Skip to main content
Peserta PPIA Unimelb visit ke IBM-JTI
All About Kalibrr

#BrrTamu ke IBM-JTI: Hadir untuk Memenuhi Kebutuhan Solusi TI yang Komprehensif

By Diah Wahyu Asih on July 23, 2019

Di liburan musim dingin tahun ini, beberapa mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia - Australia University of Melbourne (PPIA UNIMELB) memanfaatkan waktu liburnya dengan mengadakan kunjungan ke IBM-JTI. Bekerja sama dengan Kalibrr Indonesia, PPIA UNIMELB dapat berkunjung dan belajar langsung dari perusahaan end-to-end IT solution melalui acara Company Visit pada 17 Juli 2019.

Bertempat di IBM-JTI Head Office, sebanyak 30 orang peserta disambut langsung oleh Presiden Direktur PT. Jasa Teknologi Informasi, Bapak Bambang H. Purnomo atau yang akrab disapa Mas Hengky. Beliau menjelaskan tentang perbedaan IBM dengan IBM-JTI yang merupakan anak cabang dari IBM itu sendiri. IBM-JTI hadir untuk mendukung IBM Indonesia dalam memenuhi kebutuhan solusi TI yang komprehensif.

Mas Hengky memberikan sambutan di acara Visit IBM-JTI kepada PPIA UNIMELB
Mas Hengky memberikan sambutan di acara Visit IBM-JTI bersama mahasiswa PPIA UNIMELB

Berbincang Bersama Mas Hengky

Saat berbincang bersama mahasiswa PPIA, Mas Hengky menuturkan bahwa IBM-JTI sangat mengutamakan karyawannya. “People is our number one asset,” tambahnya. Sebagai komitmen perusahaan untuk menjunjung tinggi nilai karyawan, IBM-JTI mengembangkan budaya yang menyenangkan dan memberikan kebebasan karyawannya untuk berprestasi sebaik mungkin. 

Dengan populasi karyawan milenial yang mencapai 70%, IBM menyesuaikan pola kerja yang cenderung disukai kaum milenial, salah satunya seperti kebebasan untuk bekerja dari rumah atau Work from Home.

Dalam sesi ini, Mas Hengky juga berbagi pengalaman dan memberikan saran-saran yang perlu diperhitungkan oleh mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah bekerja dengan hati. Yang beliau maksud disini adalah setiap individu harus bekerja sesuai dengan passion.

“Kalau kerja tidak sesuai dengan passion, kamu gak akan kemana-mana. Walau kamu tidak pintar tapi kalau kamu passion disitu, pasti hasilnya akan bagus.” tutur Mas Hengky.

Selain passion, hal lain yang perlu diperhatikan dalam bekerja adalah memiliki tujuan. Setiap individu harus menetapkan suatu goal dalam karir, sehingga kita tidak goyah saat bekerja dan dapat mencapai jenjang karir yang diimpikan.

Sama halnya seperti tujuan karir, IBM ini juga memiliki purpose yang jelas dan menjunjung tinggi tiga value utama, diantaranya Dedication to every client’s success; Innovation that matters – for our company and for the world ; Trust and personal responsibility in all relationships. Sebagai perusahaan yang mendukung tujuan strategis IBM Indonesia dalam memberikan solusi TI end-to-end yang komprehensif bagi masyarakat, IBM-JTI juga menjunjung tinggi ketiga value ini.

Peserta berkeliling ke beberapa lokasi di kantor IBM-JTI
Peserta berkeliling ke beberapa lokasi di kantor IBM-JTI

Melihat Langsung Di balik Layar

Setelah sesi perkenalan dengan IBM-JTI, peserta langsung diajak berkeliling ke kantor IBM-JTI dan melihat langsung bagaimana karyawan JTI bekerja. Peserta diajak berkeliling ke beberapa spots menarik di kantor tersebut seperti lounge yang disuguhkan dengan pemandangan ikonik ibukota dan wall of fame yang memamerkan banyak pigura yang memuat ilustrasi sejarah perkembangan IBM sejak pertama berdiri hingga sekarang.

Tidak hanya menunjukkan beberapa spot menarik, tim IBM-JTI juga mengajak peserta masuk ke ruangan para karyawan. Hampir semua ruangan di IBM-JTI menganut konsep open space dimana setiap karyawan diberi kebebasan untuk memilih tempat kerja. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan kolaborasi antar karyawan.

Dari kiri ke kanan: Keanu, Janis dan Kevin berbagi pengalaman dengan peserta.
Dari kiri ke kanan: Keanu, Janis dan Kevin berbagi pengalaman dengan peserta.

Sesi Berbagi Bersama Para Engineers

Usai berkeliling di kantor JTI, tiga engineer dari JTI turut membagikan pengalaman dan cerita selama bekerja di IBM-JTI. Daiantaranya ada Keanu Nurherbyanto sebagai Back End Engineer, Janis Geovani sebagai Back End Engineer dan Kevin sebagai Front End Engineer.

Ketiganya kemudian bercerita tentang bagaimana proses rekrutmen masuk ke JTI dan pengalaman mereka selama bekerja di IBM-JTI. Sesi sharing session yang dikemas secara casual ini memunculkan suasana santai dan menarik antusias peserta untuk bertanya.

Beberapa peserta cukup antusias dalam memberikan pertanyaan tentang proses rekrutmen di IBM-JTI dan kemungkinannya bekerja secara remote. Tak sedikit pula yang bertanya mengenai beberapa hal teknis, mengingat acara sharing ini dipandu oleh para engineers IBM-JTI.

Beberapa peserta menjalin networking dengan tim IBM dan Kalibrr
Beberapa peserta menjalin networking dengan tim IBM dan Kalibrr

Pengalaman Berkunjung ke IBM-JTI

Di sesi networking, beberapa peserta masih menunjukkan antusias yang tinggi untuk bertanya kepada tim IBM-JTI. Saat peserta ditanya tim Kalibrr mengenai pendapat acara ini, beberapa dari mereka sangat senang dan berterima kasih karena dapat terhubung langsung dengan perusahaan. Mereka juga mendapatkan insight bagaimana culture dan rasanya bekerja di salah satu cabang perusahaan multinasional ini.

Audrey dan Cindy sebagai peserta Company Visit ini mengungkapkan bahwa company visit ini sangatlah bagus dan mereka memberikan apresiasi tinggi karena Presiden Direktur JTI yang menyambut langsung acara visit kali ini.

“Company Visit ini menurutku cukup bagus ya, biasanya kita belum pernah ngadain di Bulan Juli kayak gini ya, cuman Desember kan, kita udah sempet kerja sama dengan Kalibrr juga. Peserta lain juga cukup enjoy, aku tanya-tanya ke peserta yang lain katanya juga suka. Terus aku seneng banget ini on time gitu. Ini nggak ngaret sedikitpun sih” tambah Cindy
 

Dari sisi perusahaan, acara ini juga dirasa cukup membantu mereka untuk memperkenalkan IBM-JTI agar lebih dikenal secara luas. “Ini sangat bermanfaat bagi perusahaan. Khusus untuk JTI sendiri, ini membuat JTI lebih dikenal di asosiasi - asosiasi luar” ujar Fika Ferdiana Meristan selaku Recruitment Leader IBM-JTI.
 

Bagi kamu yang penasaran IBM-JTI lagi buka lowongan kerja apa saja, yuk simak lowongan selengkapnya disini!