Kalibrr

Blog

Everything you need to know about the Future of Work
B2B

Telkomsel Tech Titans League Hadir Kembali. Bentuk Perwujudan Telkomsel Perkuat Talenta Digital Indonesia

October 10, 2021

Transformasi digital kini tidak dapat dihindari lagi. Di tengah situasi saat ini, berbagai lapisan masyarakat dituntut untuk dapat beradaptasi dari derasnya perkembangan teknologi dan mobilisasi yang cepat. Hal yang sama juga mempengaruhi berbagai sektor industri yang didorong untuk dapat memodifikasi cara bisnis mereka secara masif, efektif, dan transformatif. Berbagai cara harus ditempuh bagi perusahaan untuk bisa beradaptasi dan menghasilkan sebuah produk/servis yang bisa berdampak nyata bagi kebutuhan konsumen. Hal ini juga dipengaruhi oleh pergerakan dinamis dari kebutuhan konsumen yang terdampak dari cepatnya perubahan yang terjadi di sekitar.

Sebagai seorang Data Science yang bekerja menggunakan data, transformasi digital menjadikan para pekerja di bidang ini harus bergerak dengan cepat dan adaptif terhadap perubahan. Apalagi ditambah dengan peran pekerjaan ini seperti data scientist, data analyst atau data engineer yang kini kian digandrungi dikarenakan derasnya perkembangan teknologi yang menuntut hadirnya peran-peran baru di perusahaan. Pentingnya peran seorang data scientist dalam menghadapi transformasi teknologi yang kian berubah dan komitmen Telkomsel untuk terus membantu mentransformasikan ilmu teknologi bagi para pemimpin masa depan Indonesia menjadikan Telkomsel ingin memberikan kesempatan bagi para pegiat teknologi untuk terhubung, bertukar pikiran dan membentuk komunitas penggerak teknologi Indonesia.

Melalui sebuah webinar series bertajuk “Smarter Experimentation to Drive Digital Transformation for End Customers”, Telkomsel berharap dapat menjadi wadah untuk mempertemukan komunitas penggelut teknologi di Indonesia hingga para pakar industri untuk bisa bersama-sama mengakselerasi perkembangan teknologi di Indonesia. Webinar ini merupakan webinar keempat yang diadakan oleh Telkomsel setelah sukses menyelenggarakan 3 seri webinar lainnya dalam Telkomsel Tech Titans League di tahun 2020 lalu.

Telkomsel berkomitmen untuk terus bergerak maju tak hanya dalam menghadirkan solusi dan dukungan teknologi terdepan, namun juga untuk merangkul talenta Indonesia dan memperkuat keterampilan para pegiat teknologi.

Tetap Relevan di Transformasi Digital Saat Ini

Digital society adalah revolusi industri 4.0 yang pertama kali dideklarasikan oleh Jepang tentang segala aspek yang terhubung dengan sesuatu yang sifatnya digital, masif dan berdampak ke semua lapisan. Jika bicara terkait revolusi industri fenomena ini sepertinya telah dirasakan cukup lama, namun di akhir tahun 2019 menjelang tahun 2020 di mana pandemi COVID - 19 yang melanda dunia menyebabkan terjadinya percepatan akselerasi transformasi digital yang dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali.

Maka dari itu timbullah suatu tuntutan dari para customer terhadap produk dan layanan yang jauh lebih rapid dan lebih bervariasi lagi, sehingga memastikan diri untuk tetap harus relevan dan selalu dapat menjawab masalah - masalah yang ada penting untuk dilakukan. Adanya transformasi digital tentunya akan membuat semua orang mendapatkan kesempatan di mana dan kapan saja untuk berlatih dan belajar keterampilan - keterampilan secara mendalam, tapi di satu sisi akan menyebabkan tantangan dan persaingannya yang juga jauh lebih ketat. Seraya mendukung hal tersebut, dilansir dari Laporan Deloitte pada tahun 2020, diprediksikan bahwa minimal 53% perusahaan menuntut minimal setengah dari para pekerjanya untuk melakukan perubahan terhadap skill yang ada saat ini maupun kapabilitas yang dimiliki 3 tahun ke depan,  ini merupakan salah satu tantangan bagi para praktisi sumber daya manusia karena banyak sekali hal yang diperlukan untuk lebih cepat dan lebih masif lagi dalam menjawab kebutuhan - kebutuhan talent.

