Skip to main content
ROM
Indonesia Success Story

Recruiters of the Month: Vinza Prisliani Dewanti dan Tegar Rahmanto

By Rahma Yulita Sari on December 20, 2019

Meskipun baru berdiri sejak 1,5 tahun lalu tepatnya pada Agustus 2018, PT Bumi Amartha Mandiri (BATM) seakan tidak ingin kalah dengan perusahaan besar lainnya melalui misi mereka yaitu  untuk menjadi salah satu perusahaan IT terbaik di Indonesia. Bagi mereka, hal tersebut dapat diwujudkan dengan merekrut kandidat yang tepat dengan kualitas yang baik.

Vinza dan Tegar merupakan salah satu dari pihak yang memiliki peran besar untuk memastikan bahwa PT. BATM memiliki talenta yang berkualitas di bidang IT. Setelah berhasil merekrut 13 karyawan baru di bulan Oktober dengan menggunakan Kalibrr, Vinza dan Tegar berhasil memenangkan Kalibrr’s Recruiter of the Month Award dengan kategori “The Most Successful Recruiter”

Selamat ya, Vinza dan Tegar! Kalibrr sangat senang dapat mendampingi PT. BATM dalam menemukan talenta baru dengan kualitas yang sesuai dengan ekspektasi perusahaan.

ROM
Berfoto Bersama Vinza dan Tegar, Rekruter PT. BATM yang memenangkan The Most Successful Recruiter

Kenalan dulu, yuk, dengan Vinza dan Tegar!

Berawal dari background pendidikan yang memang seorang lulusan Psikologi, Tegar memilih untuk merintis karirnya sebagai seorang rekruter. Menurutnya, menjadi rekruter adalah pekerjaan yang memberikan banyak pengalaman untuk dirinya. Mulai dari pengalaman yang mengesankan seperti ketika menghubungi para kandidat untuk mengikuti proses rekrutmen selanjutnya, hingga pengalaman menjadi korban candidate ghosting! Bertemu dengan banyak orang baru juga merupakan suatu hal yang menyenangkan bagi Tegar.

Lain halnya dengan Tegar, Vinza sudah lebih lama berkecimpung di dunia rekrutmen, Tahun ini sudah menjadi tahun ke-3 dirinya menjalani pekerjaan sebagai seorang rekruter. Sebelum akhirnya menjadi seorang rekruter, Vinza bercerita kepada tim Kalibrr bahwa dirinya pernah menjadi freelancer untuk HR generalist. Hal positif yang dirasakannya selama menjadi seorang rekruter adalah, bukan hanya membantu kandidat untuk mengikuti serangkaian proses rekrutmen, tetapi rekruter juga bisa mendapatkan ilmu baru setiap harinya dari banyak orang dengan latar belakang yang berbeda.

Menemukan Kandidat Lebih Cepat dengan Kalibrr

Sekarang, PT. BATM membuka program yang dinamakan Graduate Program (GDP). Program GDP ini dikhususkan untuk para fresh graduate dari seluruh Indonesia untuk mengikuti training selama kurang lebih 1 sampai 2 bulan.

Dengan kebutuhan akan kandidat yang banyak dalam waktu cepat, PT. BATM mempercayakan Kalibrr untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Terbukti dengan pengalaman Vinza dan Tegar setelah menggunakan Kalibrr, fitur-fitur yang tersedia di Kalibrr sangat membantu memudahkan proses menemukan kandidat yang baik. Seperti fitur unlimited invite yang bisa digunakan untuk approach kandidat secara langsung.

Kemudian, kemudahan lainnya dirasakan ketika ingin memilih kandidat untuk di-hired. Jika sebelumnya sulit untuk screening kandidat dengan jumlah yang banyak, sekarang hal ini terasa lebih mudah karena Kalibrr menyediakan fitur yang membantu rekruter untuk melihat apakah kandidat tersebut “match” dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Vinza melanjutkan dengan kemudahan yang dirasakan untuk melakukan follow up terhadap para kandidat yang telah mendaftar. Dengan notifikasi yang disediakan oleh Kalibrr ketika rekruter menerima atau menolak lamaran kandidat, sangat membantu dalam menginformasikan kelanjutan lamaran untuk si kandidat itu sendiri, sehingga kandidat tidak akan merasa di-PHP dan mendapatkan candidate experience yang buruk.

“Setelah kita kirim invitation, kita bisa langsung mudah untuk memproses mereka lolos atau nggak dan bisa juga langsung reject kalau memang lamaran mereka kurang oke, jadi mereka juga gampang dapat notifikasi tentang kelanjutan lamaran mereka.”, jelasnya.

Mengurangi Time to Hire

Dari segi waktu, proses rekrutmen terasa lebih cepat setelah menggunakan jasa Kalibrr. Hal yang mendukung berkurangnya Time to Hire dapat dirasakan sesaat setelah memposting lowongan pekerjaan di Kalibrr, dimana sistem akan langsung membantu rekruter menyaring kandidat dengan memberikan rekomendasi kandidat yang match dan yang tidak. Vinza dan Tegar merasakan fitur ini membantu mempersingkat waktu yang biasanya membutuhkan waktu untuk menyaring kandidat melalui proses screening.

“Jadi, ketika kita udah ngepost job, Kalibrr memberikan advice kandidat mana yang minimal satu atau dua bisa match sama kualifikasi dan itu mempermudah kita. Walaupun kandidat ini tidak apply, tapi kita bisa approach mereka untuk apply. Proses rekrutmen pun jadinya lebih mudah dan cepat aja.”

Kesuksesan Vinza dan Tegar sebagai rekruter diharapkan bisa menginspirasi para rekan-rekan rekruter lainnya untuk lebih semangat lagi dalam melaksanakan tugasnya sebagai pintu yang membuka kesempatan bagi kandidat memulai karir di perusahaan. Dengan usaha dan semangat kerja yang tinggi, siapa tahu nantinya kamu yang akan memenangkan Kalibrr’s Recruiter of the Month Award untuk bulan selanjutnya!

Kalibrr hadir untuk membantu proses rekrutmen menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Fitur-fitur yang disediakan oleh Kalibrr mudah untuk digunakan dan pastinya bisa mengurangi kesulitan yang dirasakan sebelumnya.

Penasaran dengan kemudahan yang ditawarkan? Mari bergabung dengan Kalibrr untuk membuat proses rekrutmen menjadi lebih efektif dan efisien sekarang!

cta