Skip to main content
tips menjadi orang yang bertanggung jawab
Career Advice

5 Tips Supaya Kamu Jadi Orang yang Bertanggung Jawab

By Dimas Setyawan on October 3, 2019

Kata banyak orang, yang bisa bertanggung jawab atas hidup kita, dan bahkan karir kita, ya kita sendiri. Bisa jadi benar banget karena setiap langkah dan keputusan yang kita ambil berawal dari diri kita sendiri. Setiap langkah yang kita ambil pasti punya risiko masing-masing yang harus kita tanggung. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab itu sebenarnya nggak sesulit itu kok. Kamu mungkin perlu membaca banyak tips menjadi orang yang bertanggung jawab, tapi sebenarnya kamu hanya perlu banyak mengerti dan mendengar.  


Bicara soal tips menjadi orang yang bertanggung jawab, berikut ini beberapa tips dari Kalibrr yang mungkin bisa kamu coba.

1. Jelajahi pikiranmu sendiri
Setiap keputusan yang akan kita ambil, entah baik atau buruk, pastinya berawal dari pikiran kita. Sayangnya, keputusan yang kita ambil sering banget terpengaruh sama mood dan kondisi kita. Semakin bahagia kondisi kita, semakin jernih keputusan yang dihasilkan. Begitu juga sebaliknya, kalau mood lagi berantakan, keputusan sembrono bisa hadir dengan mudah. 

Kalau sudah begitu, bukan hak kamu untuk melempar tanggung jawab atas risiko yang diterima kepada orang lain. Jadi, daripada kamu salah mengambil keputusan, ada baiknya kamu jelajahi dulu pikiranmu, berdamai dengan pikiranmu dahulu hingga kamu dalam kondisi terbaik untuk mengambil setiap keputusan dan risiko.

2. Berhenti bikin alasan, deh!
Mark Manson dalam bukunya yang bicara tentang “seni bersikap bodo amat”, mengungkapkan kalau kita sering mengambil tanggung jawab yang menyenangkan buat kita, dan melempar tanggung jawab yang berisiko kepada orang lain lewat berbagai alasan yang dibuat-buat. Mungkin itu pula yang membuat kita terkadang perlu membaca tips menjadi orang yang bertanggung jawab.

tips menjadi orang yang bertanggung jawab

Yes, mungkin terdengar aneh tapi kamu pasti sedikit banyak pernah ngelakuin ini. Seperti bikin alasan saat datang terlambat, misalnya. Berusaha mencari alasan atas kesalahanmu mungkin menyelamatkanmu sesaat, tapi faktanya hal itu malah membuatmu terjerumus ke masalah yang baru seperti trust issue atau kredibilitasmu dalam menyelesaikan suatu masalah. Dan sayangnya, kedua hal ini yang justru bisa membuat karirmu jadi berantakan. Jadi, apapun risikonya, mending akui secara fair sambil memperbaikinya di lain kesempatan.

3. Respon lebih baik dari sekadar reaksi
Di sekitar kita, apalagi di dunia kerja, ada banyak hal yang mungkin bakal terjadi, bahkan mungkin hal tersebut bukan sebuah hal yang kita prediksi sebelumnya. Berbagai situasi dan kondisi yang muncul tiba-tiba di sekitar kita pastinya membuat kita bereaksi.

Sayangnya, kita sering kali sekadar bereaksi tanpa mengambil respon atau tindakan atas kejadian tersebut. Kalau kamu mau belajar menjadi orang yang bertanggung jawab, cobalah untuk nggak Cuma bereaksi tapi juga merespon dengan aksi atas kondisi yang perlu tindakanmu.

4. Berkorban sedikit nggak apa lah
Yah namanya juga manusia, pasti sering banget merasa egois dan ingin menang sendiri. Hal itu juga yang membuat kita seringkali enggan untuk berkorban kepada sesame atau beberapa orang di sekitar kita. 

Padahal, berkorban dan sedikit menerima tanggung jawab yang tidak mengenakan bisa membuatmu menjadi lebih dewasa dan bukan nggak mungkin ada banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dari situ. Sedikit berkorban nggak membuatmu kalah kok, justru membuatmu mendapatkan lebih dari hal yang kamu duga.

5. Pengendalian diri
Poin yang satu ini mungkin bisa jadi poin paling penting dari semua tips menjadi orang yang bertanggung jawab. Ya, karena memang pada dasarnya pengendalian diri adalah kunci untukmu menjadi orang yang bertanggung jawab. 

Dengan kemampuanmu mengendalikan diri, terutama mengendalikan emosi, kamu pasti dengan lebih mudah mampu bersikap penuh tanggung jawab dalam kondisi apapun.


Itu tadi beberapa tips untuk menjadi orang yang bertanggung jawab, yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat ya untuk membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik di dunia kerja. 

Mau cari lowongan kerja yang pas untuk karirmu? Klik aja di Kalibrr.id