“Mau tidak mau, suka tidak suka, ketidakpastian adalah suatu hal yang harus dihadapi untuk tetap dapat relevan di situasi saat ini. Sebagai seorang talent, sebagai seseorang  yang menginginkan karir yang lebih cemerlang, tentunya kita harus mengantisipasi perubahan dengan mengupdate dan mengembangkan networking sehingga mengetahui yang apa yang terjadi di luar sana.” ungkap Vany Yulviany selaku General manager HRBP Delivery And Support Telkomsel sekaligus pembicara pada webinar kali ini. Lalu berupaya untuk lebih fleksibel serta adaptif, jangan lupa untuk terus belajar, dan jangan takut untuk melakukan kesalahan.” lanjutnya.

Maksimalkan Peran Data Domain Expert Melalui Advanced Analytics Transformation

Bagaimana Telkomsel melakukan transformasinya? Bagaimana Telkomsel melakukan personal campaign?  Hal tersebut dapat dijawab dengan menggunakan analitik yang disebut dengan Advanced Analytics Transformation serta memaksimalkan peran data ekspor yang diperoleh dari data science maupun machine learning engineers.

Kembali lagi kepada transformasi digital yang berdampak pada seluruh lapisan tanpa terkecuali, transformasi juga menyebabkan analitik turut berubah. Karena adanya automation atau otomatisasi, analitik juga mengalami yang namanya perubahan sehingga namanya berubah menjadi Advanced Analytics Transformation.

Hal pertama yang menjadi tantangan dalam proses transformasi Advanced Analytics adalah adanya implikasi terhadap perusahaan karena banyaknya pekerjaan yang diotomatisasi. Selain itu advanced analytics juga akan akan melibatkan berbagai unit karena seorang data scientist dituntut untuk memecahkan masalah bisnis yang memerlukan banyak stakeholders di dalamnya serta butuh kapabilitas untuk bereaksi dengan cepat dan membuat action plan yang adaptif.  

“Untuk melakukan transformasi tentu bukan sesuatu yang mudah, pasti ada tantangan - tantangan yang harus dihadapi dan ini real yang terjadi di Telkomsel. Ketika tantangan tersebut ada di depan mata, maka kita akan bekerja sama untuk membangun yang namanya data domain expert team, karena tidak hanya data scientist yang akan bekerja tapi juga ada role dari data engineer dan role dari machine learning engineer.” Ujar Umar Fudin dalam presentasinya sebagai salah satu pembicara sekaligus seorang General Manager Business Data Engineering Telkomsel

Dalam advanced analytics, juga sangat dibutuhkan Analytic Capabilities yang membutuhkan banyak iterasi untuk mengimplementasikan AI model based campaign dengan objective meningkatkan customer experience & memaksimalkan business impact sehingga key activities seperti business understanding, data understanding, hingga yang terpenting adalah modelling harus dilakukan dengan sebaik mungkin.

Mentransformasikan Data Profesional Yang Berfokus Pada Interaksi Data Pelanggan

Ketika suatu organisasi ingin fokus pada pelanggan atau bagaimana perusahaan agar dapat menyesuaikan produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan konsumen, tentunya ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Terdapat 3 tantangan secara umum yang menjadi penghambat organisasi maupun perusahaan menuju customer centric, yakni bagaimana membangun culture di perusahaan yang membiasakan atau berorientasi pada pelanggan, baik itu eksekutif atau karyawan, dalam prosesnya hal ini tentunya harus didukung penuh oleh sifat leadership. Kemudian tantangan kedua adalah bagaimana mengubah product centric menjadi customer centric dengan cara yang terintegrasi, tantangan ini harus dihadapi dengan mengubah  mindset bagaimana menyesuaikan dan membangun customer experience based on customer journey.

“Masalah lainnya dan mungkin menjadi pembahasan utama juga adalah di data dan teknologi. Terkait data dan teknologi itu sebenernya challengenya adalah big data atau silos yang tidak terintegrasi atau tersebar, sehingga saat diolah kurang bermakna atau bahkan tidak bermakna” Tegas Nabil Bajri yakni Vice President Data Science Indonesia dan menjadi pembicara terakhir dalam sesi webinar Telkomsel Tech Titans Selasa lalu.

