Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Serba-serbi Employee Financial Wellness untuk HR
For Employer

Serba-serbi Employee Financial Wellness untuk HR

Karina

November 09 • 5 min read

Sebagai rekruter yang baik, pasti Anda memperhatikan dan ingin kesejahteraan pekerja terjamin dengan baik. Selain memberikan pekerja fasilitas-fasilitas penunjang, seperti asuransi kesehatan dan tunjangan agar kehidupan bekerja mereka lebih baik, ada juga perusahaan yang tidak segan untuk membangun fasilitas pusat kebugaran atau kantin dengan pilihan makanan sehat demi kesejahteraan pekerjanya. Tapi pernahkah Anda terpikirkan untuk membuat program employee financial wellness untuk pekerja?

Employee financial wellness merupakan sebuah program yang digagas oleh perusahaan yang bertujuan untuk membantu pekerja dalam mengelola keuangannya, memberikan informasi mengenai literasi keuangan, serta memberikan informasi mengenai kesehatan finansial. Program yang satu ini dianggap penting karena literasi finansial dapat memberikan dampak yang cukup besar bagi kehidupan individu pekerja. Ketika pekerja mengalami kesulitan dalam pengaturan keuangannya, hal itu membuat mereka kesulitan juga untuk fokus terhadap pekerjaannya.

Banyak manfaat yang bisa perusahaan dapatkan dari penerapan program employee financial wellness ini. Perusahaan bisa menurunkan tingkat stres pekerja yang kesulitan dalam mengelola keuangan, kemudian, lewat bantuan program employee financial wellness ini, perusahaan bisa meningkatkan produktivitas dari pekerja, karena mereka bisa merasa lega mengenai pengelolaan keuangannya.

  1. Meningkatkan produktivitas pekerja karena tidak lagi terganggu akibat kekhawatiran akan status keuangan
  2. Meningkatkan kesehatan fisik dan mental pekerja, karena pekerja tidak lagi perlu merasa khawatir dan stres mengenai masalah keuangan yang pada akhirnya berakibat pada kesehatan fisik mereka
  3. Meningkatkan engagement dan angka retensi pada pekerja, karena pekerja akan merasa dihargai dan dibantu oleh perusahaan dalam hal keuangan dan pengaturan keuangannya
  4. Memberi kesempatan pada pekerja untuk pensiun dengan kondisi keuangan yang aman. Pengetahuan mengenai keuangan dan tabungan pensiun penting untuk diketahui pekerja karena faktanya, hanya 1 dari 3 pekerja dewasa yang yakin akan kecukupan tabungan pensiunnya.
  5. Memberi kesempatan kepada pekerja yang lebih muda untuk memajukan kariernya di perusahaan, karena para seniornya sudah bisa pensiun dengan aman dan nyaman.

Terdapat lima topik keuangan yang biasa menjadi masalah bagi pekerja dalam pengaturan keuangannya, antara lain:

  1. Kebutuhan rumah tangga

Pekerja biasa mengalami kesulitan dalam pengaturan keuangan untuk kebutuhan rumah tangga, seperti pengalokasian budget kebutuhan rumah tangga, bagaimana mengelola keuangan agar terkontrol, hingga pengaturan tujuan alokasi keuangan rumah tangga.

2. Pengaturan alokasi kredit dan utang

Pekerja ingin memiliki pengetahuan mengenai bagaimana kredit itu bekerja, faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin mengambil skema pembayaran kredit, hingga alokasi keuangan yang harus diberi ketika mengambil kredit. Selain itu, pengetahuan mengenai kredit juga berguna bagi pekerja yang ingin membuat strategi keuangan personalnya.

3. Investasi

Investasi di sini termasuk dalam perencanaan keuangan untuk pensiun, mengerti jenis-jenis tabungan dan investasi, serta ke manakah pekerja harus menabung atau berinvestasi sesuai dengan usia dan tujuan dari tabungan atau investasinya tersebut.

4. Tabungan

Pekerja mungkin saja mencari bantuan dan mencari informasi lebih lanjut mengenai tips strategi menabung dan di mana mereka harus menabung. Pendidikan mengenai planning tabungan, dan bagaimana pekerja memilih antara tabungan atau investasi.

5. Pajak

Pekerja seringkali merasa kebingungan saat diharuskan untuk melakukan kewajibannya dalam membayar pajak ke negara, seperti pengetahuan mengenai pajak kepemilikan rumah, pajak kepemilikan kendaraan, pajak pribadi ketika sudah berkeluarga, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana cara menerapkan program employee financial wellness ini? Ikuti terus blog Kalibrr Indonesia yang akan membahas lebih dalam program Employee Financial Wellness pada minggu ini!

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!