Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Alami Kendala Hiring Selama Covid-19? Jangan Lupa untuk Menjaga Candidate Engagement!
For Employer

Alami Kendala Hiring Selama Covid-19? Jangan Lupa untuk Menjaga Candidate Engagement!

Karina

April 21 • 11 min read

Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga hari ini. Banyak perusahaan yang harus beradaptasi dengan keadaan seperti ini, mengingat sejumlah industri terkena dampak yang cukup serius akibat Pandemi Covid-19. Beberapa perusahaan pun akhirnya memilih keputusan yang sulit mulai dari  terpaksa melakukan lay-off hingga freeze hiring.

Namun, beberapa perusahaan lainnya masih banyak yang berjuang di tengah Pandemi Covid-19 ini, dengan terus mencari talenta terbaik. Proses rekrutmen pun terasa menjadi lebih sulit, mengingat bahwa segala prosesnya terpaksa dilaksanakan secara online  untuk menjaga kontak fisik secara langsung sebagai upaya menekan persebaran virus ini. Oleh karena itu, teknologi sangat berperan besar untuk mencapai kesuksesan. Membangun candidate engagement pun menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk memberikan experience yang baik kepada para kandidat yang mendaftar.

Tidak jarang banyak kandidat yang merasa “sebal” atau tidak nyaman ketika lamaran yang mereka ajukan seakan-akan diabaikan oleh rekruter, karena rekruter tidak memberikan pemberitahuan apa-apa mengenai kelanjutan lamaran mereka tersebut. Hal ini pun menyebabkan kandidat merasa terkena “php” atau harapan palsu dari rekruter. Tentunya akan ada dampak negatif jika hal seperti ini terus dibiarkan terjadi, salah satunya adalah memicu munculnya candidate experience yang buruk.

Candidate experience dimulai dari awal proses kandidat terpapar oleh job posting yang tersedia, kemudian berlanjut pada sesaat setelah kandidat selesai memasukkan lowongan pekerjaan di suatu perusahaan, hingga akhir proses rekrutmen tersebut selesai dilakukan. Menurut riset Kalibrr dalam Kalibrr Insight – Indonesia Millenial’s Recruitment Guide 2019, 58% kandidat yang memiliki candidate experience negatif akan membagikan pengalaman tersebut ke koneksi personal dan profesionalnya. Di sisi lain, 86% kandidat yang memiliki candidate experience positif akan melakukan hal yang sama. Anda harus berhati-hati dengan hal ini, karena dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini seperti hadirnya media sosial, kandidat akan dengan mudah membagikan pengalamannya pada saat menjalani proses rekrutmen di tempat Anda. 

Candidate experience yang positif yang dibagikan dari kandidat bisa membuat kandidat lainnya menjadi berminat untuk bekerja di perusahaan Anda. Sebaliknya jika pengalaman negatif yang dibagikan, dampaknya akan banyak talenta potensial yang kehilangan minat dengan perusahaan Anda, tidak peduli seberapa besar perusahaan Anda tersebut. Maka dari itu, candidate experience merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam proses rekrutmen.

Baca Juga : Tips Efektif Dalam Membangun Candidate Experience yang Positif

Melakukan follow-up dalam setiap tahapan rekrutmen adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan experience yang baik. Kandidat akan merasa lebih dihargai ketika mereka selalu diberikan notifikasi yang konsisten mengenai kelanjutan proses rekrutmen yang mereka jalani.

Salah satu cara yang dapat membantu memudahkan rekruter untuk memberikan follow-up selama proses rekrutmen berlangsung adalah menjaga komunikasi dengan kandidat melalui pesan yang diberikan. Hal ini dapat dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan fitur messages yang tersedia pada software ATS (Applicant Tracking System) Anda. Fitur message Kalibrr, sebagai salah satu solusi teknologi rekrutmen saat ini, membantu rekruter untuk dapat mempersonalisasikan pesan secara langsung yang ditujukan kepada para kandidat yang mendaftar, dan pesan yang dipersonalisasi tersebut dapat disimpan sebagai template sehingga rekruter tidak perlu lagi membuat pesan yang sama secara berulang-ulang untuk kandidat yang mendaftar di kesempatan berikutnya.

Pesan (template) yang sudah Kalibrr sediakan dan pesan yang dipersonalisasi sendiri dapat langsung dikirimkan secara langsung dan bersamaan (blast) kepada para kandidat yang mendaftar. Fungsi lain dari adanya fitur message ini adalah memudahkan rekruter untuk mengajak kandidat agar mendaftarkan diri ke posisi yang sedang tersedia di perusahaannya (Invite-to-Apply).

Ketika rekruter hendak melakukan Invite-to-Apply, rekruter dapat dengan mudah mengirimkan invitationnya dengan pesan yang telah mereka personalisasi sebelumnya. Dengan begitu, acceptance-nya kemungkinan akan menjadi lebih besar karena kandidat merasa diperlakukan dengan lebih spesial.

