Skip to main content
Merly Novita Sari, Relationship Officer BCA
Indonesia - Company Insider

Mengintip Keseharian Merly, Relationship Officer BCA yang Jago Nge-handle Banyak Nasabah!

By Diah Wahyu Asih on March 29, 2019

Hal apa sih yang pertama kali ada dalam pikiran kalian tentang bekerja di bank? Eits, sebelum kalian nebak-nebak mitos yang ada, mendingan simak dulu yuk cerita dari Merly, salah satu Relationship Officer (RO) di BCA! 

Untuk menjawab rasa penasaran kalian, kali ini Kalibrr berkunjung ke salah satu kantor cabang BCA yang berada di Kedoya Permai, Jakarta Barat. Kehangatan suasana antar rekan kerja dalam ruangan, warna-warni dekorasi dinding yang meramaikan atmosfir kantor, hingga kebersamaan dalam bekerja-sama antar rekan kerja membuat suasana dalam kantor terasa lebih seperti keluarga.
 
Dari yang tim Kalibrr lihat selama hampir sehari bersama Merly Novita Sari, kami berhasil mendapatkan insider scoop mengenai kegiatan sehari-hari Merly, dimulai dari bangun tidur sampai terlelap lagi. Ternyata, di balik jam terbang yang tinggi, Merly mengakui bahwa kehangatan dan kekeluargaan antar karyawan AO/RO ampuh untuk menambah semangat kerja di kantor. Kira-kira gimana sih keseharian Merly bekerja di BCA?

Sebelum kita ulik kegiatan sehari-hari Merly, kenalan dulu yuk dengan Merly!
 

Merly Novita Sari
Merly Novita Sari, Relationship Officer BCA.

 

  • Merly merupakan salah seorang RO yang bergabung sejak 4 tahun lalu di kantor BCA cabang Kedoya Permai, Jakarta Barat. Menariknya, menurut Merly, 4 tahun itu masih tergolong “baru,” lho!

  • Lulusan dari Universitas Buddhi Dharma, Tangerang dengan jurusan ekonomi dan finance.

  • Karena jenjang karir yang menjanjikan, Merly memutuskan untuk bergabung di BCA

  • Merly bertugas mengelola beragam akun nasabah BCA, mulai dari ibu-ibu rumah tangga yang niatnya cuma untuk investasi, sampai owner perusahaan besar yang mengelola uangnya di Bank. Gimana cara mengatasinya, tuh?!

  • Teman-teman kantor yang solid dan suportif selalu menjadi penyemangat utama di kantor.

 

Setiap Pagi di Rumah Merly

Tidak lupa dengan kewajibannya di rumah, Merly bangun pukul 05.30 WIB setiap pagi untuk menyiapkan sarapan sang suami dan beres-beres. Sudah menjadi kewajiban penting bagi Merly, nyatok dan makeup-an biar kelihatan fresh di kantor, hal ini sudah jadi rutinitas setiap pagi. Presentation is a must, apalagi buat Merly yang seringkali harus meeting sama klien, tidak mungkin kan kelihatan berantakan.

Karena jarak tempuh yang lumayan, apalagi ditambah dengan kemacetan Jakarta, setiap hari Merly berangkat pukul 06.00 WIB dari rumahnya di Tangerang bersama suaminya ke Jakarta. Gemes banget, ya!

 

Merly dan suaminya
Merly bersama suaminya, sstt.. Mereka ternyata pengantin baru, lho!  

 

Rekan Kerja yang Solid dan Saling Memotivasi

Tiap hari, Merly sudah standby di kantor dari pukul 08.00 WIB. Dia mengawali harinya dengan morning-briefing, doa dan motivational quotes bersama rekan kerjanya, yang terbukti ampuh  untuk saling memotivasi satu sama lain. “Di sini semuanya saling peduli, semua suka dan duka pasti didengar di kantor dan kita semua langsung gerak untuk bantu memotivasi satu sama lain,” ujar Merly.

Menurutnya, kegiatan morning briefing yang seperti ini tidak pernah ditemukan di perusahaan tempat dia bekerja sebelumnya. Wah, BCA beda banget, ya!

 

Morning briefing sesion
Sesi morning briefing bersama rekan-rekan kerja sebelum memulai kerja. Terlihat giliran Merly memberikan motivasi untuk rekan kerjanya.

 

Setelah dapet pencerahan dan motivasi dari morning-briefing, cus! Merly langsung memeriksa update-an email atau to-do-list hariannya. Sudah jadi kebiasaan umum, ya, untuk check and recheck e-mail tiap pagi.

