Skip to main content
tips mengatasi frustrasi
Career Advice

3 Langkah Jitu Mengatasi Rasa Frustrasi

By Dimas Setyawan on July 25, 2019

Frustrasi, satu kata berjuta rasa yang kadang membuat kita terjebak dalam ruang yang kelam. Seakan dunia mau runtuh, begitu kata sebagian dari mereka. Rasa frustasi memang membuat kita jadi tertutup akan segalanya. Rasa frustrasi membuat kita menjadi kurang berpikir jernih untuk membuka peluang baru. Begitu jahatnya rasa frustrasi hingga banyak orang yang mencari tips mengatasi frustrasi, khususnya dalam dunia kerja.


Sebenarnya, punya rasa frustrasi itu bagus-bagus aja sih, malah itu menunjukkan bahwa kamu melakukan sesuatu dalam hidupmu. Rasa frustrasi membuat kita menjadi lebih belajar. Namun, jika rasa frustrasi itu kamu biarkan mengendalikan dirimu, rasanya sih enggak benar juga, yah. Jadi, mungkin akan lebih baik jika kita bisa mengendalikannya. 

Nah, bicara soal mengendalikan rasa frustrasi, berikut ini beberapa tips mengatasi frustrasi yang bisa kamu coba. 

1.    Tetap Sadar di Masa Kini
Saat kita merasa frustrasi, terkadang pikiran kita melayang jauh entah ke mana. Kadang pikiran kita bisa terbang jauh ke masa depan, memikirkan apa yang akan terjadi. Bisa juga kembali ke masa lalu dan terjebak pada setiap rasa bersalah yang pernah kita buat.

Saat ini menimpa kamu, ada baiknya untuk menjaga pikiranmu tetap berada di masa sekarang. Caranya? Mungkin kamu bisa mencobanya dengan menenangkan dirimu, rileks, lalu bernafaslah teratur dan dalam dari hidung, selama 1-2 menit. Fokuskan pikiranmu pada apapun yang ada di sekitarmu saat ini. Apapun yang kamu miliki saat ini, rasakanlah.
  
2.    Hargai Apa yang Kamu Punya
Frustrasi tidak hanya membuat kita stress, tapi juga bisa membuat kita lupa pada apapun yang kita punya saat ini. Bahkan enggak jarang kita menjadi lupa pada setiap pencapaian yang kita lalui. Rasa frustrasi yang mendalam membuat kita menyerah tanpa tahu bahwa sudah banyak hal yang kita capai dalam hidup kita.

tips mengatasi frustrasi

Saat frustrasi ini menimpamu, coba deh untuk merefleksikan kembali setiap hal yang udah kamu capai. Mungkin bisa setiap kebaikan kecil yang kamu lakukan di pagi hari sebelum berangkat ke kantor, atau senyum ramah yang selalu kamu berikan, yang ternyata berdampak besar bagi sekitarmu. Rasakan setiap energi positif yang dihasilkan dari pencapaian yang kamu lalui.

3.    Fokus Sama Apa yang Kamu Kerjakan Sekarang
Ketika kita frustrasi, kita terkadang hanya fokus pada kegagalan. Kita hanya fokus pada apa yang sudah gagal dilakukan, tanpa mencoba mencari tahu titik lemah dari kegagalan itu sendiri. Kita menyerah, tanpa tahu peluang untuk memperbaiki.

Daripada menghabiskan waktu untuk meratapi kegagalan, lebih baik tetap fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan sekarang. Pinggirkan dulu setiap hal negatif dari rasa frustrasimu, sambil mencari solusi atas segala hal yang membuatmu frustrasi.

Ingat, intinya jangan biarkan rasa frustrasimu mengendalikanmu, yah! Semangat!

 

Cari lowongan yang pas untuk karirmu? Temukan di Kalibrr.id, sekarang!