Skip to main content
Kalibrr dalam acara Grand Launching DailyAct
All About Kalibrr

Mau Karir kamu cepat naik? Ikuti 5 cara ampuh ini!

By Diah Wahyu Asih on August 26, 2019

Pengalaman udah banyak, training udah setiap bulan, CV udah lengkap, kok masih belum dapat kerjaan ya? Atau kamu bingung udah kerja lama-lama tapi belom dapat promosi juga? Mungkin dari kita ada yang pernah dapat masalah saat meniti karir yang mirip seperti ini. Semua kualifikasi dan syarat perusahaan sudah dipenuhi tapi masih aja belum bisa memuaskan HRD. Nah Kalibrr pernah mau kasih tahu kalau memepercepat karier itu nggak semuanya masalah kemampuan teknis tapi soft skill juga berpengaruh loh! Kalibrr pernah coba riset tentang soft skill dan hasilnya 65% rekruter/user lebih puas kalau kandidat itu bisa menunjukan kemampuan ini. Pertanyaannya, soft skill seperti apa sih yang dibutuhkan?

Andrew Nugraha Patty (tengah) saat menghadiri grand launching DailyAct
Andrew Nugraha Patty (tengah) saat menghadiri grand launching DailyAct​​​​

Bersamaan dengan grand launching aplikasi DailyAct, Kalibrr membahas mengenai kemampuan seperti apa sih yang seorang profesional harus latih untuk kesuksesan karir. Dibawakan oleh Andrew Nugraha Patty, Research Lead Kalibrr, ternyata ada 5 soft skill yang saat ini sedang dicari.

1. Komunikasi
Komunikasi efektif secara lisan maupun tertulis sangat penting untuk profesional dalam dunia pekerjaan. Untuk dapat sukses dalam karir, seseorang harus mampu menyampaikan gagasan, pesan, dan perasaan dengan cara yang baik dalam kontak sosial yang baik pula. Nah tips untuk hal ini adalah banyak-banyak mendengarkan daripada berbicara. Eits, tapi nggak sekadar mendengarkan loh, melainkan juga turut mengerti poin apa yang disampaikan.

2. Solution Oriented
Jika kita ingin meningkatkan karir, kita harus bisa menjadi The Strategist. Maksudnya adalah kita harus menjadi orang yang dapat memberikan solusi hebat tidak hanya ulung dalam mengidentifikasi masalah yang ada. Jadi, always approach your manager with a solution, not a problem.

3. Empati
Empati berbeda dengan simpati. Empati sangat erat kaitannya dengan kemampuan untuk memahami proses berpikir seseorang dan perasaan orang lain. Ini akan memudahkan kamu dalam menghindari konflik yang ada dalam tim.

4. Manajemen Waktu
Kemampuan yang ini berhubungan produktivitas dalam bekerja. Manajemen waktu adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan waktu secara efektif atau produktif, terutama di tempat kerja. Ada 3 tips yang bisa Kalibrr berikan untuk kamu melatih manajemen waktu. Yang pertama set the goal. Tentukan tujuan-tujuan yang ingin kamu capai hari ini. Kedua adalah planning. Rencana yang baik akan memberikan hasil yang sempurna. Terakhir, take action. Dengan membuat to-do-list akan membantumu meraih ini semua dan meningkatkan manajemen waktu kamu.

5. Growth Mindset
Ini nih yang paling sering dan paling susah dilatih. Buat kamu yang suka julid mungkin butuh waktu lama untuk melatih ini. Growth mindset adalah pola pikir seseorang yang percaya kompetensi mereka dapat terus dikembangkan. Mereka akan terbuka pada setiap kritik yang membangun dan tidak suka mengeluh. Mereka juga selalu ingin belajar serta mengapresiasi setiap prestasi orang lain.

“Kesuksesan adalah sebuah perjalanan yang berkesinambungan. Oleh karena itu, begitu Anda merasa bahwa Anda sudah mencapai kesuksesan, jangan cepat puas dan melupakan soft skills yang telah Anda kuasai, tapi jagalah kesuksesan itu dan strive for more.” Kata Andrew

Intinya soft skill itu butuh waktu dan upaya untuk menguasainya. Kunci utama yang bisa kamu dapatkan adalah konsisten dan komitmen. 2 hal ini saling berhubungan. Tanpa konsistensi maka kamu akan mudah menyerah dalam melatih kemampuan kamu. Di lain hal, karena manusia suka mencari alasan, tanpa komitmen yang jelas maka seseorang akan sulit untuk mendapatkan target yang tinggi.

Nah selain berbicara mengenai soft skill, Kalibrr juga mengadakan aktivitas lainnya loh. Ada permainan virtual reality (VR) dan tanya jawab seputar karir dan pengembangan kemampuan. Di booth VR Kalibrr, kamu bisa melatih kemampuan kamu bermain Beat Saber. Dijamin bakal menguras keringat. Kalibrr juga membuka kesempatan kalau kamu punya masalah dalam pekerjaan. Nantinya pertanyaan ini akan dibahas melalui media sosial Kalibrr.

Cek di sini untuk informasi acara Kalibrr!