Skip to main content
tips hiring ini yang diinginkan jobseeker
Hiring

Bukan Soal Arena Bermain Saja, Ini 5 Hal yang Mungkin Jobseeker Harapkan Dari Sebuah Perusahaan

By Dimas Setyawan on January 23, 2019

Dekorasi warna-warni, arena istirahat, makan siang gratis yang enak, kegiatan lain di luar pekerjaan, hingga Playstation di kantor, semuanya memang hal yang ingin banget dirasakan oleh para pencari kerja, khususnya buat para millennial. Memang, kultur tempat kerja idaman bagi para pencari kerja memang sudah cukup jauh bergeser dari 10-20 tahun lalu. Apalagi ranah bisnis di Indonesia saat ini juga sudah jauh berkembang, dengan banyak variasi bidang pekerjaan yang bisa dipilih oleh pencari kerja usia millennial (20-30 tahun). Sudah pasti, mereka akan lebih selektif dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka.


Ditambah lagi, kabarnya hanya sekitar 1% pencari kerja yang memiliki kualitas mumpuni, dari total usia produktif dan siap kerja di Indonesia. Hal itu tentunya membuat perusahaan semakin kesulitan dalam menemukan tenaga kerja yang mumpuni untuk perusahaannya. 

Jadi, untuk mendapatkan karyawan yang bagus, kita juga harus tahu kebutuhan yang diinginkan oleh para jobseeker. Terus, kira-kira apa saja sih hal yang diharapkan para pencari kerja? Bukan hanya soal mainan dan fasilitas saja, berikut ini 5 hal yang mungkin diharapkan oleh para jobseeker dari sebuah perusahaan.

1.    Kontrak yang Jelas
Meskipun kultur kerja sudah bergeser cukup jauh, namun rupanya hal ini masih menjadi hal utama yang diharapkan oleh para millennial. Ya, bagaimanapun juga, pekerjaan itu hadir bukan saja untuk hari ini, tapi juga untuk lebih menjamin kehidupan di masa depan. 

tips hiring ini yang diinginkan jobseeker

Untuk itu, kontrak yang jelas menjadi hal wajib yang dibuat oleh perusahaan jika ingin merekrut jobseeker yang berkualitas. Selain menyodorkan kontrak yang menguntungkan kedua belah pihak, baik pihak perusahaan dan pekerja, ada baiknya juga pihak perusahaan terbuka untuk  berdiskusi soal kontrak ini pada jobseeker. Terutama soal poin-poin yang mereka kurang cocok. 

2.    Jenjang Karir yang Menjanjikan
Selain soal kepastian kontrak, jenjang karir yang menjanjikan juga menjadi hal yang cukup menjadi favorit di kalangan pencari kerja. Bagaimana tidak, kepastian karir di masa depan memang masih menjadi hal yang dicari oleh para pencari kerja.

Selain kenyamanan bekerja, para pencari kerja yang berkualitas pastinya menginginkan potensi jenjang karir di masa depan. Setidaknya, setiap kerja keras dan buah pemikiran mereka dapat bermanfaat dan berpengaruh untuk karir mereka di masa depan. Wajar saja, bagi para pencari kerja, persaingan yang ketat antar mereka masih menjadi momok yang membuat was-was.

3.    Tunjangan yang Sesuai Dengan Bobot Kerja
Selain nominal gaji, tunjangan juga menjadi hal yang cukup diperhatikan oleh para jobseeker. Bagi banyak pencari kerja, angka tunjangan juga menjadi daya tarik tersendiri. Tunjangan itu bisa menjadi tambahan yang cukup berguna untuk kebutuhan mereka.

tips hiring ini yang diinginkan jobseeker

Apalagi, dengan bobot kerja yang cukup banyak, nilai tunjangan juga bisa menjadi solusi jika nilai gaji yang disodorkan terlalu tinggi.  

4.    Kesempatan Kursus dan Pelatihan
Memang sih, adanya fasilitas hiburan dan relaksasi bagi karyawan itu menggiurkan bagi para pencari kerja. Namun, di atas itu semua, kebutuhan akan peningkatan skill juga sangat dibutuhkan bagi para pencari kerja.

tips hiring ini yang diinginkan jobseeker

Bagaimanapun juga, para jobseeker juga butuh investasi skill untuk modal karir mereka di masa depan. Nah, bagi perusahaan, khususnya tim HRD, hal ini bisa menjadi salah satu focus utama dalam menarik minat para pencari berkualitas.

5.    Tim Kerja yang Asik
Hal yang terakhir ini, juga bisa dibilang cukup penting dalam menarik minat pencari kerja berkualitas. Para jobseeker yang punya kualitas, pada umumnya justru lebih mementingkan suasana kerja yang nyaman ketimbang gaji yang tinggi.

Hal ini karena suasana kerja yang mendukung, turut membuat kinerja mereka meningkat. Lingkungan kerja yang bagus itu, bukan hanya soal fasilitas, tapi juga tim dan rekan kerja yang asik. Apalagi, suasana kerja yang bebas dari politik kantor, turut membuat mereka menjadi lebih betah bekerja di suatu perusahaan.

Nah, itu tadi beberapa hal yang menurut kami mungkin diharapkan oleh para jobseeker dalam mencari pekerjaan. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda semua, para recruiter yang sedang mencari kandidat terbaik.