menerima ucapan terima kasih karena sudah mendaftar di sebuah perusahaan, 56% dari mereka memiliki pengalaman negatif karena tidak mendapatkan ucapan terima kasih. Oleh karena itu, sempatkanlah waktu Anda untuk mengirimkan ucapan terima kasih pada kandidat yang telah mendaftar. Bukan hanya untuk kepuasan pengalaman kandidat, tetapi juga meninggalkan citra yang baik untuk perusahaan Anda.