Skip to main content
Talent Sparks Apple Developer Academy
Indonesia - Company Insider

Talent Sparks, Cara Apple Developer Academy Menghubungkan Developer Handal dengan Perusahaan

By Diah Wahyu Asih on March 20, 2019

Rabu 13 Maret 2019 lalu, Kalibrr mendapatkan undangan untuk berpartisipasi pada acara Talent Spark, sebuah Career Fair yang diadakan oleh Apple Developer Academy untuk lulusan angkatan pertama mereka setelah selama 9 bulan melaksanakan pelatihan. 

Dalam Talent Spark yang pertama ini, terdapat 47 perusahaan yang hadir; di mana mayoritas dari perusahaan ini merupakan perusahaan tekfin (teknologi finansial), startups, dan beberapa bank ternama seperti BCA dan Bank Mandiri. 
 

talent sparks1
Salah satu lulusan Apple Developer Academy saat sedang mengunjungi booth Kalibrr.

 

Menciptakan Developer Handal yang Siap Bersaing

Sejalan dengan visi dari Apple Developer Academy sendiri, ratusan murid lulusan pelatihan ini tidak hanya dipersiapkan untuk mampu membuat program atau aplikasi canggih, namun juga siap untuk bersaing di dunia kerja nanti. Acara ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk menemukan pekerjaan impiannya khusus dalam bidang IT seperti Software Developer, UI/UX Developer, Product manager, IoS Developer, dan masih banyak lagi. 

“Ini adalah suatu ajang untuk proses setelah mereka (lulusan Apple Developer Academy) menjalani 9 bulan pelatihan di tempat ini. Harapannya dengan adanya acara ini dapat mempertemukan companies dan rekan-rekan industri yang siap menampung mereka semua.” Ujar Bapak William, selaku Academic Manager Apple Development-Binus.

Beberapa perusahaan yang berpartisipasi dalam acara ini juga mengakui bahwa mereka sangat terbantu menemukan kandidat IT yang jarang ditemui, yaitu kandidat iOS developer, seperti yang dikatakan oleh salah satu rekruter dari perusahaan konsultan IT di Indonesia, “Kandidatnya bagus-bagus, apalagi disini juga kami banyak bertemu dengan kandidat yang selama ini paling susah kami cari, yaitu iOS Developer. Secara kan mereka juga lulusan dari Apple Developer Academy ya. Selain itu kami juga sempat melakukan sedikit tes logic dengan kandidat yang datang ke booth kami, kalau dilihat sekilas banyak dari kandidat yang sudah daftar punya kemampuan yang memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan kami. Event ini sangat effective dalam proses sourcing kandidat untuk kami.”

 

talent sparks3
Para peserta Talent Sparks saat sedang mencoba apply ​​​​​job ​​​​​​langsung di acara.

 

Mulai dari  Rekrutmen Sampai Sharing Session Juga Ada!

Acara yang diselenggarakan selama dua hari ini dihadiri oleh ratusan lulusan Apple Developer Academy. Mereka terlihat sangat antusias selama kegiatan berlangsung, karena acara ini juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk memperluas jaringan profesional, seperti berinteraksi secara langsung dengan perwakilan perusahaan. Serunya, ternyata acara Talent Sparks ini juga menjadi ajang sharing session antara para peserta dan juga perusahaan untuk berbagi pengalaman. 

“Acara ini cukup membantu. Kebetulan kan saya memfokuskan diri saya sebagai UI/UX Designer, dengan adanya acara ini saya diberikan kesempatan langsung untuk bertanya ke perusahaan-perusahaan tentang gimana sih bekerja sebagai UI/UX, bagaimana lingkungan kerjanya, bagaimana budaya perusahaannya, gimana cara kerjanya, deket sama divisi apa, lebih kesitu sih. Jadi, untuk step pertama menuju dunia kerja menurut saya acara ini banyak memberikan saya gambaran. Harapannya bisa langsung ada yang dipanggil ya oleh perusahaan setelah mengikuti acara ini.” Ujar Muhammad Aziz, salah satu lulusan Apple Developer Academy. 

 

booth kalibrr
Booth Kalibrr di acara Talent Sparks Apple Developer Academy.

 

Seru, ya? Tidak hanya dapat pelatihan, mereka juga benar-benar dipersiapkan untuk melangkah ke dunia kerja! Kalibrr berharap acara ini dapat memberikan dampak positif baik bagi para lulusan Apple Developer Academy dalam menemukan pekerjaan impiannya, dan memudahkan rekruter dalam mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Kami sangat mendukung dilaksanakannya acara seperti ini di masa depan, dan Kalibrr mengajak perusahaan di Indonesia untuk secara langsung terhubung dengan kandidat berkualitas bersama kami. 

Apakah Anda masih merasa sulit untuk menemukan kandidat berkualitas? Hubungi kami di https://kalibrr.me/TalentSpark untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami.
 

 

Writer: Raymond Godjali
Editor: Sonya Azzarra