Suasana kantor yang sangat family-oriented menyatukan Merly dan rekan kerjanya untuk saling suportif. Pasti setiap AO/RO punya target masing-masing kan? Tenang aja, target-target itu bukanlah menjadi beban buat mereka, tapi menjadi motivasi setiap karyawan untuk bekerja keras demi kesuksesan bersama.

Ada satu hal yang menarik di kantor Merly, yaitu adanya leaderboard. Untuk menyemangati satu sama lain, Merly dan timnya memajang leaderboard yang digunakan untuk menunjukkan goals para karyawan AO/RO. “Di setiap leaderboard itu ada goals tertentu, barengan kita sama-sama ngeraih goals sampai 100%. Nah, dari leaderboards-nya kita bisa ngeliat tuh, siapa yang paling tinggi dan yang paling cepet nyampe 100%.”

Tapi gimana bagi mereka yang belum mencapai 100%? Kalo dari Merly pribadi, katanya “Nggak usah takut kalo belum mencapai 100%. Kita satu tim pasti bakal ngebantuin temen-temen untuk mencapai goals mereka. Gunanya leaderboards ini bukan untuk adu kehebatan, tapi lebih ke memotivasi dan membantu satu sama lain kalo lagi butuh bantuan.”

Setiap bulannya, leaderboards ini dihias sesuai tema yang mereka inginkan. Pada bulan ini, Merly dan tim mengangkut tema “Disneyland” agar dinding-dinding kantor kelihatan lebih hidup dan berwarna.

 

leaderboar
Merly dan teman-teman kerjanya tengah menyusun leaderboard; untuk penyemangat kerja para karyawan. Ini hasil karya mereka sendiri, lho!

 

Merly didepan Leaderboard
Merly di depan masterpiece leaderboards-nya yang bertema “Disneyland”.

 

Makan Apa Siang Ini : Dilema Merly Setiap Hari yang Lebih Susah Daripada Manage Klien

Ternyata hobi favorit Merly dan teman-teman adalah… makan-makan! Biasanya, sebelum jam istirahat makan siang, mereka sudah mulai heboh tuh untuk menentukan restoran yang tepat. Karena begitu banyaknya opsi restoran, katanya mengurus lebih dari 200 nasabah malah lebih mudah daripada harus pusing memilih restoran.

“Karena durasi istirahat kami dari pukul 12.00 - 13.00 WIB, biasanya sih sebelum jam 12.00 temen-temen udah pada rewel nentuin tempat makan siang,” ujarnya sambil tertawa.  

Bahkan seusai jam kantor, tim AO/RO juga sering makan malam bareng diluar. “Orang-orang disini tuh kayak nggak bosen-bosennya ketemuan terus, padahal udah barengan dari pagi sampe sore, tapi pulang kantor masih juga nyariin satu sama lain!” Kalo ibarat kata, keakraban AO/RO BCA itu kayak tali kapal, strong banget, bener-bener #friendshipgoals deh pokoknya!

 

Merly dan teman kantornya
Keakraban Merly dan teman-temannya di kantor yang selalu menceriakan suasana di kantor.

 

Belajar dari Pengalaman Menghadapi Klien

Kadang Merly harus meninggalkan kantor untuk meeting dengan klien. Macetnya jalanan Jakarta yang kurang kondusif biasanya membuat Merly menemui klien secara langsung sebanyak 2-3 kali per minggu. Nah, supaya sama-sama enak dan selalu keep in touch, biasanya Merly menghubungi kliennya melalui chat messenger atau telepon. Ini sangat membantu Merly untuk tetap akrab dan selalu ada buat klien-kliennya. Khawatirnya, ada hal-hal penting yang harus segera diselesaikan, dan Merly dapat segera membantu. Tapi tenang aja, kalau di BCA, AO/RO nya pasti akan selalu sigap dan ON setiap saat!!

Saat bertemu klien, seringkali dia mengawali pertemuannya dengan small talks sebagai intermezzo, katanya “Biar nggak terlalu tegang dan deg-degan. Kalau sama-sama nyaman kan diskusinya lebih enak, flow-nya dapet. Jadi kita bisa dari hati ke hati gitu ngobrolnya.”

Merly juga cerita tentang keseruan dibalik pertemuan antara klien yang sifatnya berbeda-beda. “Setiap klien itu unik. Ada yang baik banget, gak jarang ada juga nasabah yang bikin “yaudah-senyumin-aja”, tapi gimanapun sifat mereka aku tetep merasa diberkati atas kesempatan ini.” Dari perbedaan sifat klien dan cara dia mengatasinya, Merly belajar hal-hal baru yang bisa membantunya untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

 

sharing session di kantor
Sharing session bersama rekan kerja Merly untuk mendapatkan insights dari satu sama lain.

