Skip to main content
Scale Up Your Career November 2018
Indonesia - Company Insider

Scale Up Your Career November 2018: How Can I Pave My Career in Today’s Digital Era?

By Yudhi Saputra on November 24, 2018

Jakarta, Indonesia - Antusiasme peserta yang hadir meramaikan Scale Up Your Career November 2018 (SUYC) di Wework Revenue Tower tepatnya di SCBD tanggal 21 November 2018 lalu. Walaupun acara dimulai pukul 19.00 namun antusiasme peserta sudah memenuhi ruangan dari mulai pukul 18.00. Tim Kalibrr kemudian mulai membuka acara dengan games seru untuk menghibur peserta yang datang sebelum acara dimulai. Tema SUYC kali ini pun tidak kalah menarik dengan SUYC bulan lalu, dengan tema How can I Pave My Career in Today’s Digital Era?, Kalibrr mencoba memberikan wawasan dan edukasi terhadap generasi milenial mengenai bagaimana menghadapi dunia kerja yang turut berkembang dan berubah - ubah seiring majunya teknologi di era digital ini. 

games
Peserta aktif bermain Games dari tim Kalibrr

Kemudian acara dilanjutkan ke panel discussion dimana acara ini turut dimeriahkan dengan partisipasi dari dua orang profesional yang sudah cukup lama berkecimpung dalam bidang HR yaitu Bapak Bagus Harimawan sebagai Chief of Human Resources at PT Bank Commonwealth dan Ibu Martha Swissanto sebagai Professional Coach and Human Resources Advisor/Consultant. Kehadiran mereka sebagai pembicara disambut meriah oleh hadirin saat MC memanggil mereka untuk maju kedepan. Panel discussion pun dimulai dengan pertanyaan - pertanyaan yang diberikan oleh moderator kepada pembicara.

moderator
Moderator memberikan pertanyaan kepada pembicara.

Dalam beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh moderator dan sesuai dengan tema yang diusung, Pak Bagus menjelaskan bahwa dalam dunia korporasi, teknologi memang sudah sangat berkembang pesat dan sudah banyak perubahan yang terjadi seperti contohnya PT Bank Commonwealth sudah ikut melakukan perubahan dengan seiring berkembangnya dunia digital, dengan melihat adanya penempatan mesin ATM yang canggih di beberapa Mall di Jakarta yang tidak hanya dapat melakukan transaksi perbankan saja namun nasabah dapat melakukan pembukaan rekening tanpa harus datang ke bank cabang dan melakukan antrian yang panjang. Hal ini dengan tujuan untuk memudahkan nasabah dan memberikan kenyamanan dengan menikmati produk dari Bank Commonwealth yang dipermudah dengan teknologi digital. Pak Bagus juga menekankan bahwa generasi milenial harus siap berkompetisi dalam dunia digital ini dan membekali diri dengan kemampuan yang memahami teknologi dan akan sangat berguna di era digital ini serta tidak perlu takut karena posisi dalam pekerjaan bukannya tersingkir dengan adanya teknologi namun posisi tersebut turut berkembang seperti dengan adanya mesin ATM tersebut pekerjaan Teller pun akan berubah, misalnya menjadi Customer Advisor

Bapak Bagus
Bapak Bagus Harimawan menjelaskan bagaimana Bank Commonwealth mengikuti perkembangan di era digital.

Kemudian Ibu Martha Swissanto pun turut menambahkan, menurut beliau dengan adanya kemajuan teknologi dalam dunia pekerjaan bukan mengurangi pekerjaan tetapi malah akan menambah lebih banyak pekerjaan dan posisi - posisi baru dalam dunia kerja. Kemajuan teknologi ini tidak akan menggantikan manusia namun manusia tetap akan menjadi inti atau Core dibalik teknologi tersebut. Majunya teknologi juga menekan manusia untuk terus berinovasi dan mengembangkan kemampuannya dalam berkompetisi dan membuka peluang baru untuk menciptakan bisnis - bisnis baru sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus bertambah seiring dengan adanya kemajuan teknologi. Pentingnya meningkatkan kemampuan digital dalam diri kita juga bertujuan bagi perusahaan untuk melihat adanya Value sebagai Talent  di era digital ini. Sebagai generasi milenial yang sadar akan adanya teknologi harus bisa cepat beradaptasi dengan perubahan karena dengan cepatnya dinamika pekerjaan dibutuhkan juga pemikiran yang kritis dan kreatif dan bagi pelaku bisnis penting adanya inovasi dan kolaborasi di era digital ini. 

Bu Martha
Ibu Martha Swissanto berpendapat pentingnya beradaptasi dengan cepat seiring cepatnya kemajuan teknologi di era digital.

Sesi tanya jawab pun dibuka setelah panel discussion selesai dan antusiasme peserta dalam bertanya sangat banyak sekali. Pembicara pun sangat antusias dalam menjawab pertanyaan peserta. Menurut wawancara beberapa peserta, mereka sangat semangat untuk datang dan bertanya karena tema yang dibawakan memang berhubungan dengan pekerjaan mereka dan pembicara yang hadir juga sangat tepat. Kemudian sesi berikutnya dilanjutkan dengan pemberian plakat sebagai penghargaan oleh Managing Director Kalibrr yaitu Sanuk Tandon kepada kedua pembicara dan pemberian hadiah kepada penanya terbaik dan pemenang games. Setelah acara selesai, peserta pun mengambil kesempatan untuk melakukan networking dengan kedua pembicara.

sesi Q&A
Salah satu peserta memberikan pertanyaan kepada pembicara.
Plakat Pak Bagus
Pemberian plakat penghargaan kepada Bapak Bagus Harimawan oleh Sanuk Tandon.
Plakat bu Martha
Pemberian plakat penghargaan kepada Ibu Martha Swissanto oleh Sanuk Tandon.
Hadiah
Pemberian hadiah kepada penanya terbaik dan pemenang games.
networking pak BAgus
Peserta mengantri untuk networking dengan Bapak Bagus seusai acara.
networking bu MArtha
Antusiasme networking peserta kepada Ibu Martha. 

Dalam tema yang diusung di Scale Up Your Career November 2018 kali ini diharapkan peserta yang hadir mendapatkan kepuasan dari wawasan dan pengalaman yang diberikan oleh pembicara yang berpartisipasi. Khususnya generasi milenial juga dapat mengetahui berbagai hal yang dibutuhkan untuk dapat berkompetisi di era digital dan mulai mengasah diri untuk membekali diri dengan skills yang baru dan menjadi talent yang memiliki value yang tinggi bagi perusahaan. Dan dengan menyadari serta melihat bahwa kemajuan teknologi bukanlah ancaman namun merupakan peluang dan tantangan yang baru dimana dengan majunya teknologi ini dapat menambah kebutuhan masyarakat sehingga kesempatan untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam membuat bisnis - bisnis baru menjadi suatu manfaat yang baik.

Nantikan dan ikuti terus kabar terbaru Scale Up Your Career selanjutnya, kami tunggu kehadirannya!