Skip to main content
cara berkomunikasi yang baik
Career Advice

Begini Cara Berkomunikasi yang Baik Biar Kamu Makin Terkoneksi

By Dimas Setyawan on September 5, 2019

Menurut para ahli, belajar berkomunikasi itu ibarat naik sepeda, kamu akan semakin bisa kalau kamu semakin rajin latihan. Yes, komunikasi itu kunci untuk kita terkoneksi satu sama lain, apapun tujuan dan konteksnya, mulai dari pertemanan, pekerjaan, keluarga, bahkan hubungan percintaan. Pokoknya, selama kamu bersentuhan dengan orang lain, kamu pasti perlu banget tahu cara berkomunikasi yang baik dan bikin kamu terkoneksi.

Kenapa harus terkoneksi? Komunikasi itu cara terbaik untuk menyimpan dan menjaga berbagai macam hubungan, baik pekerjaan atau personal. Dalam dunia pekerjaan, komunikasi yang baik itu membantu kamu banget untuk menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja kamu, atau bahkan dengan atasan. Itulah kenapa komunikasi yang baik adalah komunikasi yang terkoneksi secara dua arah dan hidup.

Terus bagaimana yah cara berkomunikasi yang baik yang terkoneksi satu sama lain? Beberapa cara ini bisa banget kamu coba nih.

1.       Belajar mendengarkan
Komunikasi itu bukan cuma soal berbicara, tapi juga mendengarkan. Ya, namanya juga dua arah, jadi prosesnya juga harus mendukung untuk terciptanya koneksi dua arah. Lagipula, kamu nggak akan bisa berkomunikasi efektif dan terkoneksi dengan seseorang kalau kamu nggak tahu hal terbaik dari dirinya, bukan?

Maka dari itu, jika kamu ingin punya komunikasi yang mendalam dengan lawan bicaramu, cobalah untuk mendengarkan setiap pesan yang lawan bicaramu sampaikan. Bahkan kalau perlu,tahan dulu egomu sejenak.

2.       Mengerti bahasa tubuh mereka
Ada banyak macam komunikasi yang terjadi antar personal. Bukan cuma soal komunikasi lisan dari mulut aja, komunikasi dari bahasa tubuh juga sering banget dilakukan apalagi dalam dunia kerja. Hal ini penting banget untuk kamu mengerti, terutama untuk membaca mood mereka saat berkomunikasi denganmu.

cara berkomunikasi yang baik

Lewat bahasa tubuh, kamu bisa mengetahui mood yang sedang menempel pada lawan bicaramu. Dengan begitu, kamu jadi bisa tahu jenis komunikasi apa yang cocok untuk situasi lawan bicaramu.

3.       Jadi dirimu sendiri
Setiap orang itu unik, dan punya karakteristiknya sendiri. Kamu mungkin terinspirasi sama seseorang, atau tokoh apapun. Tapi, dalam berkomunikasi, menonjolkan hal otentik dari dirimu sendiri justru akan membuat orang bisa lebih terkoneksi denganmu.

Kalau bicara soal menjadi diri sendiri, hal pertama yang kamu perlu lakukan yang tentu aja mengenal dirimu dengan baik. Cobalah untuk mengeksplor apa yang terbaik dari dirimu deh. Hal ini menolong banget dalam proses komunikasi interpersonal.

4.     Bicara yang jujur
Percaya lah, di dunia ini nggak ada satu orang pun yang senang dibohongi. Apalagi soal hubungan dalam pekerjaan. Duh, emangnya kamu berani bohong di depan atasanmu, atau rekan kerjamu? Jangan lah, kepercayaan itu mahal loh.

Maka dari itu, karena kepercayaan itu susah banget didapat, cobalah untuk bersikap jujur saat berkomunikasi dengan lawan bicaramu. Eits, tapi ingat juga yah, jujur itu terkadang bukan berarti harus terlihat bodoh. Terkadang ada hal yang nggak perlu kamu ungkapkan kok.

5. Tunjukkan integritasmu
Dalam dunia kerja, integritas itu penting banget untuk dimiliki. Begitu pula dengan yang namanya berkomunikasi. Seseorang akan dinilai lebih saat mereka punya integritas di bidang apapun yang mereka jalani. Untuk itu, jika kamu ingin dihargai dalam sebuah proses komunikasi, kenapa nggak tunjukkan integritasmu?

Tunjukkan kepada semua orang, terutama dalam dunia karirmu kalau kamu itu orang yang bisa dipercaya. Tunjukin kalau kamu itu punya prinsip, punya standar, dan kamu konsisten serta komitmen dalam hal itu. Tapi, beneran dilakukan yah, bukan asal gagah-gagahan aja.

Jadi, sekarang kamu udah tahu semua cara berkomunikasi yang baik untuk membuatmu terkoneksi dengan orang lain. Semoga bermanfaat yah!