Skip to main content
tanda perlu istirahat
Career Advice

5 Tanda Ini Menunjukkan Kamu Perlu Istirahat Sejenak dari Pekerjaan

By Dimas Setyawan on September 5, 2019


Kita percaya kok, setiap langkah yang kamu jalani dalam karirmu pasti pernah terasa berat. Bahkan untuk mesin aja, dia punya masa performa yang menurun, masa kamu nggak? Waktu memang berjalan konstan, tapi bukan berarti performa kamu haru maksimal setiap saat. Kamu juga butuh waktu untuk istirahat sejenak, mundur sejenak dari padatnya kegiatanmu.


Namun, terkadang kita suka nggak tahu kapan harus istirahat. Terkadang kita memang terlalu fokus pada pekerjaan dan impian kita tanpa tahu batasan yang kita miliki.  Sudahlah, nggak usah terlalu ambisius. Istirahat sejenak bisa bikin kamu lebih segar, kok.


Nah, kalau kamu nggak tahu kapan kamu perlu istirahat, berikut beberapa tanda-tanda yang bisa kamu lihat.

1.       Sering bikin kesalahan kecil
Yang namanya manusia sih memang nggak pernah luput dari yang namanya kesalahan. Siapa saja di dunia ini pasti pernah bikin kesalahan. Tokoh besar aja pernah bikin keputusan yang salah, apalagi kamu?

tanda perlu istirahat

Namun, ketika sudah terlalu banyak kesalahan-kesalahan kecil yang kamu buat, bisa jadi itu tanda kamu sudah mulai kehilangan fokus. Penyebabnya? Bisa jadi karena tenaga dan energi yang kamu miliki sudah mulai terkikis. Ibarat smartphone, kesalahan kecil yang berulang itu ibarat notifikasi untuk mengecas baterai.

2.       Lebih mudah lelah
Sama seperti pada poin pertama, tanda kalau kamu butuh istirahat sejenak itu juga bisa kelihatan dari daya tahanmu. Coba perhatikan dalam beberapa hari terakhir, ada berapa kali kalian merasa lebih cepat lelah dari biasanya?

Lebih mudah lelah itu bisa jadi karena kejenuhan yang semakin meningkat. Percaya atau nggak, rasa jenuh itu bisa bikin kamu mengeluarkan energi yang lebih besar dari biasanya. Makanya dari itu kamu jadi lebih cepat lelah.

3.       Gampang baper
Nggak cuma soal fisik aja, tanda-tanda kamu harus istirahat juga bisa kelihatan dari sisi mental kamu. Contohnya adalah gampang baper  atau gampang tersinggung. Ini bukan berarti mental kamu lemah yah, tapi memang kamu butuh waktu lebih banyak aja untuk rehat.

tanda perlu istirahat

Rasa lelah yang berlebihan, bikin metabolisme kamu jadi nggak lancar kayak biasanya. Itu yang bikin asupan energi untuk mood kamu jadi berkurang. Itu juga yang bikin apapun yang masuk ke kamu jadi seperti menyinggung. Duh, nggak banget kan?

4.       Ngerasa hambar
Rasa lelah juga bisa terjadi karena rasa bosan yang begitu besar. Pernah nggak sih, kalian merasa bahwa apa yang kalian jalani selama ini terasa hambar, dan terjadi begitu aja? Atau, pernah nggak sih kalian mengerjakan sesuatu dengan seadanya hanya biar cepat selesai?

Kalau ini yang sering kamu rasakan, bisa jadi itu tanda kalau kamu butuh lebih banyak waktu untuk mundur sejenak dari pekerjaanmu, mengambil cuti dan istirahat, sambil mencari inspirasi baru untuk pekerjaanmu.

5.       Ingin cepat pulang
Nah, kalau ngomongin cepat pulang, semua pekerja pasti pernah banget mengalami ini. Bahkan nggak sedikit juga yang merasakan ingin cepat pulang setiap hari. Tapi, yang ini berbeda, loh.

Rasa ingin cepat pulang di sini terjadi ketika kamu merasa tidak ingin mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya mungkin kamu sukai. Yes, kalau kamu mulai merasakan hal yang kontras kayak gitu, sudah pasti itu tanda kamu mulai jenuh dan merasa kelelahan atas aktivitasmu sehari-hari.

Nah, lima tanda kamu perlu istirahat ini ada padamu nggak saat ini? Kalau memang hal ini yang sedang kamu alami, kayaknya sih sudah pasti kamu butuh istirahat banget, tuh!