Tantangan ketiga tersebut adalah masalah pada data yang tidak terintegrasi dengan baik sehingga menghambat pengambilan keputusan terkait customer. Sehingga dalam kesimpulannya harus dipastikan bahwa data yang digunakan merupakan data terintegrasi dan memiliki nilai. Digital Behavior data adalah salah satu contoh data yang besar, bermakna dan terintegrasi dan merupakan kunci utama dalam transformasi digital. Kemudian perlu pemahaman arsitektur teknologi yang tepat khususnya dalam mendesain OLTP dan OLAP agar pengelolaan data efektif dan efisien dan yang terakhir adalah harus selalu menggunakan intuisi dalam mengolah data

Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dan salah satu perusahaan tech-savvy yang berkembang pesat di era digital. Telkomsel selalu berinovasi melalui teknologi untuk mempercepat terbentuknya masyarakat digital Indonesia. Melalui Telkomsel Tech Titans, khususnya dalam sesi webinar kali ini semoga dapat menciptakan lingkungan yang bermanfaat dan berdampak dalam lingkungan yang lebih paham dan mahir teknologi di Indonesia.

Bagi kamu pegiat teknologi, jangan lupa juga untuk mengikuti kembali rangkaian dari Telkomsel Tech Titans karena acaranya belum berakhir! Terdapat 2 seri lagi yang akan dilakukan hingga penghujung tahun 2021. Saat ini pendaftaran untuk mengikuti online challenge Seri Kedua - Software Development telah resmi dibuka hingga tanggal 11 Oktober 2021 yang kemudian akan dilanjutkan dengan webinar yang tidak kalah seru dari seri - seri sebelumnya!

Yuk segera daftar! Silahkan kunjungi www.telkomseltechtitans.com untuk mendaftar dan mengetahui informasi lebih lanjut. Sampai Jumpa di Telkomsel Tech Titans berikutnya!

Written by Indah Suryani
B2B

Telkomsel Tech Titans League Hadir Kembali. Bentuk Perwujudan Telkomsel Perkuat Talenta Digital Indonesia

October 10, 2021

Transformasi digital kini tidak dapat dihindari lagi. Di tengah situasi saat ini, berbagai lapisan masyarakat dituntut untuk dapat beradaptasi dari derasnya perkembangan teknologi dan mobilisasi yang cepat. Hal yang sama juga mempengaruhi berbagai sektor industri yang didorong untuk dapat memodifikasi cara bisnis mereka secara masif, efektif, dan transformatif. Berbagai cara harus ditempuh bagi perusahaan untuk bisa beradaptasi dan menghasilkan sebuah produk/servis yang bisa berdampak nyata bagi kebutuhan konsumen. Hal ini juga dipengaruhi oleh pergerakan dinamis dari kebutuhan konsumen yang terdampak dari cepatnya perubahan yang terjadi di sekitar.

Sebagai seorang Data Science yang bekerja menggunakan data, transformasi digital menjadikan para pekerja di bidang ini harus bergerak dengan cepat dan adaptif terhadap perubahan. Apalagi ditambah dengan peran pekerjaan ini seperti data scientist, data analyst atau data engineer yang kini kian digandrungi dikarenakan derasnya perkembangan teknologi yang menuntut hadirnya peran-peran baru di perusahaan. Pentingnya peran seorang data scientist dalam menghadapi transformasi teknologi yang kian berubah dan komitmen Telkomsel untuk terus membantu mentransformasikan ilmu teknologi bagi para pemimpin masa depan Indonesia menjadikan Telkomsel ingin memberikan kesempatan bagi para pegiat teknologi untuk terhubung, bertukar pikiran dan membentuk komunitas penggerak teknologi Indonesia.

