Skip to main content
tips jadi orang berpengaruh
Career Advice

5 Cara yang Bisa Membuatmu Jadi Orang Berpengaruh

By Dimas Setyawan on July 18, 2019

Setiap orang itu sepatutnya memang punya pandangannya sendiri, keyakinannya sendiri, dan apapun yang mereka percaya. Itulah yang kadang membuat kita berada pada situasi dimana kita harus meyakinkan orang lain tentang pandangan kita. Bikin kita jadi berdebat, mungkin saja, tapi kalau bisa membuat kita bergerak ke arah lebih baik, kenapa enggak?

Bicara soal berbeda pandangan dan pemikiran, terkadang membuat kita berpikir sebuah cara untuk menjadi pribadi yang berpengaruh. Setidaknya dalam tim kerja kita sendiri, kita pasti ingin menjadi pribadi yang didengar, kan? Yes, setiap individu kitaa memang punya hasrat natural untuk menjadi berpengaruh dan didengar.


Menjadi orang paling berpengaruh mungkin perlu bakat tersendiri, namun enggak perlu khawatir soal ini karena dengan sedikit latihan dan kebiasaan, kamu bisa kok jadi orang yang berpengaruh di sekitarmu.

Baca Juga : 5 Tanda Ini Menunjukkan Kamu Punya Mental yang Kuat, Apa Aja yah?

Terus, bagaimana yah caranya untuk menjadi pribadi yang berpengaruh? Berikut ini 5 cara yang bisa kamu coba.

1.    Belajar Memilih Kata
Pemilihan kata memang menjadi hal krusial dalam berkomunikasi. Salah kata sedikit, maknanya bisa berbeda dan enggak jarang malah bisa membuat orang lain menjadi tersinggung. Pasti hal ini jadi sesuatu yang enggak kamu inginkan, bukan? 

Maka dari itu, jika kamu ingin menjadi pribadi yang berpengaruh, mulailah mencoba untuk menjadi pribadi yang pandai memilih kata untuk lawan bicaramu. Namun, hal ini enggak mutlak yah, artinya pemilihan kata pun bisa berbeda untuk setiap orang.

2.    Utarakan Dengan Logika dan Alasan
Sebagai manusia yang berakal, menggunakan logika adalah hal yang lumrah dilakukan. Begitu pula jika kamu ingin mengutarakan keinginanmu kepada orang lain. Menjadi berpengaruh itu bukan hadir tanpa alasan, loh

tips menjadi orang berpengaruh

Jadi, jika kamu ingin orang lain mengikutimu dan percaya padamu, mulailah dengan mengutarakan hal dengan argument serta alasan yang bisa diterima logika lawan bicaramu.

3.    Kembangkan Kebiasaan yang Lembut dan Baik
Percayalah, enggak ada orang di dunia ini yang suka dikasari. Bahkan buat mereka yang terbiasa dikasari, terkadang mereka juga enggak terima jika diperlakukan enggak baik atau enggak semestinya. 

tips menjadi orang berpengaruh

Hal ini pula yang perlu kamu perhatikan jika kamu ingin menjadi orang yang berpengaruh untuk sekitarmu. Mulailah untuk mengembangkan sikap empati, simpati, atau sikap yang baik serta menghormati lawan bicaramu.

4.    Jadilah Pendengar yang Baik
Kamu enggak akan bisa punya pembicaraan yang berkualitas atau layak kalau kamu enggak bisa menjadi pendengar yang baik. Ingat lho, menjadi berpengaruh itu bukan berarti menjadi egois dan mengutamakan dirimu sendiri saja. Menjadi berpengaruh itu tetap butuh kepercayaan dari orang lain.


Maka dari itu, jika kamu ingin didengar orang lain, mulailah dengan menjadi pendengar yang baik. Dengarkan setiap pendapat mereka, dan cari sudut pandang lain yang mungkin bisa membantu kamu.
 
5.    Beri Orang Lain Waktu
Poin terakhir ini bisa menjadi poin yang cukup penting bagi kamu untuk jadi orang yang berpengaruh. Intinya sih sederhana aja, jangan paksakan orang lain untuk menuruti kamu, dan jangan berikan tekanan bertubi-tubi juga. Nanti yang ada bukannya kamu didengerin, tapi malah dijauhin.

Berilah orang lain waktu untuk mencerna, berpikir, dan menerima kamu. Kita lagi enggak dikejar sama apapun kok, jadi santai saja lah.

Jadi, bagaimana, apakah beberapa tips ini membantu kamu? Semoga sih beberapa tips ini mampu membuat kamu menjadi ppribadi yang enggak cuma berpengaruh, tapi juga bermanfaat untuk orang lain.

 

Cari lowongan yang pas untuk karirmu? Temukan sekarang di Kalibrr.id