Skip to main content
tips interview kerja online
Job Interview Tips

Mau Sukses Interview Kerja Via Video call? Ini 4 Tips yang Perlu Kamu Tahu

By Dimas Setyawan on January 3, 2019

Di jaman yang modern seperti saat ini, ada banyak banget hal yang dibuat menjadi mudah dan simple. Hal itu karena teknologi yang semakin berkembang, turut membuat segalanya menjadi lebih mudah. Tidak hanya soal mencari lowongan kerja terbaru, interview kerja pun sekarang bisa menjadi jauh lebih mudah. Ya, hal itu karena sekarang interview kerja tidak perlu bertatap muka langsung, cukup dengan video call saja.

Baca juga: Kalibrr x UMN: Sukses Menghadapi Interview Kerja

Namun, sama seperti interview konvensional, atau bertemu tatap muka, interview lewat video call juga bisa saja berakhir gagal. Nah, biar kamu enggak gagal dalam menghadapi interview kerja melalui video call, ada baiknya kamu memerhatikan beberapa tips interview kerja berikut ini.

1.    Pastikan kamu berpakaian rapi dan formal
Meskipun interview ini tidak dilakukan secara tatap muka langsung, namun yang Namanya penampilan tetap harus diperhatikan. Apalagi jika berhubungan dengan cara berpakaian kamu. Dalam dunia kerja, cara kamu berpenampilan turut menentukan tingkat profesionalisme kamu di mata interviewer kamu. 

tips interview kerja online

Memang sih, tidak semua perusahaan mengharuskan kamu berpakaian formal saat interview. Dan juga tidak semua lowongan pekerjaan mengharuskan hal itu. Namun, setidaknya usahakan dirimu untuk berpakaian rapi. Setidaknya pakailah pakaian yang berkerah untuk memberikan kesan sopan. 

2.    Posisi badan dan visual menentukan
Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa “posisi menentukan prestasi”. Sebenarnya hal ini bisa juga benar. Namun, posisi yang kita bicarakan saat ini bukanlah posisi letak di mana kamu duduk, melainkan bagaimana kamu duduk. Ya, kedua hal ini merupakan dua hal yang berbeda. 

tips interview kerja online

Mengapa kita bicara soal bagaimana kamu duduk? Hal itu tidak lepas dari faktor Bahasa tubuh. Para HRD atau interviewer biasanya akan kurang tertarik dengan orang yang duduk dengan lesu, atau malas-malasan. Ini juga bisa membuat rasa percaya sang interviewer terhadap kamu menjadi berkurang. Belum lagi soal visual-nya. Karena ini adalah interview melalui video call, ada baiknya kamu duduk dengan tegap dan percaya diri, dan jangan lupa untuk memilih latar belakang yang berwarna polos.

 

Baca Juga: 5 Tips Menggunakan Social Media Untuk Job Hunting


 
3.    Jangan lupa cek koneksi internet kamu
Namanya juga interview secara online, sudah pasti hubungannya dengan koneksi internet. Maka dari itu, saat kamu hendak melakukan interview melalui video call, pastikan dulu internet kamu berjalan dengan kuat dan stabil. Jangan sampai hal ini justru menjadi faktor penghalang buat kamu.

Dengan koneksi internet yang buruk, alur komunikasi akan menjadi kurang lancar. Hal ini bukan saja akan membuat interviewer kamu menjadi kesal, tapi juga turut memperbesar potensi miss komunikasi. Tentu saja hal ini bisa membuatmu tidak bisa mengeluarkan seluruh potensi yang kamu miliki, yang tentu akan berpengaruh kepada keputusan mereka untuk menerima kamu. Sayang banget, kan?
 
4.    Lihatnya ke arah kamera yah, bukan ke monitor
Tips yang terakhir ini sering banget terjadi saat percakapan via video call. Tidak cuma saat interview kerjaan saja, tapi juga saat percakapan lainnya. Apalagi kalau bukan soal salah melihat kamera.

tips interview kerja

Kebanyakan dari kita, memang sering salah dalam memberikan pandangan saat video call. Hal itu karena kita terbiasa memandang lawan bicara saat kita sedang berinteraksi. Padahal kamera yang merekam ada di bagian atas layar. Alhasil, tampilan kita seperti menunduk, dan terkesan tidak sopan. Memang sepenuhnya bukan salah kamu, tapi ada baiknya untuk memberikan kesan yang positif, usahakanlah memandang lensa kamera saat mengobrol. Setidaknya sesekali memandang kamera supaya interviewer bisa melihat ekspresi kamu saat berbicara. 

Naah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba jika kamu sedang menghadapi interview pekerjaan melalui video call. Apakah kamu punya pengalaman lainnya? Share ke kita yah.

Mau lowongan kerja terbaru yang cocok buat kamu? Klik aja di Kalibrr.
 

Tidak hanya soal info lowongan kerja saja yang populer, tips interview juga jadi satu hal yang perlu diperhatikan. Jangan cuma rajin cari lowongan kerja terbaru, tips interview kerja juga perlu kamu pelajari biar gampang keterima. Salah satunya ya tips interview kerja via online ini.