Skip to main content
crowdsource recruitment
Management

Crowdsource Recruitment: Aspek Penting dalam Recruitment 4.0

By Rahma Yulita Sari on November 19, 2019

Proses rekrutmen yang sudah berkembang sejalan dengan berkembangnya teknologi, membuat banyak istilah baru dalam proses rekrutmen muncul. Salah satunya adalah istilah “Crowdsourced Recruitment”. Istilah ini muncul berdampingan dengan kemunculan dari Recruitment 4.0. Dapat dikatakan bahwa Crowdsourced Recruitment adalah salah satu langkah rekruter untuk beradaptasi dengan tantangan Recruitment 4.0.

Crowdsourced Recruitment adalah istilah umum untuk menggambarkan perusahaan yang melakukan sourcing kandidat melalui komunitas, untuk mendapatkan pekerja dari publik (crowd) dengan mendayagunakan online platform berbasis web maupun aplikasi.

Bagi rekruter, crowdsource recruiting bisa diibaratkan sebagai sumber kehidupan. Manfaat bisa ditemukan dari penghematan waktu dan usaha yang signifikan. Mencari, memilih, dan menghubungi kandidat biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih lagi jika kandidat yang terpilih tersebut kurang responsif dan susah untuk dihubungi.

Crowdsourcing juga dapat membantu mengurangi biaya dalam proses rekrutmen dimana Anda dapat menyaring resume yang telah disaring terlebih dahulu oleh penyedia rujukan. Kecepatan perekrutan juga meningkat, karena Anda bisa menjelajahi jaringan talenta yang lebih luas lagi.

Menempatkan lowongan pekerjaan dalam platform rekrutmen akan membuat rekruter lebih cepat menemukan kandidat yang diinginkan. Percaya atau tidak, di zaman yang sudah serba digital, memunculkan generasi yang tech-savvy, dimana mereka lebih suka untuk mencari lowongan pekerjaan melalui platform rekrutmen karena akan lebih mudah untuk mencari lowongan pekerjaan yang cocok dan sesuai untuk mereka.

 

·   Giving advantages for job seekers and recruiters

crowdsource recruitment

 

Hal ini tidak hanya membawa keuntungan pada job seeker saja, melainkan juga untuk para rekruter. Dengan memasang lowongan pekerjaan dalam platform rekrutmen, para kandidat potensial akan muncul dengan sendirinya ketika mereka merasa tertarik untuk mendaftar. Kehadiran crowdsourcing akan membantu rekruter mempermudah pekerjaannya, dimana rekruter tidak perlu menyaring kandidat secara manual, karena kandidat yang lolos adalah kandidat yang sudah sesuai dengan apa yang mereka butuhkan karena adanya teknologi artificial intelligence yang mampu dengan cepat mencocokkan profil kandidat dengan kebutuhan perusahaan.

Hadirnya crowdsource recruitment juga mampu memberikan transparansi ke kandidat mengenai lowongan apa saja yang tersedia di perusahaan, sehingga kandidat akan dengan mudah juga menemukan perusahaan atau jenis pekerjaan yang paling sesuai dengan minat mereka. Tidak ada batasan waktu dan tempat untuk melamar pekerjaan, situasi yang sangat menguntungkan untuk kandidat dan rekruter.

 

·   Sarana untuk menciptakan talent pool

Mengumpulkan banyak kandidat hanyalah bentuk dari daya tarik, bukan sistem perekrutan otomatis yang bisa langsung memilih kandidat langsung setelah kandidat tersebut masuk ke dalam sistem. Crowdsource cenderung hanya digunakan untuk Anda bisa mendapatkan rekomendasi kandidat potensial agar bergabung dengan perusahaan Anda. Tetapi, tidak hanya sebatas itu saja. Kandidat yang mendaftar juga perlu menyerahkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan seperti resume, CV, dan mengikuti prosedur yang ada seperti melakukan interview.

Dengan data kandidat yang sudah terkumpul lengkap, hal tersebut merupakan aset yang sangat berharga untuk rekruter. Terutama jika profil kandidat tersebut sesuai dengan kualifikasi yang telah ditetapkan, maka recruiter dapat dengan mudah membuat Talent Pool. Adanya talent pool ini akan sangat membantu rekruter mempercepat proses hiring dikarenakan kandidat yang berada di talent pool dapat dipastikan tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Akan tetapi untuk membangun kedekatan dengan semua kandidat yang ada di talent pool bukanlah hal yang mudah. Rekruter perlu mengalokasikan banyak waktu dan pikiran untuk membuat aktivitas yang menarik supaya talent pool tersebut tidak menjadi “dingin” supaya ketika perusahaan membutuhkan kandidat untuk mengisi lowong maka talent pool tersebut merespon dengan baik.

Jika membentuk dan mengelola talent pool masih menjadi tantangan tersendiri, tidak perlu khawatir. Kalibrr hadir sebagai solusi rekrutmen Anda. Dengan lebih dari 1 juta talent pool berkualitas dari berbagai latar belakang pengalaman, Kalibrr mampu menyediakan kandidat berkualitas yang diperlukan oleh perusahaan. 

·   Manfaat Crowdsource Recruitment

Memanfaatkan kekuatan ‘crowd’ tidak hanya memungkinkan rekruter untuk mampu menjangkau jaringan yang luas, tetapi juga memungkinkan mereka untuk bisa melihat profile kandidat lebih jauh untuk menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, manfaat lainnya bisa dilihat dari kecepatan proses rekrutmen. Menemukan kandidat potensial bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi dengan crowdsource recruiting dengan jaringan yang besar dan luas, menemukan kandidat potensial akan menjadi lebih cepat.

Manfaat nyata dari Crowdsource ini bisa ditemukan dalam platform Kalibrr, dimana Kalibrr menyediakan beragam fitur-fitur menarik yang mendukung rekruter untuk dapat menyeimbangkan perkembangan Recruitment 4.0. Dengan adanya Crowdsource Kalibrr, akan memudahkan rekruter untuk menemukan kandidat potensial yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan mereka dimana Kalibrr menyediakan banyak kandidat dalam jangkauan yang sangat luas. Kalibrr juga telah bekerja sama dengan berbagai universitas termuka baik di dalam dan luar negeri untuk memastikan ketersediaan kandidat yang kontinu.

Jadi tunggu apalagi? Bergabunglah dengan Kalibrr sekarang dan temukan Future Leader untuk perusahaan Anda.

cta