Skip to main content
XperTech: Speed-Dating Recruitment by Kalibrr
Others

XperTech: Speed-Dating Recruitment by Kalibrr

By Diah Wahyu Asih on April 8, 2019

Kamis, 4 April 2019 — Kalibrr Indonesia sukses mengadakan XperTech, sebuah acara speed-dating recruitment yang diselenggarakan bekerjasama dengan XWORK dan GoWork. Bertempat di GoWork Plaza Indonesia, XperTech menghubungkan 8 perusahaan dengan 18 kandidat terpilih, yang sudah diseleksi untuk mengikuti rekrutmen eksklusif ini.

Acara ini merupakan wujud komitmen Kalibrr untuk merevolusi lanskap perekrutan di Indonesia. Dengan membawa inovasi dalam proses perekrutan kandidat, Kalibrr terus berusaha untuk mendorong efektivitas mulai dari sourcing hingga tahap wawancara.

 

Kandidat sedang melakukan proses interview
Salah satu peserta XperTech saat sedang melakukan speed interview dengan perusahaan Freebits.

 

Awalnya kami memilih konsep ini karena kami melihat kebutuhan perusahaan akan kandidat di bidang IT itu sangat sulit.” ungkap Sonya Azzarra, selaku penanggung jawab dari acara XperTech ketika membahas awal mula pemilihan konsep perekrutan yang unik ini. Menurut Sonya, konsep speed interview yang terinspirasi dari speed dating ini membuat pekerjaan para perekrut dalam menemukan kandidat IT yang sesuai bisa berlangsung dengan cepat dan lebih mudah. 

Mengutip Sonya Azzarra, suasana yang ingin dibawa adalah casual tapi tetap memiliki dampak positif dan manfaat. “Syukur alhamdulillah, acara ini berjalan dengan kondusif.” ucap Sonya. Ia juga mengutip bahwa pada hari Jumat, 5 April 2019, ia mendapatkan tanggapan bahwa ada salah satu perusahaan yang berhasil menemukan kecocokan dengan kandidat yang hadir.

Perusahaan-perusahaan yang hadir pada XperTech by Kalibrr datang dari berbagai industri seperti Qraved, Arcstone Pte Ltd., Freebits, Gigel.id, Ikigai Asia, Integral, WE+, dan XWORK.

Kalibrr ingin terus mendukung dan menyediakan para perusahaan Indonesia dengan talent pool untuk kandidat IT yang relevan. Makanya, kita mengadakan acara seperti ini untuk mengeluarkan para hidden gems; kami ingin membawa potensi para kandidat IT bertalenta ini keluar.” demikian ujarnya.

 

Kandidat sedang interview
Suasana speed-dating recruitment, setiap peserta mendatangi masing-masing perusahaan.

 

Apa Kata Mereka?

Titin Kurniati, salah satu kandidat yang terpilih untuk menghadiri acara ini, berkata bahwa ia puas dengan jalannya acara ini. “Selain dari konsepnya yang menarik, acara ini efektif dan berguna sekali!” Titin melanjutkan, bahwa ini juga merupakan kesempatan yang sempurna untuk belajar lebih percaya diri dan juga memahami diri kita sendiri karena pada momen-momen seperti inilah, spontanitas dan jati diri kita yang sebenarnya akan keluar. Bagi Titin, ini merupakan sebuah pengalaman yang tak terlupakan, mengingat pengalaman kerjanya selama ini banyak yang berupa freelance.

Salah satu perusahaan yang hadir pada acara ini, Qraved, juga mengatakan bahwa mereka puas dengan jalannya acara. Apalagi ini juga yang pertama kali mereka bergabung pada konsep yang sedemikian. “Buat kita dan cukup banget.” kutip Hestungkoro Agni Soebekti, HR Manager dari Qraved yang akrab dipanggil sebagai Bekti. Menurut beliau, konsep seperti ini sempurna untuk memperlihatkan jati diri kandidat yang sesungguhnya. “Kalau hanya lima menit, jadinya nggak ada bohong-bohongan. Waktunya terlalu pendek.” tutup Bekti.
 

Writer: Jeanny Sunjaya

Editor: Sonya Azzarra