Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Manfaatkan Momen Tahun Baru Untuk Tingkatkan Employee Engagement Anda!
For Employer

Manfaatkan Momen Tahun Baru Untuk Tingkatkan Employee Engagement Anda!

Karina

December 26 • 6 min read

Akhir tahun adalah momen – momen di perusahaan tutup buku, membuat laporan keuangan, perayaan Natal dan Tahun Baru dan juga mempersiapkan hal – hal yang harus disiapkan untuk tahun depan. Tetapi selain hal tersebut, ada juga hal lain yang harus perusahaan lakukan yaitu melibatkan dan memberi energi kembali kepada karyawan Anda. Meningkatkan keterlibatan karyawan (employee engagement) Anda adalah salah satu resolusi tahun baru yang tidak boleh Anda lupakan. Untuk meningkatkan engagement tersebut, gunakanlah momen – momen Natal dan Tahun baru ini untuk mencapai tujuan tersebut.

Anda dapat menggunakan cara – cara seperti yang di bawah ini!

Employee Awards

Momen Natal dan Tahun Baru dapat jadi momen yang tepat untuk Anda memberi apresiasi terhadap seluruh kerja keras dan proses yang telah Anda lalui beserta seluruh karyawan. Gunakan momen tersebut untuk merayakan kesuksesan dengan mengadakan Employee Awards, Anda bisa memberikan budget untuk setiap manager/kepala divisi untuk mentraktir timnya atau Anda juga bisa menetapkan satu hari yang tepat untuk merayakan kesuksesan perusahaan bersama – sama. Cara ini tidak hanya sebagai bentuk mengakui karyawan yang telah melakukan pekerjaan dengan baik, tetapi juga menunjukkan kepada karyawan bahwa mereka dihargai. Memberikan pengakuan atas pekerjaan yang luar biasa adalah salah satu cara terbaik perusahaan dapat membuat karyawan mereka tetap terlibat dan termotivasi untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka.

Bonus

Di masa pandemi ini kita tahu bahwa beberapa perusahaan masih mencoba bangkit dari keterpurukan dan belum memiliki dana yang cukup untuk memberikan bonus kepada para karyawannya. Namun, jika perusahaan Anda memiliki dana atau keuntungan yang lebih, tidak ada salahnya untuk memberikan karyawan Anda bonus akhir tahun sehingga karyawan merasa senang dan kerja kerasnya dihargai. Pemberian bonus tersebut juga dapat disesuaikan kembali dengan kebijakan perusahaan Anda, seperti pemberian bonus berdasarkan kinerja, berdasarkan masa kerja atau sama rata untuk seluruh karyawan. Ingatlah bahwa bonus dianggap sebagai upah tambahan, artinya bonus tersebut merupakan kompensasi kena pajak yang dikenai pemotongan pajak penghasilan, jadi ingat untuk perhitungkan hal tersebut ya saat Anda hendak memberi bonus!

Tunjangan

Beberapa perusahaan mungkin tidak memiliki banyak modal tambahan untuk membagikan bonus besar untuk setiap karyawan, tetapi menawarkan jenis tunjangan tambahan lainnya.bisa menjadi cara yang bagus untuk memberi karyawan Anda benefit untuk merayakan tahun baru mereka bersama keluarga. Tunjangan tambahan dapat mengambil berbagai bentuk, mulai dari voucher gratis hingga diskon karyawan. Anda dapat mempertimbangkan yang mana kira – kira yang tepat untuk Anda berikan kepada karyawan Anda. Tunjangan tersebut termasuk alah satu cara termudah untuk membuat karyawan bahagia dan meningkatkan keterlibatan karyawan di tahun baru.

Party!

Party atau pesta liburan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan engagement karyawan Anda karena dapat membuat karyawan saling berbaur, apalagi jika Anda mengizinkan mereka membawa pasangan, itu adalah cara yang bagus untuk membuat karyawan merasa menjadi keluarga atau bagian dari perusahaan. Rencanakan perayaan ketika keadaan sudah aman untuk mengadakan acara secara langsung dan ketika karyawan Anda merasa nyaman untuk melakukannya. Pilih tanggal dan terapkan protokol kesehatan yang ketat agar karyawan tetap merasa aman dan nyaman.

Konsisten

Seperti kebanyakan hal lain dalam hidup, konsistensi adalah kuncinya. Keterlibatan karyawan  (employee engagement) akan dicapai jika Anda konsisten melakukannya, jadi selalu dukung karyawan Anda. Karena keterlibatan bukanlah soal gaji/upah berikanlah dukungan moral kepada karyawan – karyawan Anda dengan menciptakan program engagement yang kreatif dan inovatif. Dengan menjadikan ini employee engagement sebagai prioritas akan banyak keuntungan yang Anda dapatkan salah satunya yakni kepercayaan karyawan yang akan berpengaruh juga terhadap tujuan perusahaan. Tunjukkan kepedulian Anda dan dapatkan benefit dari karyawan yang terlibat dan termotivasi.

CTA

Artikel dilansir dari Surepayroll dan Firstup.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!