Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Berapa Jangka Waktu Ideal Untuk Sebuah Proses Rekrutmen?
For Jobseeker

Berapa Jangka Waktu Ideal Untuk Sebuah Proses Rekrutmen?

Karina

June 18 • 6 min read

Jika ditanya terkait berapa lama kira – kira proses rekrutmen di suatu perusahaan berlangsung?

Atau

kapan kandidat akan menerima hasil dari application mereka?

Rasanya tidak ada jawaban yang pasti terkait hal tersebut. Hal ini terjadi karena proses rekrutmen yang bervariasi berdasarkan posisi yang tersedia, waktu dari rekruter berbeda – beda dan juga kebijakan perusahaan yang mengaturnya. Urgensi atau kepentingan perusahaan juga berpengaruh dalam hal ini, di mana semakin penting posisi tersebut atau semakin dibutuhkan maka perusahaan akan mempercepat proses rekrutmen agar dapat segera bergabung ke perusahaan, begitu juga sebaliknya. Jika tidak terlalu dibutuhkan, perusahaan biasanya akan memasang waktu lebih lama untuk mendapatkan kandidat yang benar – benar cocok.

Tetapi karena tidak ada waktu yang pasti, bukan berarti proses rekrutmen bisa dilaksanakan sebebas – bebasnya. Dilansir dari situs blackman mansfield kerangka waktu yang ideal dari job openings hingga tahap penawaran (offering letter) adalah antara dua hingga empat minggu. Namun kembali lagi hal ini sangat bergantung pada tingkat dan sifat posisi yang dibutuhkan. Posisi di level senior atau yang memiliki banyak pengalaman biasanya akan memakan waktu lebih lama dari kerangka waktu tersebut.

Ada beberapa hal yang dijelaskan sumber – sumber terkait tentang kerangka waktu atau timeline ideal berapa lama harusnya proses rekrutmen diselesaikan. Berikut uraian lengkapnya :

Langkah awal ini bisa jadi merupakan proses yang memakan waktu lama dari yang sebenarnya dibutuhkan. Rekruter dapat membuat job openings dengan melihat arsip yang ada di perusahaan ataupun melihat job openings dengan posisi serupa sebagai inspirasi. Jangan lupa untuk membuat job openings yang mencerminkan value ataupun branding dari perusahaan Anda, berikan informasi terkait apa yang perusahaan butuhkan serta hal – hal lain yang menjadi preferensi perusahaan. Pastikan juga untuk membuat job openings yang menarik dan berisikan benefit – benefit yang akan diterima seperti peluang karir dan fasilitas yang didapat. Jangka waktu ideal yang biasanya dilakukan pada proses ini adalah satu hari

Jangka Waktu Ideal: 1 hari

  • Job posting

Setelah selesai membuat jobs openings saatnya menyebarkan jobs openings tersebut ke beberapa job portal atau platform yang ada. Jika Anda menginginkan banyak pelamar, Anda dapat menyebarkannya ke banyak job portal, hanya saja hal tersebut akan berpengaruh pada waktu Anda untuk meninjau lamaran tersebut. Waktu ideal untuk menyelesaikan proses ini biasanya sama dengan proses job openings yaitu satu hari.

Jangka Waktu Ideal: 1 hari

  • Receiving & Shortlisting

Tibalah pada proses yang biasanya memakan waktu paling lama dalam proses rekrutmen. Setelah jobs opening di posting maka akan masuk lamaran – lamaran dari para kandidat baik dari email maupun job portal yang digunakan dan lamaran tersebut harus disaring lagi atau di shortlisted yang mana saja yang dapat masuk ke tahapan rekrutmen selanjutnya. Pada proses ini sangat disarankan untuk Anda menggunakan alat bantu atau teknologi yang akan memudahkan anda dalam menyaring kandidat idaman anda.

Jangka Waktu Ideal: 1 minggu hingga 1 bulan

  • Interview

Shortlisted candidate sudah didapat lalu saatnya untuk mengenal kandidat lebih dekat dengan membuat jadwal interview. Karena kondisi pandemi saat ini, anda dapat memilih interview melalui phone interview, WhatsApp interview, Zoom call, Gmeet dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar Anda dapat gambaran tentang kandidat pilihan tadi apakah cocok dengan posisi yang ditawarkan beserta valueyang dimiliki perusahaan. Jangan lupa juga untuk menjelaskan informasi dasar terkait perusahaan dan benefit – benefit yang didapatkan.

Jangka Waktu Ideal: 1 minggu hingga 1 bulan

  • Offering letter

Dengan semua hal yang telah ditinjau mulai dari CV, shortlisting dan interview kandidat yang memenuhi syarat dan dirasa cocok untuk menduduki posisi di perusahaan maka saatnya memberikan mereka offering letter atau surat penawaran. Pada tahapan ini kandidat juga dapat melakukan negosiasi  dengan perusahaan jika dirasa ada bagian dari kontrak kerja yang kurang pas. Waktu ideal pada proses ini sangat bergantung kembali kepada urgensi dari perusahaan, bisa jadi dua minggu setelah interview, 2-3 hari setelah interview bahkan bisa sesaat setelah interview jika perusahaan benar – benar membutuhkan kualifikasi Anda.

Jangka Waktu Ideal : tergantung perusahaan

 

Artikel dilansir dari Blackmanmansfield, Indeed dan Prevuehr

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!