Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Program Employee Wellness untuk Aset Berharga Perusahaan
For Employer

Program Employee Wellness untuk Aset Berharga Perusahaan

Karina

November 05 • 6 min read

Banyak program serta kegiatan yang bisa dilaksanakan dan digelar oleh rekruter untuk menjaga angka retensi antar pekerja dan perusahaan. Pastinya, program serta kegiatan ini harusnya memiliki manfaat dan dampak–baik secara langsung atau tidak langsung–terhadap kehidupan pekerja, baik di dalam kantor maupun di luar. Salah satu program yang seringkali digunakan perusahaan untuk menjaga retensi, sekaligus menarik minat para talent adalah employee wellness program. Apalagi di tengah kondisi yang tidak menentu ini, program employee wellness bisa menjadi jawaban untuk membentuk lingkungan kerja yang lebih baik dan mempercepat proses adaptasi pekerja.

Program employee wellness seringkali juga disebut sebagai program employee well-being, dan tidak memiliki definisi khusus yang harus diikuti sebagai tolak ukur di tiap perusahaan. Namun, biasanya program employee wellness merupakan kumpulan dari kegiatan inisiatif yang dirancang HR agar pekerja memiliki kehidupan yang lebih baik. Bisa saja, HR mengadakan kelas seminar, employee training, hingga memfasilitasi pekerja untuk berkonsultasi dengan psikolog atau dokter untuk kesehatan dirinya.

Program employee wellness juga memiliki berbagai cabang dimensi kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas pekerja dan lingkungan bekerja. Terdapat tiga cabang dimensi kegiatan program employee wellness yang sering dijalankan oleh perusahaan:

  1. Physical Wellness

Program physical wellness bukan serta-merta berarti perusahaan menyiapkan fasilitas pusat kebugaran atau sarana olahraga lapangan agar pekerjanya memiliki badan bak atlet. Program physical wellness di sini bertujuan untuk menjaga kesehatan fisik para pekerjanya agar bisa bekerja dengan baik. Menjalankan program ini juga bisa lewat berbagai cara, seperti mengajak pekerja untuk berolahraga setiap pekan bersama pekerja lain, memberikan seminar mengenai edukasi kesehatan fisik, hingga pemberian asuransi kessehatan dan jaminan kesehatan bagi pekerjanya.

2. Emotional Wellness

Sama seperti kesehatan fisik, kesehatan mental pekerja juga perlu terpelihara dan termonitor dengan baik. Emotional wellness seseorang meliputi aspek emosional dan psikis yang pada akhirnya dapat berpengaruh kepada cara berpikir dan bertindak seseorang. Program emotional wellness yang baik bisa membantu pekerjanya untuk berdamai dengan masalah kehidupan, baik pribadi maupun pekerjaan yang mempengaruhi kinerjanya di kantor. HR bisa membuat program ini dengan memberi ruang bagi pekerja untuk bercerita atau meng-cover biaya konsultasi psikis dan emosional pekerja.

3. Financial Wellness

Nyatanya, stabilitas keuangan pekerja dapat mempengaruhi perusahaan. Kemampuan mereka untuk menyimpan uang, membelanjakan uang, hingga utang yang pekerja miliki bisa berdampak pada produktivitas dan efektivitas pekerja dalam bekerja di perusahaan. Semakin baik kesehatan finansial pekerja, maka semakin baik pula kontribusi mereka terhadap perusahaan, begitu pula sebaliknya. Kontribusi mereka inilah yang nantinya dapat mempengaruhi kinerja perusahaan.

Setelah mengetahui jenis-jenis program employee wellness, HR juga harus tahu manfaat dibalik program employee wellness yang dapat berdampak positif untuk perusahaan:

  1. Meningkatkan Produktivitas

Jika pekerja memiliki tubuh dan jiwa yang sehat, sudah pasti, produktivitas kinerjanya untuk perusahaan juga akan meningkat, karena permasalahan yang dihadapi semakin sedikit dan pekerja juga mudah fokus akan pekerjaannya.

2. Meningkatkan Moral Pekerja

Pekerja dari perusahaan yang menyelenggarakan program employee wellness akan merasa lebih dihargai dan berharga. Pekerja yang dihargai dan merasa bahwa dirinya berharga akan lebih antusias dan bahagia dalam bekerja.

4. Employer Branding

Program employee wellness bisa jadi salah satu cara untuk melakukan employer branding perusahaan. Pekerja yang sudah merasakan manfaat dari program employee wellness akan meningkatkan referrals mereka akan perusahaan. Tingkat retensi pekerja pun bisa jadi rendah. Selain itu, program employee wellness juga dapat menarik minat talent yang berkualitas untuk melamar.

5. Mengurangi Tingkat Absen Pekerja

Dengan kesehatan fisik dan mental yang terjamin dan terjaga dengan baik, tingkat absennya pekerja dari pekerjaannya pun bisa menurun, dan hal ini bisa mengurangi biaya operasional perusahaan dari segi pekerja.

Pekerja yang sehat dan bahagia biasanya dapat memberikan produktivitas kinerja yang jauh lebih baik daripada pekerja yang tidak sehat dan tidak bahagia. Banyak manfaat yang bisa diraih dari program employee wellness oleh perusahaan jika perusahaan dapat menjaga aset terpenting dan paling berharga mereka dengan baik.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!