Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Skema Headhunting untuk Merekrut Para Senior dan Eksekutif
For Employer

Skema Headhunting untuk Merekrut Para Senior dan Eksekutif

Karina

February 08 • 8 min read

Jika Anda telah memutuskan untuk melakukan external hire untuk posisi yang spesifik, Anda perlu untuk mempertimbangkan skema rekrutmen headhunting, atau biasa disebut direct approach. Tentunya, Anda ingin mendapatkan orang-orang terbaik dalam bidangnya untuk bisa bergabung mengisi posisi strategis di perusahaan Anda. Skema rekrutmen ini membantu Anda mencari kandidat untuk mengisi posisi tersebut dengan memberikan Anda daftar kandidat yang benar-benar sesuai dalam hal keahlian, serta cocok perihal kultur perusahaan.

Dalam blog ini, Kalibrr akan menunjukkan manfaat yang bisa Anda dapatkan saat memutuskan untuk menggunakan skema headhunting dalam proses rekrutmen. Namun sebelum menjabarkan manfaat tersebut, Kalibrr akan menunjukkan bagaimana skema headhunting berbeda dengan rekrutmen tradisional secara fundamental.

Perbedaan pertama ada pada pendekatan yang digunakan untuk menjangkau calon kandidat. Jika rekruter akan mengambil langkah untuk mengiklankan lowongan pekerjaan di job portal tertentu dengan tujuan untuk menjangkau pelamar sebanyak mungkin dan menunggu lamaran datang, headhunter tidak akan melakukan hal semacam itu. Headhunter tidak mengiklankan lamaran pekerjaan, namun mereka akan menghubungi kandidat yang sesuai dengan kriteria yang diberikan oleh perusahaan.

Kedua, rekruter akan mencari kandidat secara umum mulai dari entry level dan beberapa senior levelsesuai kebutuhan perusahaan. Namun, apa yang dicari oleh headhunters adalah orang-orang yang berada di level manajemen bahkan eksekutif, atau yang memiliki kemampuan serta keahlian khusus.

Jika dibandingkan dengan rekrutmen tradisional, skema headhunting juga memiliki beberapa keunggulan dan manfaat bagi perusahaan, sebagai berikut.

1. Akses ke talent pool yang spesifik dan terbaik.

Seorang headhunter bukanlah sekadar rekruter profesional biasa, namun juga seorang expert di bidang atau industri yang mereka rekrut. Para headhunters biasanya telah memiliki koneksi dan database kandidat profesional dari berbagai industri yang kemudian akan disesuaikan dengan bidang dan target market perusahaan Anda. Sehingga, mereka dengan mudah menemukan talenta unggul, baik yang secara aktif maupun pasif mencari kesempatan baru.

2. Headhunting lebih efisien dan menguntungkan perusahaan.

Berbeda di tiap industri, pada umumnya proses rekrutmen memerlukan waktu 3 sampai 5 minggu, dan mungkin perusahaan Anda tidak memiliki waktu sebanyak itu. Selain tidak memerlukan waktu yang lama, skema headhunting ini dinilai sebagai proses rekrutmen yang efisien karena memanfaatkan referral atau word of mouth dari sumber terpercaya dalam waktu yang singkat sehingga Anda bisa menerima daftar kandidat berkualitas yang sudah terkurasi lebih cepat. Dari segi biaya, skema headhunting ini mampu memangkas biaya rekrutmen pada umumnya karena tidak memerlukan perhitungan aspek pemasaran.

3. Memudahkan Anda mencari profesional yang tepat.

Kualitas dan nilai utama yang dimiliki oleh agensi headhunting ada pada kemampuan mereka dalam membidik target yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Hal tersebut tidak bisa Anda dapatkan dari proses rekrutmen tradisional pada umumnya. Teknik direct approach atau teknik ‘jemput bola’ yang dilakukan oleh para headhunters mampu menjangkau kandidat pasif (yang artinya kandidat tersebut tidak secara aktif merespons iklan lowongan pekerjaan).

Headhunters juga dibekali kemampuan penilaian yang tajam (sharp judgement) yang berguna untuk melakukan background check secara teliti sebelum merekomendasikan kandidatnya untuk Anda.

4. Confidentiality are guaranteed.

Beberapa perusahaan ingin tetap berada under the radar ketika mencari calon kandidat senior atau eksekutif. Hal ini pun disadari oleh agensi headhunting karena mereka memahami bagaimana cara bersikap profesional dan tetap menjaga kerahasiaan calon kandidat yang terlibat. Pada umumnya, mereka juga akan menyembunyikan status klien dari perusahaan kompetitor.

Merancang tim eksekutif dan senior yang strategis dan efektif memerlukan pemikiran yang matang dan dengan waktu yang singkat. Tim headhunter akan membantu Anda mengefisiensi proses tersebut untuk kesuksesan bisnis Anda. di Oleh karena pentingnya peran dan lingkup kerja headhunting ini, Anda tidak hanya perlu menyewa tim headhunter yang profesional untuk membantu Anda mengisi posisi eksekutif, namun juga yang kompeten dan berpengalaman dalam dunia headhunting.

Kalibrr memiliki tim headhunter yang terintegrasi dengan teknologi AI, Kalibrr Pro, yang tidak hanya profesional, namun juga sangat kompeten dalam mencari kandidat terbaik untuk posisi eksekutif di perusahaan Anda. Mulai perjalanan Anda merekrut level senior dengan mengklik banner di bawah ini dan serahkan semua pada ahlinya!

Artikel disadur dari Ecruit, Sesame HR, Emerson Chase dan BMA Group


Kalibrr adalah sebuah perusahaan teknologi rekrutmen yang bertujuan untuk mentransformasi pengalaman kandidat dalam mencari kerja dan cara perusahaan dalam merekrut talenta terbaiknya. Dengan mengedepankan pengalaman kandidat dalam tiap elemen rekrutmen, kami konsisten memikat talenta-talenta berbakat dari berbagai belahan dunia, dengan lebih dari 5,5 juta profesional di talent pool saat ini dan akan terus bertambah. Kalibrr menghubungkan mereka dengan perusahaan yang membutuhkan pemimpin bagi generasi selanjutnya.

Sebagai satu-satunya penyedia jasa solusi rekrutmen end-to-end di Asia Tenggara, Kalibrr memiliki kantor pusat di Mekati, Filipina, dan juga kantor-kantor yang beroperasi di San Fransisco, California, dan Jakarta. Hadir sejak tahun 2012, Kalibrr telah membantu lebih dari 18.000 klien serta disokong oleh inkubator start-up terbaik di dunia dan para pemodal ventura, seperti Y Combinator, Omidyar Network, Patamar Capital, Wavemaker Partners, dan Kickstart Ventures.

Untuk konsultasi bisnis dan rekrutmen lebih lanjut, silakan kunjungi dan ikuti media sosial Kalibrr Indonesia di  Instagram dan LinkedIn.

Share Via:
Tags: Entri Data

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!