Apa saja yang ada di dalam Messaging Template Kalibrr?

Automatic messaging trigger adalah bagian di dalam messaging template Kalibrr yang dapat memudahkan Anda untuk mempersonalisasi pesan yang hendak dikirimkan kepada kandidat yang mendaftar di job / lowongan perusahaan Anda. Fungsi utama dari automatic messaging trigger adalah untuk menggantikan pesan default atau template yang sudah disediakan oleh Kalibrr. Dengan mempersonalisai pesan secara manual, engagement yang Anda berikan akan terkesan semakin private.

Yang tersedia di dalam Messaging Trigger adalah:

Apply to job berfungsi memudahkan Anda dalam memberikan notifikasi kepada kandidat, ketika kandidat telah mendaftar di job / lowongan yang sedang terbuka. Ini merupakan langkah awal dalam memberikan follow-up kepada kandidat yang sudah melamar di job / lowongan perusahaan Anda. Pesan ini akan langsung terkirim sesaat setelah kandidat mendaftar.

Candidate is moved merupakan salah satu bagian di dalam fitur messaging template Kalibrr yang paling banyak disukai oleh rekruter. Mengapa demikian? Karena candidate is moved memudahkan rekruter untuk memberikan notifikasi kepada kandidat ketika lamaran mereka telah dipindahkan ke beberapa step yang tersedia di Kalibrr, atau ketika kandidat dipindahkan ke pipeline berikutnya. Banyak kandidat yang menunggu kelanjutan proses dari lamaran yang mereka ajukan, jadi memberikan notifikasi ketika lamaran mereka diproses akan sangat membantu Anda untuk membangun candidate experience yang baik.

Bagian yang satu ini juga tidak kalah penting dengan bagian yang lain, karena candidate is archived membantu rekruter untuk memberikan notifikasi ketika kandidat ternyata kurang cocok dengan posisi yang sedang terbuka dan belum dapat lolos ke tahap rekrutmen selanjutnya. Dengan begitu, kandidat tidak akan merasa kena “php”, karena Anda memberikan notifikasi kepada mereka walaupun notifikasi tersebut memberi tahu bahwa mereka gagal di proses rekrutmen yang dilakukan. Jangan takut, kandidat justru akan merasa lebih baik ketika mereka diberi tahu yang sebenarnya oleh rekruter!

Tidak jarang Anda pasti merasa lelah ketika harus berkali-kali mengganti subjek di dalam pesan yang hendak Anda kirimkan kepada kandidat. Dengan automated field, Anda dapat dengan mudah mengganti subjek di dalam pesan yang hendak Anda kirimkan kepada kandidat secara otomatis. Tidak hanya untuk kandidatnya saja, tetapi juga untuk perusahaannya.

Apa saja yang ada di dalam Fitur Message (in general)?

Send SMS to candidates adalah fitur di dalam fitur messages yang dapat digunakan rekruter untuk mengirimkan notifikasi lewat SMS. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya dapat digunakan ketika kandidat yang melamar telah memverifikasi nomor telepon mereka. SMS yang akan terkirim nantinya bukanlah dari pihak rekruter langsung, melainkan dari pihak Kalibrr. Untuk perusahaan yang sudah subscribe di Kalibrr, fitur ini dapat digunakan free of charge, dengan limit karakter sampai 120 karakter per SMS.

Fitur message Kalibrr sangat mudah untuk digunakan dimana hanya perlu mempersonalisasi pesan yang ingin Anda sampaikan kepada kandidat yang mendaftar. Karena candidate experience menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam proses rekrutmen, fitur ini dapat menjadi fitur terbaik untuk mewujudkan hal tersebut.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan candidate experience, fitur message Kalibrr juga memiliki manfaat untuk Anda sendiri sebagai rekruter, dimana fitur ini dapat membantu rekruter untuk dengan mudah memberi notifikasi kepada kandidat tanpa harus kesulitan melalui tools Kalibrr yang juga sangat mudah untuk digunakan. Anda juga dapat mempersingkat proses follow-up dengan mengirimkan pesan yang dapat di-blast secara bersamaan. Tentunya hal ini akan membantu Anda sebagai rekruter untuk mempersingkat waktu namun dengan jangkauan pesan yang lebih luas dan cepat. Dengan begitu, baik rekruter maupun kandidat akan terus terkoneksi selama proses rekrutmen, sehingga tidak lagi istilah “ghosting” atau “php” dirasakan selama proses rekrutmen berlangsung.

This is like win-win solution for recruiters and candidates! Jadi, tunggu apalagi? Mari bergabung dengan Kalibrr sekarang untuk terus meningkatkan candidate experience dalam proses rekrutmen perusahaan Anda!

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!