Skip to main content
Perhimpunan Pelajar Indonesia Visit DANA Indonesia bersama Kalibrr
All About Kalibrr

#BrrTamu ke DANA Indonesia: Ciptakan Suasana Modern Indonesia, Lahirkan Ide Nyata

By Diah Wahyu Asih on August 9, 2019

Jakarta, 8 Agustus 2019 - Masih dalam rangka kunjungan ke perusahaan, kali ini rekan-rekan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) diajak Kalibrr untuk berkeliling ke markas salah satu startup teknologi finansial (fintek) teranyar di Indonesia yaitu DANA. Mahasiswa/i universitas luar negeri ini diberikan pengalaman langsung bagaimana suasana bekerja di kantor yang sangat mendukung terciptanya sebuah ide. Selain itu, dalam acara ini mereka juga diberikan penjelasan mengenai bekerja sebagai product owner atau product manager.

Bertempat di gedung Capital Place, Kuningan, acara ini dibuka dengan sambutan oleh Agustina Samara, selaku Chief People Officer (CPO) DANA. Agustina Samara menceritakan bagaimana DANA berfokus pada talenta terutama para engineer yang sedang sangat dibutuhkan Indonesia saat ini.

Agustina Samara - Chief People Officer DANA Indonesia
Agustina Samara - Chief People Officer DANA Indonesia

“Selain menjadi disruptor pada industri finansial, kami juga ingin menjadi the best tech company yang mampu membuat DANA Mates lebih baik dari hari ke hari. Kami percaya ketika membangun sebuah perusahaan, the core is the people.” ungkap wanita yang sering dipanggil Bu Tina ini.

CPO dari perusahaan yang maret lalu merayakan “setahunan” di tanah air ini, juga menyoroti desain modern Indonesia kantor DANA. Menurutnya, semua ini dirancang biar memacu ide yang inovatif pada DANA Mates, panggilan khusus buat karyawan DANA. Ia sangat menghargai setiap ide yang keluar dari para karyawan. Itu juga salah satu budaya yang ingin dibangun oleh DANA.

Masuk pada sesi selanjutnya, 2 orang product manager DANA, Christopher Sebastian Soebrata dan Barry Matthew Meyer menceritakan kehidupannya profesionalnya. Mulai dari sebelum bekerja di DANA hingga gambaran bekerja pada divisi product development. Christopher mendapatkan jatah untuk presentasi pada batch pertama sedangkan Barry pada sesi kedua.

Menurut Barry yang juga alumni PPI Hong Kong, kembali ke Indonesia merupakan hal yang tepat. Ia merasa mendapatkan pengalaman yang merubah hidup.

“Memang waktu itu saya memiliki pertimbangan yang cukup lama antara pulang dan menetap di Hong Kong. Awalnya saya berpikir kembali ke tanah air merupakan hal yang sia-sia, namun nyatanya di sini masih banyak peluang yang bisa saya maksimalkan.” Ungkap Chris.

Barry saat membagikan pengalamannya sebelum bekerja di DANA
Barry saat membagikan pengalamannya sebelum bekerja di DANA

Berbeda dengan Chris, Barry lebih menyoroti bagaimana cara menjadi talenta yang unggul dalam dunia kerja. 

Always takes up for the challenge. Ketika saya diterima magang dan tidak ada tugas khusus yang diberikan, saya akan bertanya ke atasan saya. Ini karena dengan membuka diri pada tantangan akan membuat kita semakin berpengalaman. Even if you only do research, it does matter.” tutur Barry saat menjelaskan pengalaman magang.

Antusias peserta visit DANA
Antusias peserta visit DANA

Dalam sesi ini juga, mahasiswa/i PPI terlihat antusias banget. Mereka tertarik untuk mengetahui lebih lanjut soal DANA, bahkan banyak yang bertanya soal peluang berkarir di perusahaan tersebut.

Misalnya Michelle, mahasiswi tahun pertama The Chinese University of HK (CUHK) ini mendapatkan wawasan baru mengenai perbedaan kantor startup dengan perusahaan yang tergolong lebih besar.

“Seru sih menurut aku karena ini yang pengalaman pertama dan aku sendiri lebih tertarik kalau kantornya seperti ini dibandingkan yang biasa.” ungkapnya

Nah, seru kan? Jadi, ikuti terus keseruan acara-acara Kalibrr berikutnya , yah. Oiya, buat kamu yang penasaran DANA lagi buka lowongan apa saja, klik di sini untuk mendapat kesempatan menjadi DANA Mates!