Skip to main content
Kalibrr Recruiter of the Month
Indonesia Success Story

Kalibrr's Recruiter of the Month: Yoga Sukmawijaya

By Tanisha Harahap on May 20, 2019

Akibat perkembangan perusahaan teknologi (start up) yang semakin meningkat dan permintaan talenta untuk bidang teknik secara ekstrim. Dibutuhkan talenta dengan skillset yang expert dan specialist  untuk mengimbangi kebutuhan perusahaan dan industri 4.0  yang membawa indonesia ke jenjang yang lebih tinggi. Karena terbatasnya tech talent di Indonesia dengan talent pool yang  sangat terbatas  dan celah yang luas untuk level pemula dan senior . Permasalahan seperti ini dilihat Yoga sebagai kesempatan untuk  berkontribusi dan membenahi mengenai masalah demand and supply technical talent di Indonesia.

Yoga Sukmawijaya sebagai individu yang memiliki passion di bidang teknologi, sumber daya manusia dan pengetahuan yang luas di bidang teknik  . Karakteristik dan skillset  seperti ini sangat diperlukan untuk seorang technical rekruter ya, apalagi yang kerjanya memerlukan sumber daya manusia yang memiliki kepribadian dan pemikiran yang berbeda-beda. Talent war, tentunya perjuangan rekruter untuk mendapatkan kandidat dengan kualitas yang tinggi, terutama di bidang IT dan engineering, menjadi semakin sulit.

Bagi Ruangguru, perusahaan berbasis start-up yang sangat mengoptimalkan kualitas kandidat, mencari software Engineer yang terkualifikasi pastinya membutuhkan rekruter mengerti dunia teknologi dan human resource secara mendalam. Salah satunya adalah Yoga Sukmawijaya, tech recruiter yang memenangkan penghargaan “Kalibrr’s Recruiter of the Month” sebagai The Most Engaging Recruiter!

Selamat, Yoga!

recruiter of the month
Yoga Sukmawijaya menerima penghargaan “Recruiter of the Month” yang diserahkan oleh tim Kalibrr.

Proses Rekrutmen Seperti Apa yang Diterapkan Yoga untuk Memilih Kandidat yang Tepat?
Mempunyai pengalaman selama lebih dari 7 tahun di dunia tech recruitment, tentunya tidak dipungkiri lagi kemampuan Yoga dalam memilih kandidat yang tepat. Standar rekrutmen yang diterapkan oleh Yoga juga tentunya sangat tinggi untuk memastikan bahwa kandidat yang direkrut mempunyai kualitas yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Proses rekrutmen di Ruangguru juga sangat  ketat akan tetapi fun, Ruangguru sangat peduli terhadap candidate experience, “We want every single candidate go through our hiring process has a positive experience. Ruangguru memutuskan proses rekrutmen yang memperimbangkan upaya kandidat dan pengalaman yang menyenangkan selama prosesnya.” Biasanya mereka mencari kandidat melalui platform rekrutmen yang berbeda-beda, salah satunya dengan Kalibrr. Kandidat yang di-shortlist juga akan di  telpon atau hangout call untuk technical screening pertama agar dapat menguji skills mereka di bidang engineering. Tapi bukan hanya dari skills saja, mereka juga harus memenuhi culture fit perusahaan. Setelah lulus dari semua tes yang diterapkan oleh perusahaan, pastinya mereka juga harus lolos panel interview dari peer engineer dan senior leadership. Tapi nggak sampai disini saja, profil mereka juga akan ditinjau oleh tim HR yang dapat saling memberi feedback mengenai kandidat, jadi enggak diphp-in sama rekruter ya!. Proses ini dilakukan untuk menjamin kualitas kandidat yang akan direkrut.

“We are very picky in terms of hiring! We want to hire candidates that are game changers. Our hiring team are consists of all the Ruangguru’s rockstar engineers, we believe that a good engineer will hire more good engineers. We are also constantly improving our hiring process, reducing unconscious bias, and increasing the standards. We always think about candidates’ feelings when they go through our hiring process. Hasilnya lumayan memuaskan, kita hanya memiliki 40 tech engineers, tapi kita berhasil memenangkan “Google Choice Award” sebagai “The 3rd best app in PlayStore”. Dibandingkan dengan perusahaan lain yang memiliki ratusan software engineer, pencapaian kita cukup bergengsi”, tutur Yoga saat di-interview oleh tim Kalibrr.

Apakah prinsip yang harus diterapkan oleh seorang rekruter?

“Hire the right man, in  the right place, at the right time.”

Itulah motto yang selalu diikuti Yoga untuk menyortir kandidat yang tepat dan berkualitas. Maksudnya gimana tuh? Biar prosesnya nggak berulang-ulang, pastikan kalau setiap kandidat memenuhi kriteria yang tertera. Pastikan kalau kalian yakin dengan kandidat yang terpilih, dan memilih kandidat dari source yang terpercaya. Nah, tapi ada faktor lain juga yang perlu diperhatikan. Rekrutlah kandidat yang benar-benar sedang mencari pekerjaan pada masa rekrutmen. Terkadang ada kandidat yang sudah di offer oleh perusahaan tapi malah menolak karena berbagai alasan. Hal kayak gini nih yang biasanya bikin rekruter ke-PHP dan bingung!

Menurut Yoga, kandidat yang mendaftar menggunakan Kalibrr dijamin nggak mungkin PHP. Melalui Kalibrr, tim rekruter Ruangguru bisa melihat kandidat yang "actively/passively looking for jobs." Fitur ini lebih memudahkan Yoga dan timnya untuk menjangkau kandidat yang kira-kira sedang mencari pekerjaan secara aktif biar tidak buang-buang waktu juga untuk memberikan tawaran pekerjaan ke kandidat yang ternyata tidak sepenuhnya tertarik.

Biar sama-sama happy, rekrutlah kandidat yang memenuhi 3 kriteria ini:

  1. The right man (kandidat dengan minat yang tepat)

  2. The right place (platform rekrutan yang tepat)

  3. The right time (pastikan kandidat sedang mencari pekerjaan secara aktif)

Ayo sukseskan proses rekrutmen kamu dengan Kalibrr biar bisa menjadi seorang rekruter yang tidak kalah hebatnya seperti Yoga Sukmawijaya. Tingkatkan performa Anda sebagai rekruter dengan Kalibrr! Temukan 3 kriteria kandidat yang sama seperti idaman Yoga dengan Kalibrr! Kami akan membantu  Anda menemukan solusi dan jawaban yang sudah lama Anda cari-cari. Dengan aktif menggunakan Kalibrr, Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan “Kalibrr’s Recruiter Award”. Sebuah penghargaan bergengsi dari Kalibrr khusus untuk rekruter yang most active, most engaging dan most successful. Jangan lewatkan kesempatan untuk merebut penghargaan ini!

Bagi Anda yang belum menggunakan Kalibrr, sekarang waktu yang tepat untuk menjadi salah satu bagian dari Kalibrr dan bersama-sama kita permudah proses rekrutmen demi keuntungan yang lebih unggul!

Happy recruiting!