Skip to main content
crowdsourcing
Management

6 Tips Jitu Menerapkan Crowdsourcing dengan Hasil Terbaik

By Rahma Yulita Sari on March 26, 2020

Crowdsourcing adalah metode pemecahan masalah yang inovatif dalam bidang rekrutmen yang tentunya membutuhkan pemikiran dan pengawasan dengan cermat untuk mencapai kesuksesan yang maksimal, crowdsourcing menjadi solusi inovatif yang terbukti berhasil dimulai dari meningkatkan produktivitas hingga menemukan talenta berkualitas.

Cara terbaik untuk menggunakan metode crowdsourcing di zaman sekarang ini adalah dengan memanfaatkan penggunaan berbagai platform digital, seperti platform talent sources  dan social media. Terbukti bahwa terdapat peningkatan pengguna internet setiap tahunnya menjadikan Indonesia menduduki peringkat ke-6 terbesar di dunia (sumber: kominfo.go.id). Selain itu, sebagian besar generasi millennials dan gen z menghabiskan lebih banyak waktu di social media dimana para kandidat pasif juga cenderung lebih aktif. Dengan melakukan optimalisasi penggunaan platform talent sources dan social media, akan mendukung hasil maksimal dalam mengimplementasikan metode crowdsourcing.

Untuk lebih dalam lagi, Kalibrr merangkum 6 tips jitu yang dapat Anda terapkan untuk mendapatkan hasil terbaik dalam crowdsourcing!

Ketika Anda pertama kali memulai upaya crowdsourcing, pastikan Anda tahu persis apa yang Anda butuhkan. Mempertahankan arah dan tujuan yang jelas dan terfokus tentunya menjadi tantangan tersendiri, tetapi memulai dari arah yang benar atau menetapkan objective yang jelas pada setiap upaya rekrutmen yang Anda lakukan akan memudahkan Anda untuk mendapatkan kesuksesan yang berkelanjutan. Pastikan goals atau tujuan utama yang ingin Anda capai sebelum memulai proses crowdsourcing, sehingga Anda akan terhindar dari terjadinya “wind changes” ketika Anda sudah mulai melakukan proses crowdsourcing. Perhatikan juga informasi mengenai job description yang ingin Anda tulis, apakah informasi tersebut sudah jelas atau belum, karena tidak jarang Anda mendapatkan hasil yang justru tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan di awal.

crowdsourcing

 

2. Engage secara langsung dengan konsisten

Menjaga berjalannya upaya crowdsourcing Anda secara teratur akan membuat apa yang Anda kerjakan fokus dan berada di jalan yang benar. Terus melibatkan diri secara konsisten memungkinkan Anda untuk dapat memantau kegiatan crowdsourcing yang Anda lakukan. Terjun langsung dan berinteraksi tanpa henti dari awal proses berjalan hingga akhir akan memberikan Anda pengalaman untuk dapat mengevaluasi sendiri apa saja yang sebaiknya diperbaiki, dan apa yang harus tetap dipertahankan di dalam proses tersebut, dengan begitu, Anda akan mendapatkan feedback secara langsung karena Anda juga selalu terlibat dengan prosesnya.

 

3. Berikan feedback individu dan kelompok

Hal penting yang satu ini mungkin sering diabaikan, dimana feedback merupakan salah satu hal yang sangat penting dan dibutuhkan di setiap upaya rekrutmen yang dilakukan, tidak terkecuali crowdsourcing. Anda perlu mengumpulkan feedback individu terhadap individu, juga feedback kepada kelompok. Fungsinya adalah untuk mempererat engagement setiap orang yang terlibat dan juga memudahkan evaluasi ketika proses crowdsourcing selesai dilakukan.

crowdsourcing

 

4. Jujur, produktif, dan saling mendukung

Meskipun penting untuk bersikap positif, biasanya hanya memberikan feedback yang “manis” yang “semuanya baik” justru bukanlah praktik kerja yang baik. Namun, menjadi terlalu pasif dengan tidak pernah memberikan feedback apapun justru lebih buruk daripada itu. Disini kejujuran sangatlah penting untuk dapat mengembangkan ide dan proses yang belum berhasil. Namun, menjadi terlalu kritis tentu saja tidak membantu juga. Lebih baik, cobalah untuk menyeimbangkan feedback dengan pernyataan yang produktif dan jujur, terutama untuk orang-orang yang terlibat langsung dengan proses crowdsourcing yang Anda lakukan. Anda juga perlu menyampaikan kepada semua pihak yang terlibat bahwa feedback yang diberikan secara jujur dan saling mendukung ini bertujuan sebagai alat evaluasi menuju proses rekrutmen yang lebih baik dalam menemukan talenta terbaik yang akan mendukung kesuksesan perusahaan Anda.

 

5. Jangan takut untuk berpartisipasi

Dalam crowdsourcing, ada kecenderungan untuk mundur dan hanya menonton hasilnya saja. Namun, strategi ini akan memberikan hasil yang maksimal ketika setiap pihak yang terlibat dapat secara aktif berkontribusi dari awal hingga akhir proses. Anda dapat membantu memaksimalkan hasil jika Anda ikut langsung berpartisipasi aktif dalam proyek crowdsourcing Anda. Sering kali, orang-orang yang tidak puas dengan hasil crowdsourcing mereka adalah orang-orang yang tidak berpartisipasi dan memandu arah proyek crowdsourcing mereka. Terlibat secara aktif dalam proses dapat membantu Anda ketika terjadi masalah selama upaya ini dilakukan. Dengan mengetahui proses yang sedang berjalan dan bersikap agile terhadap masalah masalah yang timbul dalam proses perencanaan dan juga proses implementasi tentunya problem solving dapat dilakukan lebih mudah. Terlebih lagi ketika ini juga dikolaborasikan secara efekti dengan seluruh pihak yang terlibat dalam proses.

Baca Juga: Agile Recruitment: Faktor Keberhasilan Menerapkan Recruitment 4.0

Satu poin penting lainnya adalah bahwa Anda akan bertemu dan melihat banyak ide dari setiap orang yang terlibat. Beberapa orang yang menjalankan crowdsourcing berharap akan langsung menemukan ide secara praktis dalam sekejap. Namun dalam kenyataannya, kadang-kadang menemukan ide yang sempurna di antara kerumunan membutuhkan waktu dan proses yang tidak dapat dikatakan sebentar. Jika Anda memiliki beberapa ide yang Anda sukai, duduklah bersama mereka sebentar dan catat apa yang sebenarnya Anda sukai dari mereka. Ini juga membantu untuk mencoba mengemukakan alasan Anda menyukai ide tersebut, atau ketika Anda justru tidak menyukainya. Jangan terlalu terpaku pada satu ide saja, karena menjadi seseorang yang terbuka pada ide-ide baru sangat dibutuhkan di dalam proses crowdsourcing ini.

 

Crowdsourcing merupakan pilihan yang tepat untuk menjaring beragam kandidat potensial melalui berbagai platform. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia tentunya akan memudahkan menemukan berbagai pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan Anda. Namun, crowdsourcing membutuhkan perhatian yang mendetail, agar proses crowdsourcing ini berjalan lebih efektif dan efisien untuk Anda menemukan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

CTA