Skip to main content
strategi merekrut millenial
Recruiter Career Resource

6 Strategi Andalan untuk Merebut Hati Kandidat Millenial

By Tanisha Harahap on July 30, 2019

Keluhan seputar sulitnya mendapatkan kandidat yang tepat di pasar kerja yang kompetitif sudah tidak asing lagi jika terdengar di kalangan para rekruter. Menurut riset yang dipublikasikan oleh Society for Human Resource Management (SHRM) tahun lalu, 68% dari rekruter mengatakan bahwa kesulitan terbesar pada proses rekrutmen adalah mendapatkan kandidat yang sesuai. Ada beberapa alasan yang menjadi kendala saat proses rekrutmen seperti: skills gap atau kurangnya pengalaman kandidat. Akan tetapi, 49% dari rekruter mengaku bahwa, kesulitan tersebut juga terjadi karena adanya kompetisi dengan rekruter lain untuk mendapatkan kandidat yang diinginkan, yang umumnya disebut talent war di kalangan para rekruter. 

Masalah utama di kalangan rekruter sekarang adalah, talent wars. Carilah celah untuk dapat mengatasi masalah ini. Tenang saja, tidak ada perusahaan yang tidak tersentuh oleh talent wars saat ini. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menunjukkan employer brand agar citra perusahaan Anda semakin diketahui, dipahami, dan menjadi pilihan para kandidat.

Berikut kami berikan 6 strategi agar perusahaan Anda dapat melakukan proses rekrutmen dengan lebih efektif dan dapat mengatasi masalah talent wars dengan bijaksana:

  1. Bangunlah sebuah employer brand yang solid - pikirkan hal apakah yang membuat perusahaan Anda lebih unik dibandingkan yang lainnya. Pastikan konten-konten yang Anda bagikan kepada kandidat bersifat konsisten, agar pesona perusahaan Anda tetap tampil otentik dan genuine. Temukan cara-cara untuk meningkatkan employer branding Anda di sini.

  2. Promosikan perusahaan Anda - di era yang serba digital ini, terdapat beberapa cara untuk dapat mempromosikan perusahaan Anda dengan mudah. Salah satu cara terjitu adalah menggunakan platform media sosial untuk menjalin hubungan dan komunikasi antara kandidat dan rekruter. Cari tahu cara media sosial dapat membantu mengembangkan perusahaan Anda di sini

  3. Berikan sebuah gambaran pekerjaan yang realistis - tidak bisa dipungkiri lagi, jobseekers tentunya akan melakukan riset mengenai hal apa yang dapat mereka harapkan saat bekerja dengan Anda. Berikan mereka sebuah gambaran mengenai hal apa saja yang biasanya dilakukan karyawan Anda sehari-hari, contohnya seperti “a typical day at work”. Pastikan hal ini realistis dan sesuai dengan pandangan karyawan untuk menjaga kejujuran perusahaan Anda.

  4. Permudah proses aplikasi - siapa yang tidak bete dengan proses aplikasi yang panjang dan lama? Cobalah untuk membuat proses aplikasi Anda singkat, padat, dan jelas. Pastikan juga proses aplikasi Anda memberikan komunikasi yang jelas kepada kandidat. Menurut riset dari Kalibr, 67% kandidat yang tidak menerima komunikasi apapun mengenai proses aplikasi mereka memiliki candidate experience yang negatif. Pastikan kandidat Anda memiliki pengalaman positif karena pengalaman mereka dapat berdampak pada reputasi perusahaan Anda.

  5. Miliki tawaran kompensasi dan benefits yang kompetitif - di era talent wars yang terbilang sangat kompetitif, tawaran kompensasi dan benefits yang Anda tawarkan pun juga harus Anda sesuaikan. Pastikan Anda dapat menjual lowongan pekerjaan Anda dengan adil dan saling menguntungkan bagi para karyawan.

  6. Tunjukkan penghargaan yang perusahaan Anda dapatkan - Jangan ragu untuk menominasikan perusahaan Anda untuk menerima penghargaan sebagai “the best place to work,” baik itu berskala lokal sampai nasional. Ini dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan nama perusahaan Anda untuk menjadi perusahaan pilihan.

Jangan takut untuk menonjolkan keunikan perusahaan Anda. Semakin Anda sering menunjukkan citra dan identitas perusahaan Anda secara otentik, semakin menonjol nama perusahaan Anda di antara perusahaan lainnya. Ingat, good employees want to work with good companies - jika di mata para jobseekers Anda memiliki reputasi yang baik, maka mereka juga tidak akan sungkan untuk bekerja dengan Anda. Sekarang waktunya Anda untuk mempromosikan kultur, suasana, pekerjaan dan juga keuntungan yang Anda tawarkan. Jangan ragu untuk menawarkan keuntungan-keuntungan yang Anda berikan, karena perusahaan saingan Anda juga pasti menawarkan keuntungan yang tidak kalah saingnya!

Bersama Kalibrr, kami bertekad untuk membantu Anda mendapatkan kandidat idaman dengan kualitas tinggi dan kriteria yang sesuai. Bergabunglah dengan Kalibrr dan dapatkan konsultasi proses rekrutmen secara GRATIS jika Anda daftar sekarang. Jangan kelewatan, promo ini hanya berlaku sampai akhir bulan Agustus saja. Tunggu apa lagi? Bergabunglah sekarang!

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi hirenow.id@kalibrr.com