Skip to main content
tips tepat waktu
Career Advice

Ikuti 5 Cara Ini Biar Kamu Jadi Orang yang Tepat Waktu

By Dimas Setyawan on July 11, 2019

Kamu pernah kesal sama orang yang suka ngaret, kan? Ya, semua orang pasti pernah banget merasakan hal ini. Sudah diusahakan buat jadi paling tepat waktu, eh ternyata rekan kerja datangnya terlambat. Jadi semakin menyebalkan karena timeline pekerjaan jadinya mundur. Tahu sih, menjadi tepat waktu itu kadang lumayan susah. Makanya suka banyak artikel tips datang tepat waktu bertebaran di internet.


Meskipun susah, namun ada banyak cara yang bisa kamu lakukan supaya menjadi orang yang datang tepat waktu. Mungkin kamu sudah banyak mendengar berbagai tips datang tepat waktu dari banyak artikel, tapi berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk datang lebih tepat waktu.

 

tips tepat waktu

1.    Prediksi Lama Perjalanan
Mengatur lama perjalanan dan memprediksinya bisa jadi salah satu cara ampuh untuk membuatmu jadi pribadi yang tepat waktu. Dengan memprediksi jarak tempuh dan waktu perjalanan, kamu jadi tahu waktu yang tepat untuk memulai perjalananmu menuju lokasi yang kamu tuju.

2.    Percepat Jam Berangkat
Setelah memprediksi dan menghitung jarak tempuh serta waktu yang harus ditempuh, langkah selanjutnya tentu saja memulai perjalanan. Namun, nggak banyak orang yang memperhitungkan dengan detail. Terkadang ketika kita sudah berangkat sesuai jadwal, ada saja halangan yang kita lalui yang berujung pada keterlambatan kedatangan kita di tempat tujuan. Bete banget sih emang, tapi kamu bisa mengatasi hal ini dengan mempercepat jadwal berangkat kamu setidaknya 10-20 menit sebelum jadwal.

 

tips tepat waktu

3.    Catat Semua Jadwalmu
Terkadang, orang yang sukses itu berasal dari kebiasan yang sederhana seperti datang tepat waktu. Dan menjadi tepat waktu pun berawal dari kebiasaan yang sederhana. Yes, mencatat semua jadwalmu sehari-hari bisa membuatmu datang tepat pada waktunya. Hal itu karena dengan mencatat semua jadwalmu, kamu jadi tahu apa yang kamu lakukan dan memperhitungkan semua waktu perjalananmu.

4.    Bikin Reminder Maha Dahsyat
Salah satu hal yang bisa membuat kamu datang tepat waktu tentu saja pengingat yang bisa membuatmu terpacu. Maka dari itu, coba deh untuk membuat reminder atau notifikasi dalam bentuk apapun yang bisa membuatmu terpicu untuk datang tepat waktu. Membuat alarm yang bertumpuk juga bisa jadi salah satu cara, meskipun nggak menjamin juga sih, karena semuanya kembali pada dirimu sendiri, mau datang tepat waktu atau nggak. Tapi setidaknya, dengan reminder yang maha dahsyat dan bertubi-tubi mampu membuatmu jadi bergerak.
 
5.    Anggap Pertemuanmu Penting
Pernahkah kamu menjadi takut salah ketika bertemu sesuatu hal yang penting? Hal itu juga bisa kamu terapkan jika kamu ingin datang tepat waktu. Dengan menganggap semua pertemuanmu penting, maka kamu akan menjadi lebih berusaha untuk datang tepat waktu. 

Itu tadi beberapa tips datang tepat waktu dari Kalibrr, demoga bermanfaat, yah!