Skip to main content
ROM
Indonesia Success Story

Proses Rekrutmen Lebih Mudah dengan Fitur Resume Search Kalibrr

By Rahma Yulita Sari on December 23, 2019

Sebagai perusahaan Multi Nasional yang bergerak di bidang distributor kaca film yang sedang berkembang pesat, PT. Jaya Kreasi Indonesia kini sedang meningkatkan jumlah karyawannya dan mengharuskan praktisi HR untuk menambah jumlah hiring dalam waktu yang singkat.

Namun, bukan hal yang baru kalau proses rekrutmen pasti memakan waktu yang cukup lama, apalagi jika ingin mendapatkan kandidat yang sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Maka dari itu, PT. JKI memilih Kalibrr untuk membantu menyukseskan proses rekrutmen perusahaannya. Kepercayaan akan kualitas Kalibrr ini membuat rekruter PT. JKI, Nathalia, menjadi salah satu pemenang Kalibrr’s Recruiter of the Month dalam kategori “The Most Engaging Recruiter” karena telah berhasil mengundang 336 kandidat.

Selamat ya, Nathalia!

rom
Tim Kalibrr Indonesia berfoto bersama Nathalia, rekruter yang memenangkan Kalibrr's Recruiter of the Month

Mengenal Proses Rekrutmen di PT. Jaya Kreasi Indonesia

Proses rekrutmen yang dilakukan PT. JKI tidak begitu berbeda dengan proses rekrutmen pada umumnya, dimana prosesnya meliputi proses screening, panggilan interview, psikotes & tes kemampuan bakat, dan yang terakhir adalah proses offering.

Rekruter di PT. JKI adalah orang yang bertanggung jawab untuk menyaring kandidat yang masuk untuk kemudian diundang untuk mengikuti proses rekrutmen selanjutnya. Proses screening kandidat tentunya bukan pekerjaan yang mudah dan cepat, karena rekruter harus jeli dalam melihat satu per satu kandidat yang melamar.

Ketika kandidat sudah lolos dalam proses screening, kandidat kemudian akan dihubungi untuk mengikuti proses interview. Kandidat akan ditangani langsung oleh user dan HR manager pada saat proses interview berlangsung di tahap awal. Kemudian, Nathalia melanjutkan setelah proses interview selesai dan kandidat dianggap cocok, baru kandidat akan dihubungi kembali untuk melakukan psikotes dan tes kemampuan bakat lainnya.

Hambatan dalam Proses Rekrutmen

Di era yang serba teknologi sekarang, istilah lowongan sedikit dan jobseeker banyak sudah tidak berlaku lagi. Justru muncul istilah baru yang disebut Talent War. Ini adalah keadaan dimana munculnya persaingan pada bidang SDM untuk merekrut dan mempertahankankan karyawan yang memiliki talenta dan skill yang mumpuni. Ternyata, hal ini juga dirasakan oleh Nathalia saat menjalani proses rekrutmen, dimana dirinya merasa kesulitan untuk menemukan kandidat yang diinginkan karena “kehabisan” kandidat.

“Setiap divisi pastinya beda-beda untuk kebutuhan yang diminta dari para kandidatnya. Jadi, memang saya mencari yang sesuai dengan kebutuhan dari setiap divisi tersebut. Makanya penggunaan job portal seperti Kalibrr ini sangat dibutuhkan disini. Apalagi yang saya cari sekarang ini adalah kandidat-kandidat yang memiliki kriteria yang spesifik.”, ujar Nathalia saat ditanya mengenai hambatan yang dirasakan dalam proses rekrutmen.

Fenomena candidate ghosting juga tidak luput dari hambatan selama proses rekrutmen berlangsung. Ketika kandidat sudah dinilai cocok dan diundang untuk datang menjalani proses selanjutnya, justru kandidat tersebut yang tidak muncul.

“Ketika sudah dicari, ternyata tidak ada yang oke. Ketika sudah menemukan yang oke, malah kandidatnya yang tidak datang. Itu sering terjadi, sih, dan tantangan terbesarnya disitu.”, tambahnya.

Perbedaan yang Dirasakan dengan Kalibrr

Setelah menceritakan hambatan yang dirasakan selama proses rekrutmen, Nathalia beralih dengan mengungkapkan apa yang dirasakannya setelah menjalani proses rekrutmen bersama Kalibrr. Dari segi kandidat, kualitas kandidat yang terdaftar di Kalibrr sudah sesuai dengan kebutuhan PT. JKI.

Selain candidate profile yang terdaftar di Kalibrr lebih baik dan lebih terforsir, kandidat yang dihubungi pun memberikan respon positif dan cepat tanggap untuk memberikan kesanggupan mengikuti proses rekrutmen selanjutnya, sehingga candidate ghosting sudah sedikit berkurang. Hal ini tentunya sangat membantu para divisi-divisi yang ada di PT. JKI untuk memenuhi kebutuhan menemukan kandidat dengan kualifikasi yang beragam.

Ketakutan akan kehabisan kandidat pun sudah mulai berkurang dengan adanya fitur resume search Kalibrr, dimana fitur ini membantu memudahkan Nathalia untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi dan ekspektasi perusahaan. Direct approach yang dilakukan juga terasa lebih mudah dan interaktif karena Nathalia bisa langsung mengajak kandidat untuk melamar melalui fitur invite to apply.

 

Semoga kesuksesan Nathalia mendapatkan Kalibrr’s Recruiter of the Month dapat memotivasi Anda untuk terus maju dan berkembang sebagai seorang rekruter. Jangan lupa juga agar tetap menggunakan Kalibrr dan raih kesempatan untuk mendapatkan penghargaan bergengsi ini!

Bagi Anda yang belum bergabung bersama Kalibrr, mari temukan kandidat berkualitas dengan mudah bersama kami, seperti yang sudah Nathalia lakukan. Kami siap membantu Anda untuk memiliki proses rekrutmen yang lebih mudah dan efisien.

Mari beralih ke Kalibrr sekarang!

cta