Skip to main content
idn
Indonesia Success Story

Recruiters of the Month: Merina Anindita dan Shofia Hajaraswati

By Tanisha Harahap on August 5, 2019

Kali ini, Recruiter of the Month Kalibrr lebih spesial! Kalibrr mendatangi 2 wanita cantik dari IDN Media sebagai pemenang “The Most Successful Hires”! Dari hasil kerja keras mereka berdua, mereka berhasil merekrut 8 kandidat baru! Siapakah mereka? Mereka adalah Meriana Anindita dan Shofia Hajaraswati, anggota recruiting team dari IDN Media.

Selamat ya untuk kalian berdua! 

Mengenal Recruiting Team IDN Media.

Sebagai perusahaan media yang tengah berkembang pesat, IDN Media harus tetap memastikan bahwa seluruh karyawannya memiliki motivasi kerja yang tinggi. Oleh karena itu, Merina dan Shofia bekerja hand in hand untuk memastikan kualitas kandidat rekrutmen baru di IDN Media memiliki standar dan kriteria yang sesuai. Ibaratnya mereka berdua seperti “two peas in a pod,” keduanya klop banget!

idn
Secara berurutan, Merina (IDN Media), Tanisha (Kalibrr), Filia (Kalibrr), dan Shofia (IDN Media). Kunjungan tim Kalibrr ke IDN Media untuk mempersembahkan penghargaan “Kalibrr’s Recruiter of the Month”

Pertama-tama, ayo kita berkenalan dulu dengan Merina. Merina bergabung di IDN Media di tahun 2017 sebagai salah satu HR rekruter. Uniknya, gadis lulusan bidang administrasi ini sebelumnya pernah bekerja di salah satu bank terkemuka Indonesia, tetapi karena ia lebih tertarik di bidang rekrutmen, di tahun 2017 Merina beralih untuk bekerja sebagai rekruter di IDN Media. Tanpa memandang latar belakangnya di bidang yang berbeda, ia pun diterima untuk menjadi salah satu rekruter di IDN Media. Dalam ketertarikannya di dunia rekrutmen, Merina senang berinteraksi dengan kandidat yang sedang di wawancara. Dari serangkaian interview yang pernah dijalankan, di situlah Merina belajar berbagai macam karakteristik kandidat yang berbeda-beda, dan membantu mereka mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Menariknya, ia menganggap dirinya seperti seorang “cupid”, seorang perantara yang mencocokkan kandidat dengan pekerjaan yang tepat. 

Di lain sisi, rekan kerja Merina, Shofia, memang memiliki latar belakang pendidikan di bidang psikologi. Sebelum menjadi karyawan tetap di IDN Media, wanita yang sempat bekerja sebagai seorang freelance di salah satu perusahaan startup di Jakarta ini memang tertarik untuk mendalami bidang human psychology. Dari pengalamannya, sifat adaptability merupakan salah satu karakteristik penting yang harus dimiliki oleh para rekruter. Jadi, saat ia harus berhadapan dengan kandidat, Shofia harus selalu siap menghadapi perbedaan karakter dan sifat kandidat yang berbeda. 

“Karakteristik manusia memang selalu unik dan unpredictable, sudah menjadi kewajiban seorang rekruter untuk dapat beradaptasi dengan perbedaan tersebut,” ujarnya.

Alasan Mengapa Kalibrr Menjadi Platform Rekrutmen Pilihan IDN Media

Perkembangan tren di era digital menjadi salah satu alasan mengapa anggota tim rekrutmen di IDN Media memilih Kalibrr sebagai sumber pilihan untuk mencari dan merekrut kandidat baru. Sesuai dengan target audience di IDN Media yang sebagian besar merupakan kaum Gen Z dan milenial, hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Kalibrr menjadi recruitment platform yang terpilih. Kebutuhan mereka untuk mencari kandidat yang fresh dan youthful terpenuhi karena database Kalibrr yang diramaikan oleh banyak kandidat dari generasi milenial. 

