Skip to main content
ATS Banner
Productivity + Tools

7 Fungsi Application Tracking System (ATS) Untuk Proses Rekrutmen Anda

By Tanisha Harahap on April 11, 2019

Apakah itu Applicant Tracking System?

Sering merasa kalau proses rekrutmen perusahaan Anda tidak efisien? Atau mungkin Anda sering pusing karena harus mengolah database aplikasi yang sangat banyak?

Applicant Tracking System atau kerap yang disebut dengan ATS merupakan sebuah recruiting software yang me-manage proses rekrutmen sebuah perusahaan. Fitur - fitur ATS dapat membantu rekruter untuk melakukan seluruh kegiatan rekrutmen dengan waktu yang lebih singkat dan proses yang lebih cepat.

Berikut adalah 7 fungsi ATS untuk membantu proses rekrutmen di perusahaan Anda

  1. Mempersingkat proses rekrutmen

Apakah Anda sering meng-copy and paste informasi mengenai kandidat di spreadsheet ataupun dokumen yang berbeda-beda? Apakah Anda merasa bahwa posting-an pekerjaan yang Anda tawarkan jarang dilihat oleh kandidat yang tepat? Pusing dengan rutinitas yang monoton yang tidak membuahkan hasil memuaskan?

ATS memusatkan segala informasi dan menawarkan berbagai ragam aplikasi “all-in-one”  platform untuk fitur yang lebih fungsional. Dari menjadwalkan waktu interview, mengontak kandidat untuk memperoleh informasi lebih, sampai menulis laporan untuk mengukur data kandidat, dapat dilakukan semuanya dalam satu platform. Jadi, Anda bisa fokus untuk menjalin hubungan baik dengan para kandidat.

  1. Membantu Anda untuk menyimpan, mengatur dan melacak kandidat dengan cara yang lebih efisien.

Apakah Anda dapat dengan mudah melacak semua catatan dan feedback dari interview yang telah dilaksanakan? Apakah Anda pernah lupa kenapa lamaran seorang kandidat yang dulu ditolak? Lalu, Apakah Anda kerap memproses kandidat yang pernah Anda tolak?

Tenang saja, sekarang segala data yang dibutuhkan akan diorganisir secara otomatis, contohnya; alamat e-mail, CV kandidat, surat lampiran kerja, dan feedback dari interview. Nah, fitur ATS dapat langsung menyatukan data yang diperlukan ke e-mail dan kalender Anda, jadi tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari dan menyortir data yang diperlukan. Semuanya serba praktis dan terorganisir!

  1. Memilih kandidat yang tepat dalam waktu yang lebih singkat.

Apakah Anda kerap mengalami hal yang memperlambat proses rekrutmen karena miskomunikasi antara rekruter dan business users?

Kunci untuk menjalankan proses rekrutmen dengan lancar adalah “kolaborasi”. ATS menyimpan segala informasi mengenai kandidat dan progres dari proses rekrutmen bisa diakses oleh semua karyawan perusahaan Anda. Yakin deh, prosesnya akan lebih cepat, jelas dan efisien. Tenang saja, Anda tidak perlu pusing lagi, semuanya akan diurus secara otomatis. Yang harus dipastikan adalah semua data yang tepat dapat diakses oleh tim rekruter dan user dengan mudah, agar seluruh tim mempunyai pandangan yang jelas mengenai proges kandidat dalam proses rekrutmen.

  1. Membangun Candidate-Experience yang positif untuk perusahaan Anda.

Apakah Anda ingin mencapai candidate-experience yang positif untuk perusahaan Anda?

Sistem yang dimana semua langkah dalam proses rekrutmen dicatat dan dimanage dengan teliti, mulai dari penerimaan aplikasi hingga pemberitahuan penolakan lamaran, mempunyai peran yang besar untuk membangun candidate-experience yang positif. Fitur email automation yang menjamin tim rekruter untuk tetap stay on track dapat mengurangi stres kandidat yang sedang menunggu feedback dari perusahaan. Semua fitur ini sekaligus berfungsi untuk menghemat waktu Anda.

  1. Membuat proses interview menjadi lebih mudah, cepat dan efisien.

Anda menginginkan proses interview di perusahaan Anda dari rekruter sampai users straightforward dan terstandar agar Anda dapat menilai kandidat secara adil dan fokus dengan respon yang Anda inginkan dari kandidat?

Software rekrutmen yang handal dapat memudahkan rekruter untuk membuat standar kriteria untuk evaluasi, feedback form, dan rating scale untuk kandidat. Kemudahan ini memungkinkan para rekruter untuk memilih kriteria untuk dievaluasi berdasarkan pekerjaan tertentu, menstruktur feedback form serta membuat penilaian untuk kandidat.

  1. Mempromosikan lowongan pekerjaan tersedia secara live

Untuk mendapatkan kandidat unggulan dan terpercaya, pastikan Anda mencari kandidat di tempat yang tepat! Nah, Apakah Anda harus me-manage post lowongan pekerjaan di berbagai tempat seperti beragam job boards, portal universitas, situs karir perusahaan dan situs media sosial?

Sekarang Anda dapat langsung memuat segala informasi mengenai penawaran pekerjaan yang tersedia di situs karir perusahaan Anda, job boards partner, dan mitra organisasi universitas. Cukup dengan menyiapkan job postings dari sistem ATS, Anda dapat mempromosikan pekerjaan yang tersedia secara live!

  1. Membantu memikat talenta yang berkelas dunia

Bekerja saja tidak cukup, Anda memerlukan kandidat yang ambisius untuk membantu memajukan perusahaan Anda. Akan tetapi, kandidat yang terbilang sangat unggul ini biasanya mempunyai peminat yang tinggi dan jarang berkontribusi untuk mencari pekerjaan melalui platform rekrutmen. Bila mereka melamar sekalipun, mereka sangat mengharapkan proses rekrutmen yang jelas dan cepat. Apakah Anda merasa proses rekrutmen di perusahaan Anda sekarang menghambat Anda mendapatkan kandidat terbaik?

Jadilah perusahaan andalan dan yang terpilih oleh kandidat-kandidat unggulan dengan memiliki proses rekrutmen yang cepat dan jelas dengan menggunakan ATS!

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan ATS?

Inilah waktunya untuk mengambil langkah selanjutnya demi meningkatkan kinerja perusahaan Anda! Percayalah, ATS yang tepat akan menghemat waktu dan uang Anda, serta membantu Anda memikat kandidat-kandidat terbaik.

Kalibrr adalah sebuah platform rekrutmen dari yang menggunakan AI untuk mempercepat dan mempermudah proses rekrutmen. Kalibrr mempersingkat tugas-tugas administratif agar tim rekruter Anda dapat merekrut kandidat-kandidat terbaik lebih cepat.


Kirimkan email Anda ke hirenow.id@kalibrr.id untuk informasi lebih lanjut.