Skip to main content
tips karir jenuh kerjaan
Career Advice

Jenuh Sama Pekerjaan, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

By Dimas Setyawan on February 15, 2019

Yang namanya jenuh, pasti bisa menimpa siapa saja. Tidak terkecuali dalam hal pekerjaan. Berkarir jadi apapun kamu, pasti pernah sesekali merasa bosan. Apalagi jika pekerjaan yang kamu lakukan hanya itu-itu saja, alias tidak ada hal baru yang bisa dikerjakan. Fakta menunjukkan bahwa melakukan pekerjaan yang monoton, memiliki peluang yang lebih besar untuk menghadirkan rasa bosan.


Terus, apa saja dampaknya? Rasa jenuh dan bosan yang tidak terkendali, tentu saja akan merusak mental kamu dalam bekerja. Tidak hanya malas bekerja, kualitas hasil pekerjaan yang kamu lakukan pun juga tidak akan maksimal. Lalu, apa yang sebaiknya kita lakukan untuk menangani hal ini?

Enggak usah khawatir, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengobati rasa jenuh kamu pada pekerjaan.

1.    Menata Ulang Meja Kerja
Meja kerja adalah hal yang mungkin kamu lihat setiap hari. Tentu saja meja kerja bisa menjadi penyumbang terbesar atas rasa bosanmu. Apalagi jika dekorasi meja kerja kamu hanya ada hal yang itu-itu saja.

tips karir jenuh kerjaan

Nah, supaya kamu enggak bosan, ada baiknya kamu mencoba menata ulang meja kerja kamu secara berkala. Misalnya setiap 2 minggu atau sebulan sekali. Menata ulang meja kerja bisa membuat pikiranmu lebih fresh, kok!

2.    Berangkat Dengan Rute Berbeda
Sama seperti meja kerja, rute perjalananmu ke kantor juga bisa menjadi hal yang cukup membosankan. Itu karena rute perjalanan yang sama akan menemani kamu setiap hari. Bertemu dengan suasana yang sama, dan kejadian yang sama, tentu saja akan membuatmu menjadi cukup bosan dan jenuh. 

 

Jenuh dan bosan tentu saja bisa berdampak pada kinerja kamu di kantor. Jadi, supaya rasa jenuhmu berkurang atau terobati, cobalah untuk mencoba rute lain saat pergi ke kantor. Mungkin rute ini akan sedikit lebih jauh, tapi bisa membuatmu menemukan ide baru yang segar.

3.    Coba Ambil Cuti
Cara di atas masih membuatmu jenuh dengan pekerjaanmu? Sudah mencoba cara tersebut, tapi tetap saja motivasi pergi ke kantor sedikit berkurang. Kalau itu yang kamu alami, rasanya kamu perlu mengajukan cuti, deh.

tips karir jenuh kerjaan

Bisa jadi rasa jenuh yang kamu alami sudah cukup memuncak. Mengambil jatah libur 3-4 hari untuk pergi ke tempat liburan favoritmu, bisa membuat pikiranmu menjadi jauh lebih segar. Dan siapa tahu, kamu justru membawa ide-ide brilian saat kembali.

4.    Masih Bosan Juga? Pindah Kerja Aja!
Sudah mencoba berbagai cara, tapi rasa jenuh dan bahkan jengkel masih tetap saja menghantui? Wah kalau begitu sih, sudah parah banget dan nyaris tidak bisa diobati.

tips karir jenuh kerjaan

Tapi, sebenarnya kalau sudah begitu, tidak ada cara lain selain mencoba pindah kerja. Tantangan dan kesempatan baru, mungkin adalah hal yang selama ini kamu cari. Siapa tahu, di tempat kerja kamu yang sekarang, kamu kurang mendapatkan hal yang menantang, yang justru membuatmu terasa membosankan. Coba deh, kamu cari-cari lowongan di aplikasi Kalibrr yang sesuai dengan passionmu.

Itu tadi beberapa tips karir buat kamu yang merasa jenuh banget sama pekerjaan yang kamu jalani sekarang. Mau jadi apapun kamu, temukan lowongan yang pas untuk impianmu bersama Kalibrr.