 

Refreshing sehat ala AO/RO BCA

Siapa sangka ternyata para karyawan yang sangat giat bekerja ini sering banget berolahraga untuk tetap fresh. “Olahraga itu penting banget buat menyegarkan pikiran, biasanya ruangan meeting di lantai 3 kita pakai buat yoga bareng instruktur, kalau nggak biasanya kita nonton video olahraga dari video online, terus kita olahraga bareng selama 15-30 menit. Kita jarang olahraga keluar karena pasti kebanyakan dari kita bakal mager dan jadi wacana doang.” Ini dia nih contoh positif buat kalian yang suka ngerasa nggak punya waktu buat olahraga karena alasan “sibuk” AO/RO BCA yang nge-handle beragam nasabah yang berbeda-beda aja masih sempetin diri buat olahraga, masa kalian enggak?

 

Berpartisipasi di Ajang Duta AO/RO hingga Tingkat Nasional

Tidak semua pekerjaan di BCA itu serius, lho! Nah, buktinya,ada juga ajang ala-ala Abang None di BCA, namanya Duta AO/RO; ajang untuk mengapresiasi temen-temen yang dipilih, awalnya mereka akan maju sebagai perwakilan cabang, setelah lolos seleksi, mereka akan naik ke tingkat wilayah sampai puncaknya di tingkat nasional. Kandidat yang terpilih sampai tingkat nasional biasanya akan di karantina bersama kandidat terpilih lainnya se-Indonesia.

Seleksinya juga ternyata nggak gampang lho! Kandidat yang terpilih biasanya dilihat dulu dari segi pencapaian mereka sebagai AO/RO. Setiap wilayah mempunyai proses seleksi yang berbeda-beda. Ada beberapa wilayah yang dimulai dengan presentasi, ada juga yang menggunakan psikotes.

Tahun lalu Merly sempat mengikuti ajang pemilihan Duta AO/RO dan ternyata Merly lolos sampai ke ajang nasional! Merly adalah perwakilan dari kantor wilayahnya dan proses seleksinya juga berbeda dari yang lain. Proses seleksi dari wilayah Merly dimulai dengan presentasi dan dinilai dari bahan dan skill presentasi mereka. Setelah presentasi, biasanya ada sesi tanya jawab dengan bagian pimpinan, yang mengasah pengetahuan dan cara berpikir mereka tentang keadaan ekonomi di Indonesia. Cukup deg-degan juga ya ternyata! Tapi belum selesai sampai sini aja nih, ada lagi yang lebih menegangkan. Tahap terakhir sebelum mereka bisa ternominasi ke tingkat nasional itu adalah melewati ujian tertulis. Wah.. serasa kayak kembali lagi ke masa sekolah, ya?

Menjadi finalis di ajang Duta AO/RO Merly sempat mengikuti karantina di Sentul selama 4 hari. Begitu solid-nya pertemanan di kantor, rekan kerja Merly juga ikut membantu meringankan pekerjaan Merly yang tertinggal. Intinya biar Merly fokus sama ajangnya. Lucu banget ya temen-temen Merly, bener-bener suportif. Dimana lagi nih bisa nyari temen-temen kerja sekompak ini?

Lolos menjadi salah satu finalis, Merly dihadiahkan liburan gratis ke Bangkok! Semua biayanya juga ditanggung oleh BCA. Seru banget, ya! Siapa yang nggak mau menangin hadiah seperti itu? Sambil tersenyum bahagia, Merly menceritakan tentang pengalaman liburannya yang cukup istimewa. Katanya dia diperlakukan layaknya princess! Mulai dari menginap di hotel bintang lima, memiliki supir pribadi, hingga surprise-surprise-an kecil yang disediakan oleh panitia. Mengesankan sekali bukan?

 

Perwakilan Kanwil 12 Duta AO/RO
Finalis Duta AO/RO BCA Award 2019 perwakilan kanwil 12

 

Mengintip Keseruan di Balik Profesi AO/ROBCA

Penasaran juga kan kenapa Merly memilih untuk bergabung di BCA? Setelah kita kepo-in tentang pengalamannya selama ini, ini nih review eksklusif langsung dari Merly sendiri. Katanya, selain work benefits yang cukup banyak, untuk membantu karyawan BCA mengasah skills mereka, BCA sering mengadakan skill development and training sebanyak 1-2 kali dalam satu tahun. Gunanya untuk membantu para karyawan mengasah kemampuan mereka agar menjadi versi terbaik dari dirinya.