Melalui sebuah webinar series bertajuk “Smarter Experimentation to Drive Digital Transformation for End Customers”, Telkomsel berharap dapat menjadi wadah untuk mempertemukan komunitas penggelut teknologi di Indonesia hingga para pakar industri untuk bisa bersama-sama mengakselerasi perkembangan teknologi di Indonesia. Webinar ini merupakan webinar keempat yang diadakan oleh Telkomsel setelah sukses menyelenggarakan 3 seri webinar lainnya dalam Telkomsel Tech Titans League di tahun 2020 lalu.

Telkomsel berkomitmen untuk terus bergerak maju tak hanya dalam menghadirkan solusi dan dukungan teknologi terdepan, namun juga untuk merangkul talenta Indonesia dan memperkuat keterampilan para pegiat teknologi.

Tetap Relevan di Transformasi Digital Saat Ini

Digital society adalah revolusi industri 4.0 yang pertama kali dideklarasikan oleh Jepang tentang segala aspek yang terhubung dengan sesuatu yang sifatnya digital, masif dan berdampak ke semua lapisan. Jika bicara terkait revolusi industri fenomena ini sepertinya telah dirasakan cukup lama, namun di akhir tahun 2019 menjelang tahun 2020 di mana pandemi COVID - 19 yang melanda dunia menyebabkan terjadinya percepatan akselerasi transformasi digital yang dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali.

Maka dari itu timbullah suatu tuntutan dari para customer terhadap produk dan layanan yang jauh lebih rapid dan lebih bervariasi lagi, sehingga memastikan diri untuk tetap harus relevan dan selalu dapat menjawab masalah - masalah yang ada penting untuk dilakukan. Adanya transformasi digital tentunya akan membuat semua orang mendapatkan kesempatan di mana dan kapan saja untuk berlatih dan belajar keterampilan - keterampilan secara mendalam, tapi di satu sisi akan menyebabkan tantangan dan persaingannya yang juga jauh lebih ketat. Seraya mendukung hal tersebut, dilansir dari Laporan Deloitte pada tahun 2020, diprediksikan bahwa minimal 53% perusahaan menuntut minimal setengah dari para pekerjanya untuk melakukan perubahan terhadap skill yang ada saat ini maupun kapabilitas yang dimiliki 3 tahun ke depan,  ini merupakan salah satu tantangan bagi para praktisi sumber daya manusia karena banyak sekali hal yang diperlukan untuk lebih cepat dan lebih masif lagi dalam menjawab kebutuhan - kebutuhan talent.

“Mau tidak mau, suka tidak suka, ketidakpastian adalah suatu hal yang harus dihadapi untuk tetap dapat relevan di situasi saat ini. Sebagai seorang talent, sebagai seseorang  yang menginginkan karir yang lebih cemerlang, tentunya kita harus mengantisipasi perubahan dengan mengupdate dan mengembangkan networking sehingga mengetahui yang apa yang terjadi di luar sana.” ungkap Vany Yulviany selaku General manager HRBP Delivery And Support Telkomsel sekaligus pembicara pada webinar kali ini. Lalu berupaya untuk lebih fleksibel serta adaptif, jangan lupa untuk terus belajar, dan jangan takut untuk melakukan kesalahan.” lanjutnya.

Maksimalkan Peran Data Domain Expert Melalui Advanced Analytics Transformation

Bagaimana Telkomsel melakukan transformasinya? Bagaimana Telkomsel melakukan personal campaign?  Hal tersebut dapat dijawab dengan menggunakan analitik yang disebut dengan Advanced Analytics Transformation serta memaksimalkan peran data ekspor yang diperoleh dari data science maupun machine learning engineers.

Kembali lagi kepada transformasi digital yang berdampak pada seluruh lapisan tanpa terkecuali, transformasi juga menyebabkan analitik turut berubah. Karena adanya automation atau otomatisasi, analitik juga mengalami yang namanya perubahan sehingga namanya berubah menjadi Advanced Analytics Transformation.

Hal pertama yang menjadi tantangan dalam proses transformasi Advanced Analytics adalah adanya implikasi terhadap perusahaan karena banyaknya pekerjaan yang diotomatisasi. Selain itu advanced analytics juga akan akan melibatkan berbagai unit karena seorang data scientist dituntut untuk memecahkan masalah bisnis yang memerlukan banyak stakeholders di dalamnya serta butuh kapabilitas untuk bereaksi dengan cepat dan membuat action plan yang adaptif.  

