Skip to main content
filia kusuma dan nina veronika
Indonesia Success Story

Kalibrr Recruiter Award May 2019 : Nina Veronika

By Tanisha Harahap on July 16, 2019

Pastinya Anda sudah familiar dengan layanan kredit online masa kini, bukan? Perkembangan di dunia digital memang semakin sengit, bahkan jumlah perusahaan yang menyediakan layanan kredit online juga sudah semakin banyak. Tetapi Anda tidak boleh ketinggalan dengan perusahaan financial technology (fintech) yang satu ini, Kredit Plus. 

Nah, jika Anda membutuhkan berbagai macam produk layanan keuangan untuk kebutuhan produk elektronik, furniture rumah, pelayanan kredit multiguna ataupun dana untuk keuangan Anda, solusinya telah ditemukan lewat Kredit Plus. Yuk kita cari tahu lebih dalam mengenai Kredit Plus, plus jangan lupa juga untuk sekalian berkenalan dengan pemenang Kalibrr’s Recruiter of the Month bulan Mei ini, Nina Veronika, selaku recruiter officer di KreditPlus! Bulan ini, Nina memenangkan penghargaan kategori “The Most Active Recruiter” karena prestasinya yang telah berhasil meng-shortlist 2.464 kandidat. Bukan main ya dedikasi rekruter kita yang satu ini!

Selamat Nina!

Kenalan, yuk, dengan Nina!

Berawal dengan pekerjaannya sebagai seorang intern di divisi HRD Kredit Plus selama 2 bulan, kini Nina merintis perjalanan karirnya sebagai seorang recruiter officer di Kredit Plus. Perempuan lulusan tahun 2012 ini awalnya ditawari pekerjaan tetap sebagai anggota tim rekruter di tahun 2017. Walaupun di divisi yang berbeda, tetapi Nina tetap bersemangat untuk memulai pekerjaan awalnya sebagai salah satu anggota tim rekrutmen. Menurutnya, banyak ilmu yang bisa diserap dengan cara mencoba berbagai pekerjaan dari lintas divisi. Sebagai rekruter, hal ini mengingatkannya atas tanggung jawabnya untuk merekrut kandidat dari latar belakang yang berbeda-beda. 

Filia Kusuma dan Nina Veronika

Filia Kumala (kiri), tim dari Kalibrr memberikan penghargaan untuk pemenang Kalibrr’s Recruiter Award, Nina Veronika (kanan).

Proses Rekrutmen di Kredit Plus

Seperti proses rekrutmen pada umumnya, seluruh kandidat diwajibkan untuk melampirkan CV mereka sebagai awal mula proses aplikasi yang dapat dilakukan melalui berbagai platform. Kandidat lalu akan disortir berdasarkan syarat dan ketentuan yang telah diterapkan oleh tim rekruter Kredit Plus. Jika mereka memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan, kandidat akan di shortlist dan diundang untuk melakukan psikotes terlebih dahulu, dan jika memenuhi standar, mereka akan dilanjutkan ke proses wawancara dengan user HR. Bagi setiap kandidat, terdapat 2 users yang bertanggung jawab. Menurut Nina, apabila hanya ada 1 user yang mewawancarai kandidat, hasilnya cenderung bersifat subjektif. Oleh karena itu, dibutuhkan 2 users untuk merundingkan hasil dari interview, dan mempertimbangkan apabila kandidat tersebut layak untuk direkrut.

Manfaat yang Nina Rasakan Setelah Menggunakan Kalibrr

Walaupun awalnya agak ragu untuk menggunakan platform lain, seiring dengan berjalannya waktu, Kalibrr pun sukses mengambil hati para rekruter di Kredit Plus! Kebutuhan Kredit Plus untuk mencari kandidat yang handal di bidang IT mendorong minat mereka untuk menggunakan Kalibrr sebagai platform pilihan di bidang rekrutmen. Database Kalibrr yang diramaikan oleh kandidat dengan basis ilmu teknologi yang berkualitas dan memenuhi standar menjadikan Kalibrr sebagai salah satu sumber utama Kredit Plus untuk mencari kandidat yang sesuai dengan kriteria mereka. 

Bukan hanya dari sisi kualitas kandidat saja, Nina juga mengakui bahwa dengan hadirnya Kalibrr, sekarang proses rekrutmen juga jauh lebih terbantu, dari segi time management dan kemudahan proses rekrutmen. “Dulu, proses rekrutmen di Kredit Plus itu rada ribet dan ngga efisien. Tim rekrutmen cuma bisa memantau CV kandidat satu per satu, kalau mau ngontak mereka juga cuma bisa lewat telepon. Itupun ngga semuanya direspon, jadinya agak sulit untuk mau mengontak kandidat.”

Tapi itu kan dulu. Sekarang, karena sudah bergabung di Kalibrr, anggota tim rekrutmen dapat memanfaatkan fitur automatic message untuk mengirimkan notifikasi mengenai status rekrutmen kandidat. Setiap kandidat yang sudah mengirimkan aplikasi mereka dapat melacak progres aplikasinya dengan mudah. Hal ini tentunya memudahkan para rekruter seperti Nina. Ngga perlu mumet lagi untuk menelepon kandidat satu per satu dan takut kehabisan waktu untuk pekerjaan administratif. Tim rekruter di Kredit Plus pun sekarang memiliki waktu yang lebih senggang untuk dapat menyusun jadwal interview dan meng-shortlist lebih banyak kandidat lagi! 

Rahasia Dibalik Kesuksesan Nina dalam Rekrutmen

Untuk beberapa lowongan pekerjaan seperti posisi Management Trainee yang baru-baru ini dibuka di Kredit Plus, Nina tentunya harus bisa menemukan kandidat-kandidat berkualitas tinggi dalam waktu yang singkat. Meski demikian, lewat Kalibrr, Nina berhasil meng-shortlist lebih dari 2000 kandidat. Nina sendiri mengaku kaget atas kualitas database Kalibrr yang dapat memenuhi kriteria Kredit Plus yang cenderung ketat. Ia mengatakan bahwa sekitar 52% dari kandidat yang mengirimkan aplikasi lolos ke tahap selanjutnya, lho! 

Ini adalah bukti dari kekuatan database Kalibrr yang beranggotakan kandidat dengan kompetensi yang mumpuni. Kalibrr turut senang karena dapat membantu Kredit Plus mendapatkan lebih dari 2.000 kandidat yang sukses melewati tahap shortlist.

Anda juga bisa mendapatkan pencapaian besar seperti Nina! Bergabunglah sekarang bersama Kalibrr dan temukan ribuan kandidat berkualitas tinggi untuk kebutuhan perusahaan Anda!

Hubungi kami sekarang!