BCA juga sering mengadakan event-event seru yang semakin mengakrabkan pertemanan sesama rekan kerja, lho! Beberapa diantaranya seperti; Outing Team Engagement AO/RO di dalam ataupun luar negeri , acara tukar kado dan makan siang  bersama AO/RO saat acara tertentu, sampai acara akhir tahun yang tahun lalu mengangkat tema “Bohemian Style”. Banyak juga ya acara seru ala-ala yang nggak kalah nge-hits sama anak-anak milenial sekarang.

 

Christmas party
Acara Secret Santa, atau tukar kado, dan makan siang bersama AO/RO

 

End of year party
Acara akhir tahun AO/RO yang bertema “Bohemian Style”. Niat banget ya kostumnya!

 

Kira-kira Apa Saja Ya Kegiatan “Out of Office” Merly?

Nggak lepas dari kebiasaan ibu-ibu pada umumnya, aktivitas terfavorit Merly sepulangnya dari kantor ternyata belanja sayuran, guys! Setiap jam pulang kantor, dia pasti selalu menyempatkan diri berbelanja ke pasar swalayan. “Aku seneng banget belanja sayur-sayuran, terus sampai rumah aku bakal masak buat aku dan suami. Ya seperti layaknya aktivitas ibu-ibu, lah!” ucapnya sambil tertawa. Ingat, kesehatan itu penting. Pastikan makanan kalian tetap 4 sehat 5 sempurna seperti Merly!

Karena keinginan untuk menguasai lebih dari satu Bahasa, ternyata Merly juga meluangkan waktu untuk mengambil kelas Mandarin setiap hari Sabtu dan Minggu. “Mau menjadi orang yang maju tidak cukup dengan menguasai satu bahasa saja, kita harus memperluas kemampuan bahasa, misalnya seperti bahasa Mandarin,” ujarnya.

Sebagai RO Merly juga masih meluangkan waktu buat hobinya, lho! Buktinya masih ada waktu buat Merly untuk belajar Bahasa Mandarin, belanja bulanan, masakin suami dan mungkin masih banyak lagi aktivitas seru Merly lainnya! Dari cerita-cerita Merly bisa dibilang kalau sebenarnya mungkin masih banyak perspektif menarik bekerja di Bank yang kamu belum ketahui sebelumnya.
 

Apa sih Rahasia Sukses Merly?

Intinya, mesti mengimbangi antara kehidupan personal dan profesional. Ngurusin suami, iya, nyelesain kerjaan, iya, olahraga, iya, bahkan les bahasa Mandarin juga iya! Ini nih, definisi “complete package.

Kata Merly, kita tetep harus selalu belajar, dan keuntungan dari menjadi AO/RO itu, kita bisa belajar dari cara kita nge-handle klien. Dari sifat klien yang berbeda-beda, sebagai individu yang ingin terus maju, kita nggak boleh gengsi untuk belajar. Kalian tahu, nggak? Ternyata Merly banyak belajar dari klien-kliennya. Lebih tepatnya lagi, katanya hubungan antara Merly dan kliennya itu ibaratnya kayak win-win. Dari pengalamannya menghadapi klien, Merly mendapatkan ilmu untuk proses pengembangan dirinya sendiri. Kalian tahu sendiri kan sifat manusia itu berbeda-beda, nah, dari perbedaan sifat inilah Merly bisa mengasah dirinya untuk lebih sabar, ngertiin perspektif manusia yang berbeda dan membentuk perilakunya untuk jadi lebih profesional.

Inilah #motivationalquote dari Merly buat kalian yang tertarik untuk bekerja sebagai AO/RO di BCA.

“Kita harus bisa mengalahkan diri sendiri, kita sama-sama bertumbuh untuk nasabah dan untuk diri kita sendiri.” – Merly, 2019

 

Merly Novita Sari
Merly semangat banget sharing cerita tentang hidupnya.

 

Seru banget ya ngikutin keseharian seorang Relationship Officer di BCA! Kamu juga bisa, lho, punya keseruan yang sama kayak Merly. Bagi kamu yang ingin berkembang secara personal dan profesional sambil punya work-life balance, BCA tempatmu! Yuk, langsung klik Karir BCA untuk tahu kesempatan karir yang ada di BCA.

 

Writer: Tanisha Miranda

Editor: Sonya Azzarra Putri Kasidi