Selain itu, mereka memberikan beberapa insights mengenai fitur Kalibrr yang membantu memudahkan sistem rekrutmen di IDN Media. Salah satu contohnya adalah fitur resume search. Dengan fitur ini, para anggota tim rekrutmen dengan mudah dapat meng-sourcing CV puluhan kandidat. Melalui beberapa klik saja, mereka dapat langsung mencari kandidat yang sesuai dan mengundang mereka untuk melampirkan aplikasi lamarannya melalui platform Kalibrr. 

Bukan hanya fitur resume search saja, kini anggota tim rekrutmen IDN Media juga dapat melampirkan beberapa job posts mereka di berbagai platform. Hal ini sangat membantu untuk mempromosikan penawaran pekerjaan yang sedang tersedia. Respon yang mereka dapatkan juga sangat positif. Sebagian besar kandidat yang terdaftar di Kalibrr memiliki kualitas yang memenuhi syarat dan kebutuhan rekrutmen mereka, dan karena job posts mereka tersebar dan mencapai jangkau yang lebih luas, mereka pun mendapatkan lamaran pekerjaan yang lebih banyak.

Tips Andalan Recruiting Team di IDN Media

Tentunya IDN Media juga memiliki target demografi kandidat yang diidamkan, seperti target umur, skillset, serta passion di bidang media, ataupun persyaratan lainnya yang tentunya dapat membantu perusahaan mereka mencapai target tertentu.

Apa saja nih tips-tips dari anggota tim rekrutmen IDN Media demi mendapatkan kandidat yang sesuai?

  1. Pahami sepenuhnya siapa target kandidat Anda. Distribusikan job postings di platform yang diramaikan oleh kandidat yang memiliki persyaratan yang sesuai. Seperti contohnya, database Kalibrr yang memiliki populasi kandidat milenial menjadi salah satu alasan mengapa IDN Media beralih untuk menggunakan Kalibrr demi mendapatkan kandidat yang diinginkan.

  2. Gunakan self-assessment test. Beberapa posisi di IDN Media memiliki kriteria yang membutuhkan kemampuan attention to detail. Dengan menggunakan self-assessment test, para rekruter dapat menguji skillset kandidat secara langsung dan menilai keterampilan mereka. 

  3. Pastikan adanya komunikasi dua arah antara rekruter dan kandidat. Fitur messaging di Kalibrr memberikan akses kepada para rekruter dan kandidat untuk saling bertukar informasi mengenai progres dalam tahap rekrutmen para kandidat. Fitur ini sering digunakan oleh tim rekrutmen IDN Media untuk memberikan materi yang ingin diuji kepada kandidat yang melamar untuk posisi copywriter. 

Strategi IDN Media untuk Mengembangkan Branding Perusahaan

Talent wars? Siapa takut! Anggota tim rekrutmen di IDN Media sudah memiliki strategi jitu untuk menyelesaikan masalah nomor satu di kalangan dunia rekrutmen ini. Perusahaan yang memiliki latar belakang di bidang media ini tentunya mengandalkan perkembangan era digital sekarang, apalagi sejak berkembangnya dunia media sosial. Mereka menggunakan kemudahan media sosial untuk membagikan kegiatan sehari-hari untuk dan suasana kerja di IDN Media. Mereka juga tidak lupa untuk menunjukan cerita dan pengalaman kerja para karyawan di IDN Media. Tim media sosial IDN Media turut membantu untuk menggunakan platform medsos untuk menceritakan tentang kehidupan para karyawan. Ini merupakan salah satu strategi employer branding, lho.. Bisa banget untuk dicontoh, ya!

Kalibrr senang sekali dapat membantu IDN Media dalam memberikan solusi rekrutmen. Semoga IDN Media dapat merekrut kandidat-kandidat berkualitas lebih banyak lagi di masa depan bersama kami!