Skip to main content
4 hal mengenai ATS
Productivity + Tools

4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai ATS

By Tanisha Harahap on July 8, 2019

 

Apakah hal yang telah Anda ketahui mengenai Applicant Tracking System (ATS)?

Sebagian besar dari rekruter sudah mengandalkan Application Tracking System (ATS) untuk diterapkan dalam proses rekrutmennya. Penggunaannya yang terbilang “mudah dipelajari” membuat mereka merasa lebih nyaman untuk merekrut kandidat menggunakan ATS. Selebihnya, ATS juga dapat mempercepat dan mengefisienkan proses rekrutmen, sehingga proses rekrutmen dapat menjadi lebih sistematis dan mudah diatur. 

ATS dapat digunakan dari mulai tahap awal proses rekrutmen, yaitu mengirimkan iklan lowongan ke website resmi perusahaan atau situs lowongan tertentu. ATS juga dapat mengirimkan e-mail notifikasi kepada para pelamar secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi mengontak mereka secara satu per satu.

Berikut adalah hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih ATS:

  1. Evaluasi Kebutuhan Rekrutmen Anda

Sangat penting bagi Anda untuk mengevaluasi kebutuhan dan performa proses rekrutmen Anda sebelum mulai mencari opsi ATS. Memiliki informasi yang jelas tentang masalah yang ingin Anda pecahkan akan membantu Anda mengevaluasi dengan bijak karakteristik dan biaya setiap opsi ATS yang nantinya Anda putuskan untuk diuji.

  1. Pahami cara kerja ATS

Fungsi ATS yang paling utama adalah mengelola database kandidat yang melamar untuk memudahkan proses perekrutan. Pastinya, Anda ingin mendapat platform yang intuitif dan mudah digunakan dalam setiap proses rekrutmen Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mendapat gambaran yang jelas tentang cara kerja ATS tersebut.

Bagan di bawah ini menunjukkan cara kerja ATS yang memenuhi standar:

How ATS works

 

Pastikan Anda memilih ATS yang memiliki proses kerja yang tidak berbelit-belit, sehingga dapat menghemat waktu dan membuat Anda menjadi lebih produktif.

Untuk menciptakan candidate experience yang baik, pastikan juga para kandidat mendapatkan user-experience yang mengesankan. Saat Anda ingin memastikan bahwa pilihan Anda tepat, coba untuk pastikan bahwa ATS tersebut memiliki standar yang memadai dari sisi aplikan juga, bukan hanya dari sisi rekruter. Apakah ATS tersebut mobile-friendly? Apakah ATS tersebut menyediakan fitur-fitur yang dapat mempercepat proses rekrutmen? Berikut merupakan beberapa aspek penting yang dapat Anda pertimbangkan sebelum menentukan pilihan Anda.

Apakah Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang candidate experience? Silakan klik link ini untuk tahu lebih dalam.

  1. Fitur Pendukung dalam Platform ATS

Dengan semakin banyaknya perusahaan yang beralih ke ATS untuk proses rekrutmennya, maka para kandidat juga harus menyesuaikan resume mereka untuk menjadi lebih “ATS-Friendly”. Pastikan hal-hal yang dimasukkan ke dalam resume memiliki kata kunci yang gampang dicari oleh para rekruter untuk meningkatkan peluang mereka menjadi kandidat terpilih. 

Pastikan para kandidat mengoptimalkan kata kunci untuk bagian keahlian soft-skill dan hard-skill sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan. Masukkan kata kunci tersebut dalam bagian pengalaman agar dapat lebih mudah untuk dicari.

Untuk menghubungi kandidat, Anda dapat langsung menggunakan fitur built-in chat system yang dapat digunakan setiap saat. Gunakan fitur ini untuk menjalin hubungan komunikasi yang baik antara rekruter dan kandidat. Ingat, komunikasi adalah kunci dari kesuksesan proses rekrutmen. Dengan komunikasi yang jelas, kandidat juga akan merasa lebih nyaman dengan proses aplikasi mereka. Untuk mengetahui informasi mengenai fitur-fitur Kalibrr lebih lanjut, klik link ini

  1. Pilih Sebuah Mitra, Bukan Hanya Jasa

Ketika ingin memilih ATS yang tepat, pastikan Anda bukan hanya memilih produknya saja, tetapi juga perusahaan yang menyediakannya. Alangkah baiknya jika Anda memilih perusahaan yang berkeinginan untuk menciptakan mitra yang baik dengan Anda, bukan hanya jasa saja. Salah satu hal yang penting adalah memilih perusahaan yang akan terus mendampingi Anda di setiap langkah, agar Anda dapat mengetahui cara pemakaian ATS dengan sepenuhnya. 

Memang terkadang bisa dibilang sulit untuk mencari ATS yang paling sesuai untuk Anda. Pastikan Anda memilihnya dengan benar agar seluruh fiturnya dapat digunakan semaksimal mungkin. Simak artikel ini untuk mengetahui ciri-ciri apa saja yang dapat menyatakan bahwa Anda telah memilih ATS terbaik 

Sejak beberapa tahun terakhir, banyak bermunculan ATS dalam dunia rekrutmen. Kalibrr adalah salah satu perusahaan yang menyediakan jasa ATS untuk membantu Anda mengefisiensikan dan memudahkan proses rekrutmen agar dapat meningkatkan keefektifan kebutuhan rekrutmen Anda. 

Jangan mau ketinggalan zaman, pelajari perubahan baru di era digital ini. Beralihlah ke Kalibrr sekarang juga, dan kami berjanji akan membantu mewujudkan mimpi Anda!

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi indonesia@kalibrr.com