Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > HR End Year Checklist
For Employer

HR End Year Checklist

Karina

December 19 • 6 min read

Sekarang kita telah mendekati akhir tahun 2021 dan bulan Desember ini bisa menjadi waktu yang sibuk bagi banyak bisnis dan perusahaan untuk melakukan tinjauan kinerja atau dikenal juga dengan yang namanya evaluasi.

Akhir tahun juga bisa menjadi bulan yang padat bagi banyak departemen Sumber Daya Manusia di perusahaan, karena sebagai divisi yang mengelola sumber daya, divisi ini perlu melakukan penilaian terhadap banyak hal seperti pembelajaran dan pengembangan karyawan, penggajian dan tunjangan, perekrutan, tinjauan kinerja, dan masih banyak lagi.

Karena banyak yang harus dipersiapkan dan memiliki prioritas yang hampir sama, berikut telah Kalibrr rangkumkan hal – hal apa saja yang harus ada dalam HR End Year Check List untuk memastikan Anda dapat memulai tahun baru dengan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Di bawah ini adalah 8 hal yang harus Anda lakukan sebelum tahun baru tiba:

1. Melakukan Survei

Lakukan survei untuk mengumpulkan metrik tentang keterlibatan dan kepuasan karyawan selama setahun belakang. Akhir tahun adalah saat banyak orang mulai merencanakan untuk hal – hal baru, dan bagi sebagian karyawan, itu mungkin berarti mencari pekerjaan baru jika mereka saat ini tidak terlibat atau puas dengan pekerjaan mereka. Untuk mencegah hal itu terjadi sangat penting untuk menghubungi karyawan Anda untuk memastikan mereka merasa engage/ terlibat dengan tim mereka serta perusahaan.

 

2. Mengkaji Efektivitas Program

Memang terdapat banyak hal yang perlu dikaji, tapi mulailah dengan mengkaji pembelajaran dan pengembangan karyawan yang telah dilakukan. Pembelajaran dan pengembangan yang dilakukan di setiap perusahaan tentunya berbeda  tetapi apa pun program yang Anda lakukan pastikan untuk meninjau efektivitas program ini dan melihat apakah inisiatif Anda memenuhi hasil yang diinginkan. Melihat dan mempelajari metode pelatihan baru dapat membantu Anda meningkatkan efektivitas dan mengurangi biaya program pelatihan sehingga program untuk pengembangan karyawan tahun depan dapat lebih maksimal.

 

3. Jadwalkan Tinjauan Kinerja Akhir Tahun

Akhir tahun bisa jadi waktu yang tepat untuk memberikan feedback untuk karyawan Anda sehingga mereka dapat melakukan brainstorming cara untuk meningkatkan dan mengubah perilaku mereka di tahun baru. Begitu juga sebaliknya, ciptakan kesempatan bagi karyawan untuk memberikan feedback kepada pimpinan. SDM dapat membantu memfasilitasi hal ini dengan mendorong manajer untuk bertemu langsung dengan semua anggota tim mereka dan dengan menyiapkan sesi diskusi atau brainstorming dengan eksekutif. Hal ini dapat menciptakan jalur komunikasi yang terbuka dan meningkatkan transparansi dalam budaya perusahaan.

 

4. Tetapkan Tujuan Tahunan dan Tinjau Tujuan Tahun Lalu

Mengingat apa yang menjadi tujuan di tahun sebelumnya kemudian identifikasi hal – hal apa saja yang berjalan sesuai rencana, yang memberikan hasil signifikan atau strategi mana yang tida cocok untuk diterapkan kembali. Meninjau tujuan tahun lalu sangat penting unyuk dapat menentukan tujuan tahun depan. Akhir tahun adalah kesempatan untuk mengevaluasi kemenangan dan kegagalan sambil mempersiapkan tahun yang akan datang.

 

5. Mengevaluasi Kebutuhan Fasilitas dan Peralatan

Apakah perusahaan Anda sedang mengalami pertumbuhan besar atau justru memerlukan perampingan perusahaan? Untuk dapat mengambil tindakan terhadap hal tersebut Anda perlu meninjau kebutuhan fasilitas dan peralatan Anda karena mungkin Anda dapat melihat peluang untuk menghemat uang atau berinvestasi dalam fasilitas dan peralatan baru yang dapat meningkatkan kinerja atau moral tim Anda.

 

6. Evaluasi Gaji Karyawan

Bagi banyak departemen SDM, akhir tahun adalah saat gaji dievaluasi dan bonus diberikan. Pastikan untuk meluangkan waktu untuk mengevaluasi program penggajian dan tunjangan. Pastikan juga bahwa karyawan diberi kompensasi yang adil dan kompetitif untuk tanggung jawab mereka dan diberi penghargaan atas kinerja mereka.

 

7. Tunjukkan Rasa Terima Kasih Kepada Karyawan

Meskipun karyawan Anda dibayar untuk pekerjaan mereka, rasanya tetap menyenangkan untuk dihargai. Tunjukkan rasa terima kasih kepada karyawan Anda dengan berterima kasih kepada mereka di akhir tahun (dan juga sepanjang tahun). Anda dapat menunjukkan penghargaan Anda dengan memberikan hadiah liburan, mengadakan pesta liburan, atau dengan mengirimkan catatan terima kasih yang dipersonalisasi. Penting bagi karyawan Anda untuk mengetahui bahwa Anda peduli dengan mereka.

 

CTA

Artikel dilansir Albawaba dan Goverb.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!