Skip to main content
BCA Finance
Indonesia Success Story

Kalibrr's Recruiter of the Month: Recruiting Team BCA Finance

By Tanisha Harahap on August 5, 2019

Pada bulan Juni lalu, Kalibrr berkunjung ke kantor BCA Finance untuk memberikan penghargaan Kalibrr’s Recruiter of the Month Award, sekalian berbincang-bincang dengan dua perwakilan dari anggota tim rekrutmen BCA Finance, yaitu Kharisma Idama Diati dan Andri Gunawan. Selain berbincang santai dengan mereka, tim Kalibrr juga sempat melihat suasana di kantor BCA Finance dan berkenalan dengan seluruh anggota tim rekrutmennya. Ternyata suasana kantornya terasa sangat warm and homey, dengan desain ruangan yang terang dengan paduan warna yang cerah. Tidak heran jika para anggota tim rekrutmen BCA Finance memiliki semangat yang begitu energik. Didukung dengan mood kantor yang kondusif dan spirit kerjasama antar tim yang tidak kalah suportif, tidak heran kalau anggota tim rekrutmen BCA Finance kali ini berhasil memenangkan penghargaan “The Most Active Recruiter”. Tidak tanggung-tanggung, mereka berhasil meng-shortlist 7500 kandidat!

bca finance
Anggota tim rekrutmen BCA Finance di saat menerima penghargaan Kalibrr’s Recruiter of the Month

Peran Kalibrr dalam Proses Rekrutmen BCA Finance

Sebagai salah satu perusahaan ternama di Indonesia, tentu mereka menginginkan kandidat dengan kualitas tinggi yang memenuhi persyaratan kriteria di BCA Finance. Andri mengaku bahwa ia sering menemukan kandidat dengan kriteria yang sesuai melalui database kandidat di Kalibrr. Dengan fitur resume search, mereka dapat memilih kandidat yang diinginkan dan lalu dapat langsung dipindahkan ke proses shortlist. Mereka juga menggunakan fitur ATS tracking untuk memaksimalkan proses rekrutmennya. Melalui fitur ATS, mereka dapat stay up to date dengan kandidat-kandidat mana saja yang telah di shortlist dan yang layak untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Tips untuk Direkrut oleh BCA Finance

Untuk para fresh graduates yang berminat untuk bekerja di BCA Finance, simak nih apa saja informasi yang perlu kalian ketahui!

BCA Finance biasanya membuka posisi management trainee (MT) yang terbagi menjadi empat divisi, yaitu: bisnis, operasional, IT dan strategic. “Sebenarnya untuk direkrut menjadi salah satu karyawan management training (MT) di BCA Finance tidak terlalu ribet. Proses seleksi administrasinya cukup straightforward. Hal utama yang dilihat tentunya CV screening terlebih dahulu,” ujar Kharisma, lulusan program management training BCA Finance yang kini bekerja sebagai anggota tim rekruter. 

Setelah memiliki pengalaman yang cukup di bidang rekrutmen, tips tim BCA Finance untuk mempermudah dan mempercepat proses rekrutmen adalah dengan menyortir kandidat berdasarkan nilai IPK, almamater dan jurusan yang tepat. Tim rekruter juga menilai kandidat berdasarkan pengalaman organisasi maupun profesional. Tak lupa skill set seperti cara berkomunikasi juga menjadi bahan pertimbangan.

Employer branding - Solusi untuk Menangani Tantangan Rekrutmen

Jika ditanya mengenai tantangan, terkadang terdapat ribuan kandidat yang mendaftar, tapi belum ada yang nyantol karena belum memenuhi kriteria yang diinginkan. Nah, bagaimanakah solusi BCA Finance untuk mengatasi tantangan ini? Employer branding dipercaya sebagai solusi terbaik untuk menarik kandidat yang tepat untuk semakin memahami dan mengenal BCA Finance.

BCA Finance sempat mengadakan talkshow yang diberikan judul "coffee talk". Talkshow ini mengundang mahasiswa tingkat atas untuk datang berkunjung ke kantor BCA Finance. Dalam acara tersebut, para mahasiswa yang hadir bukan hanya diberikan penjelasan mengenai dunia kerja, tetapi juga diberikan insights seputar pengembangan karir, yang tentunya sangat berguna untuk para mahasiswa yang hadir. Ada juga beberapa tes psikotes yang dapat mereka kerjakan untuk mengetahui kemampuan dan pekerjaan seperti apa yang cocok untuk mereka. Sangat bermanfaat ya kegiatan seperti ini! 

Senang sekali tim Kalibrr diberikan kesempatan untuk bermain dan berbincang bersama tim rekruter BCA Finance. Kalibrr sangat antusias untuk melihat perkembangan BCA Finance kedepannya. Jangan khawatir, Kalibrr akan terus mendampingi Anda untuk mencapai target dan tujuan dalam dunia rekrutmen yang diinginkan.

Sekali lagi, kami ucapkan selamat kepada recruiting team BCA Finance!