Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Mengoptimalkan Penggunaan Fitur-fitur yang Tersedia: Tips Rekrutmen ala Yosi Putri
For Jobseeker

Mengoptimalkan Penggunaan Fitur-fitur yang Tersedia: Tips Rekrutmen ala Yosi Putri

Karina

November 08 • 7 min read

Teknologi Informasi atau yang lebih dikenal dengan istilah IT adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam bidang komunikasi dan informasi. Zaman sekarang, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tenaga IT untuk membantu mengembangkan perusahaan mereka. Namun sayang, lulusan/pekerja IT masih bisa dibilang belum menyeimbangkan banyaknya perusahaan yang membutuhkan tenaga mereka. PT. Indocyber Global Technology hadir sebagai salah satu solusi untuk menjembatani permasalahan tersebut.

PT. Indocyber Global Technology adalah sebuah perusahaan yang memiliki core business IT consultant, digital marketing, IT product, dan IT infrastructure. Salah satu core business dari Indocyber terfokus di bidang IT consultant. Indocyber bekerja sama sebagai sebuah mitra dengan perusahaan lain dan menyediakan IT professional untuk bekerja on site di perusahaan tersebut. Saat ini, perusahaan Indocyber telah memiliki kurang lebih 500 karyawan.

Kesuksesan pencarian karyawan di Indocyber ini sangat lekat dengan peran Yosi Putri sebagai salah satu HR di sana. Setelah menggunakan Kalibrr, Yosi merasakan banyak sekali kemudahan yang didapatkannya, terutama untuk proses rekrutmen. Yosi juga menekankan bahwa fitur-fitur yang disajikan oleh Kalibrr sangat membantu memberinya kemudahan dalam menjalankan proses rekrutmen. Alasan inilah yang kemudian membuat Yosi menggunakan Kalibrr di proses rekrutmennya.

Selain itu, Yosi mengatakan bahwa sebagian dari karyawan yang direkrutnya selama setahun terakhir, didapatkan melalui Kalibrr. Karena kesuksesannya dalam merekrut, Kalibrr menjadikannya sebagai pemenang Kalibrr’s Recruiter of the Month Awards dalam kategori “The Most Successful Recruiter”.

recruiter of the month

 

Mengutamakan Pengalaman dan Kemampuan Beradaptasi

Ketika tim Kalibrr berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan Yosi Putri, Yosi mengatakan bahwa job opening di Indocyber ini lebih melihat experience para kandidatnya. Dengan tipikal industri yang merupakan IT consultant, para karyawan diharapkan akan mampu untuk selalu mengeksplorasi dan sharing dengan para IT consultant lainnya. Itulah alasan mengapa Indocyber mencari kandidat yang mudah beradaptasi. Hal ini penting karena nantinya, setelah menjadi karyawan, mereka akan bekerja on site di perusahaan partner.

Proses Rekrutmen Menjadi Lebih Mudah

Selama menggunakan Kalibrr, Yosi dengan senang menceritakan bahwa dirinya merasa sangat terbantu dengan adanya fitur-fitur menarik yang ada di Kalibrr, terutama fitur template. Dengan adanya fitur template juga memudahkan untuk memindahkan beberapa kandidat yang under qualified ke template yang langsung direct ke bootcamp. Kemudahan lainnya juga didapatkan dengan adanya fitur message system, dimana baik rekruter maupun kandidat dapat saling berkomunikasi dengan mudah dan tanpa adanya batasan. Dengan memanfaatkan fitur message system ini, tim rekruter tidak perlu repot lagi jika kandidat yang hendak dihubungi tidak dapat menerima panggilan, karena bisa langsung menghubungi lewat fitur message system dimana kandidat lebih responsif.

Tips & Trick untuk Successful Recruitment

Setelah selesai dengan antusiasnya bercerita tentang proses rekrutmen di Indocyber, dan fitur Kalibrr yang menjadi favoritnya, Yosi juga membagikan tips and trick untuk menjadi rekruter yang sukses. Apalagi ditambah dengan keberhasilannya memenangkan Kalibrr’s Recruitment of the Month Awards, tentunya tips and trick ini diharapkan bisa bermanfaat untuk para praktisi HR lainnya.

1. Research mengenai fitur-fitur job portal yang digunakan

Ini merupakan hal yang sangat penting saat memutuskan untuk menggunakan job portal. Yosi menyarankan para rekruter untuk mencari tahu terlebih dahulu apa saja fitur-fitur beserta fungsi-fungsi yang tersedia di job portal yang digunakan. Jika rekruter sudah mengoptimalkan penggunaan fitur dan mengetahui fungsi dari masing-masing fitur yang tersedia, maka hal itu akan memudahkan rekruter pada saat proses perekrutan.

2. Manfaatkan fitur message

Dengan memanfaatkan fitur message, tidak ada lagi kendala komunikasi antara rekruter dan para kandidat yang mendaftar. Proses pertukaran informasi pun bisa dilakukan dengan lebih mudah kapan saja dan dimana saja. Yosi juga sangat menyukai fitur message ini, dimana fitur ini memudahkan dirinya untuk bisa reach out kandidat yang susah untuk dihubungi. Yosi mengatakan bahwa beberapa kandidat justru lebih aktif saat dihubungi lewat fitur message Kalibrr dibandingkan saat dihubungi langsung lewat telepon.

3. Gunakan fitur keyword

Yosi mengatakan, fitur keyword yang ada juga sangat membantu rekruter untuk mencari kandidat secara spesifik yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Mengerucutkan pelamar dengan fitur keyword ini membantu rekruter untuk lebih cepat menemukan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Maka dari itu, dengan kemudahan mencari kandidat yang sesuai, proses rekrutmen pun bisa berjalan lebih cepat.

Kalibrr berharap, kesuksekan Yosi Putri, praktisi HR Indocyber dalam memenangkan Kalibrr’s Recruiter of the Month Award mampu meningkatkan semangat praktisi HR lainnya untuk lebih giat lagi dalam melaksanakan pekerjaannya, agar berhasil merekrut banyak kandidat potensial yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan mereka. Siapa tahu, Anda yang jadi pemenang berikutnya, kan? Jangan khawatir, Kalibrr akan terus mendampingi untuk mencapai target rekrutmen sesuai dengan ekspektasi Anda!

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!