Skip to main content
tips karir nolak
Career Advice

Begini Cara Menolak yang Halus Tanpa Bikin Pertikaian

By Rahma Yulita Sari on November 8, 2019

Pernah nggak sih, kamu ngerasa nggak enak untuk menolak seseorang? Tapi, di posisi itu juga kamu lagi nggak bisa memenuhi permintaannya? Duh, kayaknya susah banget ya menolak permintaan secara halus, apalagi kalau kamu ini tipe orang yang nggak enakan sama orang lain.

Terkadang orang meminta sesuatu tanpa melihat situasi orang lain dulu. Alhasil, malah jadi ribet buat dua-duanya. Perlu diingat kalau nggak semua orang punya soft skill handal dalam hal berkomunikasi, dimana nggak semua orang bisa menolak permintaan orang lain. Kamu salah satunya, nggak tuh?

Kalau kamu lagi ada di posisi yang lagi nggak bisa memenuhi permintaan orang lain, kamu kayaknya perlu belajar nih gimana cara menolak yang nggak bikin pertikaian alias ribut! Ini dia 4 cara menolak permintaan orang lain dengan halus.

1. “Kayaknya nggak bisa hari ini, deh”

Untuk kamu yang susah menolak ajakan orang lain, baiknya kamu sisipi kata “kayaknya” sebelum kamu menolak ajakannya tersebut. Walaupun terkesan ragu-ragu, tetapi kata ini adalah salah satu kata yang paling halus sebelum akhirnya kamu menolaknya. Jangan lupa menyelesaikan kalimat dengan alasan yang masuk akal dan sejujur-jujurnya!

2. “Sorry ya, kerjaanku lagi padat”

Membawa embel-embel “kerjaan” mungkin bakalan bikin kamu terlepas sedikit dari rasa nggak enak. Karena setiap orang pasti mengerti kalau sudah menyangkut pekerjaan, itu bukan hal yang bisa ditinggal kapan saja mereka mau. Nah maka dari itu, kalau kamu emang beneran lagi sibuk karena kerjaan, bilang aja! Jangan ngerasa nggak enakan terus, ya.

3. “Yah maaf.. nggak bisa (sambil senyum)”

Sebagian orang mungkin lupa kalau cara terbaik dari menolak ajakan atau permintaan dari orang lain adalah dengan senyum. Ini adalah cara menolak yang paling halus, lho! Dengan senyum, orang yang kamu tolak itu akan merasa kalau kamu tulus, walaupun memang nggak bisa. Kesan “menolak mentah-mentah” bakalan hilang dengan adanya senyum kamu itu.

4. “Seandainya aku bisa bantu, tapi ya mau gimana lagi?”

Cara terakhir yang mungkin nggak akan menyinggung orang yang meminta sesuatu dari kamu adalah dengan menanyakan kembali setelah kamu menolak permintaannya. Ini bisa membuat orang yang meminta sesuatu dari kamu akan ikut merasa bahwa memang kamu ingin membantu, tetapi nggak bisa. Jadi, daripada memaksakan untuk memenuhi keinginannya dengan keadaan kamu yang lagi nggak bisa, mau gimana lagi?

 

Itu dia tadi beberapa cara untuk menolak permintaan orang lain dengan halus dan nggak menimbulkan pertikaian. Tapi perlu diingat lagi bahwa beberapa orang mungkin memang benar-benar sedang membutuhkan pertolongan. Kalau kamu nggak bisa bantu, mungkin kamu juga bisa menolak dan memberikan alternatif lain kepada orang tersebut. Pasti dia bakal mengerti, deh! Yang terpenting, cobalah menolak dengan sopan dan halus supaya nggak menyinggung orang tersebut.