Skip to main content
interview
Career Advice

Apa saja yang harus kita siapkan saat mendapat panggilan interview?

By Dimas Setyawan on February 28, 2020

Akhirnya  kamu menerima panggilan kerja pertama kamu setelah melamar ke setiap perusahaan di sudut kota, sambil bolak-balik mengirimkan CV di aplikasi pencarian kerja. Perasaan senang sudah pasti, apalagi kalau kamu sudah menantikan panggilan interview ini sejak lama. Namun, pernahkah kamu memikirkan tentang berbagai hal yang harus disiapkan saat menerima panggilan interview?

Panggilan interview, seperti yang kita tahu, tentu saja merupakan sebuah hal yang sakral. Tentu saja karena hal ini merupakan penentu diterima atau tidaknya dirimu ke dunia kerja. Jadi, sudah pasti perlu persiapan yang cukup matang dalam menghadapinya. Lalu, apa saja sih yang perlu kita siapkan saat menerima panggilan interview?

Baca juga : Ditanya Soal Kelemahan Sama Calon Rekruter, Harus Jawab Bagaimana, yah?

1. Kenali perusahaannya
Bekerja atau meniti karir itu ibarat menjalin hubungan yang serius. Sama seperti kamu menentukan hubungan personal yang serius dengan pasanganmu, memilih perusahaan juga perlu tahapan perkenalan terlebih dahulu.

Maka dari itu, sebelum kamu hadir ke sebuah interview kerja, kamu harus banget kenalan dahulu sama perusahaan yang akan kamu tuju. Cari tahu berbagai informasi mulai dari sejarah perusahaan, hingga visi dan misi perusahaan tersebut. Hal ini supaya proses pendekatan kamu dengan perusahaan lebih lancar saat interview. Semakin kamu mengenal perusahaan, semakin besar peluang kamu untuk keterima di perusahaan tersebut.

2. Pelajari posisi yang kamu lamar
Sama seperti mengenal perusahaan, kamu juga harus mengenal dengan baik posisi yang kamu lamar. Tentu saja, sama seperti perusahaan, perkenalan dengan posisi yang kamu lamar akan lebih mudah membuka jalan kamu untuk keterima di perusahaan tersebut.

Kenali ruang lingkup kerja yang akan kamu hadapi, sesuaikan dengan skill dan pengalaman yang kamu miliki saat ini, dan jangan lupa juga untuk tetap belajar jika ada hal lain yang membuat kamu kurang yakin dengan posisi yang kamu lamar.

3. Survey lokasi interview
Melakukan survey lokasi interview juga bisa menjadi hal yang perlu kamu persiapkan jika kamu mendapat panggilan interview. Hal ini terkait dengan efektivitas waktu yang akan kamu jalani saat pergi menuju lokasi interview. 

Jangan sampai nanti kamu menjadi terlambat karena salah perhitungan perjalanan menuju ke lokasi interview. Jadi, pastikan kamu sudah melakukan survey atau browsing lokasi interview kamu supaya kamu nggak kesulitan dan terlambat datang ke lokasi interview.

4. Persiapkan segala berkas
Namanya juga interview atau wawancara kerja, sudah pasti akan banyak berkas yang dibutuhkan. Mulai dari CV, portfolio, hingga resume, penting banget untuk kamu siapkan.

Tentu saja, hal ini perlu untuk kamu lakukan supaya rekruter bisa lebih mudah dalam mengenal kamu. Meskipun terkadang mereka sudah menyiapkan dan mencetak CV kamu, nggak ada salahnya kalau kamu menyiapkan portfolio lainnya untuk mendukung interview kamu. Untuk hal ini, ada baiknya kamu siapkan 1 hari sebelumnya, biar kamu nggak ribet dan datang terlambat di hari interview.

5. Perhatikan pakaian yang hendak dipakai
Ada pepatah yang bilang kalau kesan pertama hadir dari pandangan pertama. Maka dari itu, penting banget kalau kamu menciptakan kesan pertama dari penampilan kamu.

Ini juga bisa menjadi hal yang perlu kamu siapkan saat mendapat panggilan interview. Jangan sampai kamu datang dengan baju yang lusuh atau nggak sopan. Pastikan kamu datang dengan baju yang rapi, sopan, dan profesional. Kalau bisa yang berkerah, yah!
 
6. Tidur yang cukup
Selain kebutuhan berkas dan hal teknis lainnya, persiapan mental dan fisik juga perlu banget kamu perhatikan. Yang paling penting? Tentu saja hadir dalam kondisi fit.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah kualitas tidur kamu sebelum datang ke interview. Biar kamu interview dengan performa terbaik, pastikan kamu tidur dengan nyenyak dan selama 8 jam.


Itu beberapa hal yang perlu kamu persiapkan saat menerima panggilan interview. Semoga bisa memberikan pencerahan dan dapat memaksimalkan proses interview kamu, yah!
 

tips interview

Profile picture for user Javadims

Dimas Setyawan

Experienced copywriter and content writer with more than 8 years in writing | Digital Strategist of Kalibrr Indonesia | Milanisti | Guitar Player | Podcaster | Batman fan