Skip to main content
Career Advice

Ingin Tahan Banting di Tempat Kerja Baru? Gampang, Kok!

By Angitya Pangestika on March 3, 2018

Sebagai karyawan baru yang baru saja melalui minggu-minggu awal bekerja, kamu pasti mulai merasakan tekanan dan masih belum terbiasa dengan lingkungan sekitar.

Lalu apa yang harus kamu lakukan? Tenang, kamu dapat mengikuti kebiasaan-kebiasaan berikut agar kamu dapat ‘survive’ dan menyesuaikan diri dengan pekerjaan dan lingkungan perusahaan!

Biasakan untuk tepat waktu.

Seperti kata pepatah ‘time is money’, waktu adalah segalanya dalam dunia kerja.

Biasakan datang tepat waktu!
Sebagai karyawan baru, kamu harus membiasakan diri untuk disiplin dalam mengatur waktumu. Datang tepat waktu tidak hanya dilakukan pada minggu awal mulai bekerja saja, tetapi juga di minggu-minggu berikutnya. Jadikanlah ketepatan waktu sebagai suatu kebiasaan di tempat kerjamu yang baru. Kebiasaan ini juga dapat diterapkan di berbagai situasi kerja, seperti datang tepat waktu ketika menghadiri meeting dengan bos maupun dengan klien dan tepat waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

Selalu berinisiatif.

Perasaan canggung untuk memulai sesuatu di lingkungan baru adalah sesuatu yang lumrah, namun cobalah untuk mengurangi rasa canggungmu dengan melakukan inisiatif mulai dari hal kecil seperti memulai percakapan dengan rekan kerja.

Contoh lain adalah ketika kamu melihat banyak kertas berserakan di bawah meja kerja rekanmu, kamu dapat berinisiatif dengan mengambilkan kertas-kertas itu dan menanyakan apakah kertas itu akan dibuang atau hanya perlu dirapikan di meja. Hal sepele seperti ini akan membawamu pada kebiasaan untuk berinisiatif dalam suasana yang lebih serius seperti inisiatif untuk meminta feedback baik dari atasan maupun rekan seniormu dan inisiatif untuk mengambil project yang menantang di luar job desc-mu.

Mengembangkan kemampuan problem solving.

Atasanmu mempekerjakanmu dengan harapan kamu memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi di kantor. Sudah menjadi tugasmu untuk meringankan tugas atasanmu, jadi jangan membawa masalah baru ke kantor tanpa mempunyai saran untuk menyelesaikannya.

Kembangkan kemampuan problem solving dan berikan solusi terbaikmu

Karena kamu adalah orang baru dalam tim, mungkin kamu akan menjumpai beberapa masalah yang membutuhkan penyelesaian bersama, jadi kamu bisa membawanya ke dalam rapat tim dengan catatan kamu telah membuat alternatif pemecahan masalahnya. Mintalah opini kepada timmu tentang alternatif pemecahan masalah yang telah kamu buat tadi, dengan begitu, kamu akan terbiasa berpikir kritis ketika menghadapi masalah dan tidak bergantung pada orang lain.

Cepat memperbaiki kesalahan.

Kesalahan pasti akan terjadi, baik pada dirimu sebagai pekerja yang baru masuk dalam dunia kerja maupun pekerja lama yang pindah di tempat baru. Segera perbaiki kesalahan yang kamu buat dan jangan mudah tersinggung dengan kritikan yang datang dari sekitarmu.

Jangan sungkan untuk mengakui dan memperbaiki kesalahan

Bos dan rekan kerjamu memberikan kritik terhadap pekerjaanmu dengan tujuan agar kamu dapat menjadi lebih baik, bukan untuk mencelamu. Jadi terimalah kritik itu dengan positif dan jadikanlah kritik yang membangun untuk membuatmu menjadi pekerja yang lebih baik di kemudian hari. Ingat, kamu sedang melakukan “learning by doing."

Menghormati orang lain.

Menghormati orang lain, terutama atasanmu, adalah hal yang sederhana. Kamu hanya perlu mendengarkan perintah dengan baik dan melaksanakannya, tanpa memotong pembicaraannya. Hal ini mungkin akan sulit jika atasanmu adalah orang yang tidak mudah untuk dihadapi, tapi tetaplah bersikap profesional dan tunjukkan rasa hormat. Jika kita menghormati orang lain, pada akhirnya orang lain juga akan menghormati kita.

Dengan membiasakan hal-hal tersebut kamu akan mampu bertahan di tempat kerja yang baru. Bahkan tidak hanya bertahan, kamu juga bisa mengukir prestasi di tempat kerjamu. Teruslah berbuat positif kelak kesuksesan akan datang padamu.

Masih mencari informasi lowongan pekerjaan? Cek halaman Kalibrr berikut dan dapatkan peluang kerja di perusahaan-perusahaan terbaik Indonesia!