“Untuk melakukan transformasi tentu bukan sesuatu yang mudah, pasti ada tantangan - tantangan yang harus dihadapi dan ini real yang terjadi di Telkomsel. Ketika tantangan tersebut ada di depan mata, maka kita akan bekerja sama untuk membangun yang namanya data domain expert team, karena tidak hanya data scientist yang akan bekerja tapi juga ada role dari data engineer dan role dari machine learning engineer.” Ujar Umar Fudin dalam presentasinya sebagai salah satu pembicara sekaligus seorang General Manager Business Data Engineering Telkomsel

Dalam advanced analytics, juga sangat dibutuhkan Analytic Capabilities yang membutuhkan banyak iterasi untuk mengimplementasikan AI model based campaign dengan objective meningkatkan customer experience & memaksimalkan business impact sehingga key activities seperti business understanding, data understanding, hingga yang terpenting adalah modelling harus dilakukan dengan sebaik mungkin.

Mentransformasikan Data Profesional Yang Berfokus Pada Interaksi Data Pelanggan

Ketika suatu organisasi ingin fokus pada pelanggan atau bagaimana perusahaan agar dapat menyesuaikan produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan konsumen, tentunya ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Terdapat 3 tantangan secara umum yang menjadi penghambat organisasi maupun perusahaan menuju customer centric, yakni bagaimana membangun culture di perusahaan yang membiasakan atau berorientasi pada pelanggan, baik itu eksekutif atau karyawan, dalam prosesnya hal ini tentunya harus didukung penuh oleh sifat leadership. Kemudian tantangan kedua adalah bagaimana mengubah product centric menjadi customer centric dengan cara yang terintegrasi, tantangan ini harus dihadapi dengan mengubah  mindset bagaimana menyesuaikan dan membangun customer experience based on customer journey.

“Masalah lainnya dan mungkin menjadi pembahasan utama juga adalah di data dan teknologi. Terkait data dan teknologi itu sebenernya challengenya adalah big data atau silos yang tidak terintegrasi atau tersebar, sehingga saat diolah kurang bermakna atau bahkan tidak bermakna” Tegas Nabil Bajri yakni Vice President Data Science Indonesia dan menjadi pembicara terakhir dalam sesi webinar Telkomsel Tech Titans Selasa lalu.

Tantangan ketiga tersebut adalah masalah pada data yang tidak terintegrasi dengan baik sehingga menghambat pengambilan keputusan terkait customer. Sehingga dalam kesimpulannya harus dipastikan bahwa data yang digunakan merupakan data terintegrasi dan memiliki nilai. Digital Behavior data adalah salah satu contoh data yang besar, bermakna dan terintegrasi dan merupakan kunci utama dalam transformasi digital. Kemudian perlu pemahaman arsitektur teknologi yang tepat khususnya dalam mendesain OLTP dan OLAP agar pengelolaan data efektif dan efisien dan yang terakhir adalah harus selalu menggunakan intuisi dalam mengolah data

Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dan salah satu perusahaan tech-savvy yang berkembang pesat di era digital. Telkomsel selalu berinovasi melalui teknologi untuk mempercepat terbentuknya masyarakat digital Indonesia. Melalui Telkomsel Tech Titans, khususnya dalam sesi webinar kali ini semoga dapat menciptakan lingkungan yang bermanfaat dan berdampak dalam lingkungan yang lebih paham dan mahir teknologi di Indonesia.

Bagi kamu pegiat teknologi, jangan lupa juga untuk mengikuti kembali rangkaian dari Telkomsel Tech Titans karena acaranya belum berakhir! Terdapat 2 seri lagi yang akan dilakukan hingga penghujung tahun 2021. Saat ini pendaftaran untuk mengikuti online challenge Seri Kedua - Software Development telah resmi dibuka hingga tanggal 11 Oktober 2021 yang kemudian akan dilanjutkan dengan webinar yang tidak kalah seru dari seri - seri sebelumnya!

Yuk segera daftar! Silahkan kunjungi www.telkomseltechtitans.com untuk mendaftar dan mengetahui informasi lebih lanjut. Sampai Jumpa di Telkomsel Tech Titans berikutnya!

Written by Indah Suryani